Quote:Original Posted By Avangelino
gan mau tanya, biasanya kalo shu kebun plasma kira2 dapet berapa ya per kavling? saya denger ada beberapa kaskuser yg punya plasma tapi hanya dapat shu beberapa ratus ribu per 3 bulan, apa semua plasma segitu ya shunya?


Enak masih dapet ratusan ribu per 3 bulan, kadang, pada shu perdana cuma dapet 5 ribu perak.

Ini biasanya akibat inti yg tidak bisa menepati realisasi penanaman.
Misal, dari total 1000 ha untuk 500 kk petani, cuma tertanam 100 ha di tahun pertama, 200ha ditahun kedua dsb. Akibatnya, terhitung 48 bulan (4 tahun/tergantung perjanjian) sejak akad (inti-plasma) kebun yang menghasilkan baru 100ha yang dibagi untuk 500 petani, sehingga petani mendapatkan hasil dari 100ha dibagi 500, bukan dari hasil lahan 2 Ha (biasanya lahan petani per satu kapling).

Konsep ini kemudian dilegalkan bupati, dengan sistem tanggung renteng. Harusnya, kalo koperasi/kelompoknya kuat, inti yang harus menanggung selisih pendapatan yang harusnya didapatkan petani, karena inti yg wanprestasi dalam merealisasikan penanaman kebun plasma.
Quote:Original Posted By saya_neeh


Enak masih dapet ratusan ribu per 3 bulan, kadang, pada shu perdana cuma dapet 5 ribu perak.

Ini biasanya akibat inti yg tidak bisa menepati realisasi penanaman.
Misal, dari total 1000 ha untuk 500 kk petani, cuma tertanam 100 ha di tahun pertama, 200ha ditahun kedua dsb. Akibatnya, terhitung 48 bulan (4 tahun/tergantung perjanjian) sejak akad (inti-plasma) kebun yang menghasilkan baru 100ha yang dibagi untuk 500 petani, sehingga petani mendapatkan hasil dari 100ha dibagi 500, bukan dari hasil lahan 2 Ha (biasanya lahan petani per satu kapling).

Konsep ini kemudian dilegalkan bupati, dengan sistem tanggung renteng. Harusnya, kalo koperasi/kelompoknya kuat, inti yang harus menanggung selisih pendapatan yang harusnya didapatkan petani, karena inti yg wanprestasi dalam merealisasikan penanaman kebun plasma.


oh jadi intinya mesti liat dari perusahaan pengelola plasmanya ya gan? kalo perusahaan besar dan terkenal macem TBL besar kemungkinan bisa menepati realisasi penanaman ya sehingga SHU yg diterima investor juga pastinya besar kan?
Quote:Original Posted By Avangelino


oh jadi intinya mesti liat dari perusahaan pengelola plasmanya ya gan? kalo perusahaan besar dan terkenal macem TBL besar kemungkinan bisa menepati realisasi penanaman ya sehingga SHU yg diterima investor juga pastinya besar kan?


Ya, kalo mau beli, tanya shunya berapa (kalo udah hasil), kalo belum, tanya realisasi penanaman plasmanya.

*Keknya belum nemu perusahaan yang nepati janjinya sama petani
Quote:Original Posted By saya_neeh


Ya, kalo mau beli, tanya shunya berapa (kalo udah hasil), kalo belum, tanya realisasi penanaman plasmanya.

*Keknya belum nemu perusahaan yang nepati janjinya sama petani


ohh gitu, kalo perusahaan kayak TBL kira2 kisarannya berapa SHU per bulan ya?
Quote:Original Posted By Avangelino


ohh gitu, kalo perusahaan kayak TBL kira2 kisarannya berapa SHU per bulan ya?


Wah, itu kurang tahu. Tanya ke koperasinya biar jelas.
Quote:Original Posted By saya_neeh



2. Buat remiling/penggilingan getah. Ini pabrik mini, untuk giling bokar (bahan olah karet)/getah jadi karet lembaran. Jadi, dak peduli sekotor apo dan kadar airnyo, getah petani yang dateng kito giling dulu, dan hasil penggilingannyo yang kito timbang.

Cubo makmano tanggepan dari pebisnis


kulak kilir becarian info caro nak betanem karet, dak taunyo di bada dewek tula ado lebih lengkap=kap..mantab nian mang thread nih..

baru nak belajar, numpang betanyo dulu mengenai remiling lur :
1. Dari petanikan kadang2 ukuran bokar-nyo tu besak & tebal nian dak kiro2..nah kalu ketemu yg macem itu mak mano nak gilingnyo?
2. kalo kotor nian, walaupun sudah jadi lembaran, masih galak di beli pabrik?nak dikerungke dulu dak?
3. makmao caro bersihke bokar yg kotor dari petani biar hasil kualitas gilingan bagus?
4. Cubo tolong bisike dikit referensi mesin remiling mini, gambar samo regon-yo...
5. Kalu dari awal pake deorub pengganti asem semut, kalu dikeringke katonyo kualitasnyo samo dengan yg sudah dikeringke dgn pengasapan...iyo nian apo mang?

maaf kan saya_neeh..awak tubok nih newbie tapi banyak betanyo...mokase sebelumnya
kalu2 ado toke getah yang nak nambah pengetahuan..cuba-cuba melok seminar ini nah....di plembang nila...tepatnyo hotel ASTON...

Quote:
Spoiler for leaflet depan:


Spoiler for leaflet belakang:


sepi nian cak nyo...
kemano wong yeh...
Quote:Original Posted By mangdoi


kulak kilir becarian info caro nak betanem karet, dak taunyo di bada dewek tula ado lebih lengkap=kap..mantab nian mang thread nih..

baru nak belajar, numpang betanyo dulu mengenai remiling lur :
1. Dari petanikan kadang2 ukuran bokar-nyo tu besak & tebal nian dak kiro2..nah kalu ketemu yg macem itu mak mano nak gilingnyo?

Di potong Mang, sampe seukuran mesinnyo.

2. kalo kotor nian, walaupun sudah jadi lembaran, masih galak di beli pabrik?nak dikerungke dulu dak?

Galak Mang. Tinggal masalah hargo.

3. makmao caro bersihke bokar yg kotor dari petani biar hasil kualitas gilingan bagus?

Digiling itu jugo salah satu upaya untuk bersihke bokarnyo.

4. Cubo tolong bisike dikit referensi mesin remiling mini, gambar samo regon-yo...

Gambarnyo dak katek mang, bayangke be mesih giling wong jualan es tebu. Mirip nian. Motornyo biasnyo pake mesin PS. Hargo kalo aku tanyo samo yg punyo pabrik, sekitar 120jt (second)

5. Kalu dari awal pake deorub pengganti asem semut, kalu dikeringke katonyo kualitasnyo samo dengan yg sudah dikeringke dgn pengasapan...iyo nian apo mang?

Dak pasti, tapi kukiro idak mang. Pengeringan dengan pengasapan kan harus sudah dalam bentuk lembaran (sheet) dijemur dan di asap.
maaf kan saya_neeh..awak tubok nih newbie tapi banyak betanyo...mokase sebelumnya


Quote:Original Posted By Eugien
kalu2 ado toke getah yang nak nambah pengetahuan..cuba-cuba melok seminar ini nah....di plembang nila...tepatnyo hotel ASTON...



Untuk inspestor itu mang. Kito dak diajak.
Quote:Original Posted By saya_neeh

Untuk inspestor itu mang. Kito dak diajak.


toeng..toeeenngg....untuk inpestor y mang...
dak baco lgi sih mang...kumasuk-masukke bae...
tapi kuliat ado mahasiwa - mahasiwi nyo ....sm UKM .....

men ujiku...bukan dak diajak...
boleh bae kito melok...
cuma......
pas sampe sano....engg ing eng..........
dak tau aku kelanjutannyo...
Agan2, nak nanyo. Tapi maaf kalu salah atau disini idak diperkenanke nanyo yang mak ini.

Biasonyo lahan karet sekitar 2Ha biso ngehasilke berapokilo karet sebulan untuk karet alam samo karet olahan (basonyo dak tau, mungkin karet stek) dan berapo kiro2 rego karet sekilo sekarang ni?

Terus rego perkiroan untuk daerah Betung deket tempat TNI tu untuk lahan seluas itu berapola dengen ukuran pohon separo uda gades, denget lagi ngaselke dan separonyo lagi uda ngaselke (bukan karet alam) dan katek surat tanah?

Mokasi sebelomnyo, dan sekali lagi maaf kalu salah
Quote:Original Posted By igedheanuku
maaf agan saya_neeh ngiklan dikit ye spo tau ado yg nyari

di jual tanah kosong 8 hektar shm

lokasi tanah pinggir jalan, di depan Universitas Kader Bangsa jakabaring

tanpa perantara,

harga by PM/phone

cp : 0852 6630 8694

trims


tanah ini juga 10 -12 juta an per hektar gan ...? klo iya ane ambil deh hehehehe
Quote:Original Posted By Eugien


toeng..toeeenngg....untuk inpestor y mang...
dak baco lgi sih mang...kumasuk-masukke bae...
tapi kuliat ado mahasiwa - mahasiwi nyo ....sm UKM .....

men ujiku...bukan dak diajak...
boleh bae kito melok...
cuma......
pas sampe sano....engg ing eng..........
dak tau aku kelanjutannyo...


Duit masuknyo sudah ngasih tahu kalo acara itu bukan untuk petani atau mahasiswa.

Quote:Original Posted By Arestullah
Agan2, nak nanyo. Tapi maaf kalu salah atau disini idak diperkenanke nanyo yang mak ini.

Biasonyo lahan karet sekitar 2Ha biso ngehasilke berapokilo karet sebulan untuk karet alam samo karet olahan (basonyo dak tau, mungkin karet stek) dan berapo kiro2 rego karet sekilo sekarang ni?

Terus rego perkiroan untuk daerah Betung deket tempat TNI tu untuk lahan seluas itu berapola dengen ukuran pohon separo uda gades, denget lagi ngaselke dan separonyo lagi uda ngaselke (bukan karet alam) dan katek surat tanah?

Mokasi sebelomnyo, dan sekali lagi maaf kalu salah


Ngapo banyak nian minta maaf mang, santai be, dolor galo disini. :

Untuk produktivitas karet alam dengan bibit karet seedling (bibit dari biji) perkiraannya dibawah 700kg/ha/tahun (untuk kadar karet kering 100%), kalau produktivitas dengan bibit unggul okulasi mencapai 2800 kg/ha/tahun (untuk kkk 100%)

Hargo mingguan berkisar antara Rp.9000-Rp.13000
2 mingguan antara Rp.13000-16500
1 bulan diatas Rp.17000

Harga tergantung dari kondisi bokar (getah). Harga dan produksi sangat tergantung dari cara mengolah bokar.
getah satu minggu kira2 30%kkk

Quote:Original Posted By giizii


tanah ini juga 10 -12 juta an per hektar gan ...? klo iya ane ambil deh hehehehe


Quote:Original Posted By saya_neeh
Ngapo banyak nian minta maaf mang, santai be, dolor galo disini. :


Hehe, takot OOT be mang. Gek keno lempar pulok, baru dateng la OOT.

Terus ontok rego tanah perkiroan untuk daerah Betung deket tempat TNI (Dodik kalu dak salah) dengen ukuran 2 Ha berapola dengen ukuran pohon separo uda gades, denget lagi ngaselke dan separonyo lagi uda ngaselke (bukan karet alam) dan katek surat tanah? Men agak murah nak cubo2 diejoke mang
Ass.. numpang nyimak, baru nak belajar bekebon ,mudah2 an pacak nambah ilmu samo kawan...
Quote:Original Posted By Arestullah


Hehe, takot OOT be mang. Gek keno lempar pulok, baru dateng la OOT.

Terus ontok rego tanah perkiroan untuk daerah Betung deket tempat TNI (Dodik kalu dak salah) dengen ukuran 2 Ha berapola dengen ukuran pohon separo uda gades, denget lagi ngaselke dan separonyo lagi uda ngaselke (bukan karet alam) dan katek surat tanah? Men agak murah nak cubo2 diejoke mang


SPN (Sekolah Polisi Negara) mang? kalo kebun belum menghasilke antara 25-60jt per Ha. Kalo sudah ngasilke antara 60-120 per ha. Surat tanah sampai camat biasonyo sekitar 5% dari hargo tanah.

Deket SPN betung sebelah manonyo mang? deket sebelah RM Musi Indah?

Quote:Original Posted By galo
Ass.. numpang nyimak, baru nak belajar bekebon ,mudah2 an pacak nambah ilmu samo kawan...


Laj mang, belajar bareng kito
Quote:Original Posted By saya_neeh


Laj mang, belajar bareng kito


Mokaseh mang atas penjelasannyo, nak betanyo lagi , klw alamat pembibitan yang direkomendasike oleh litbang sembawa Yang di lubuk linggau tau dak mang? Sukur2 klw ado nmr tlpnnyo..mrk Jul bibit unggul sawit & karet besertifikat jugo kan?
Quote:Original Posted By saya_neeh

CMIIW

kaplingan yang ditawarkan disini ada dua paket :

Paket 1.
Lahan sudah landclearing, pancang, siap tanam. Tersedia sekitar <20 Ha.
Harga 25jt per surat(sHa).

Spoiler for Sketsa Kaplingan:




gan, mau tanya kalo yang ini masih ada gak ya? kalo masih ada kira2 harganya skrg berapa per hektar? thanks
Gan, masih bingung dg potensi panen karet nih....
Karet PB260, biasonyo berapo kilo potensi panen karet mingguan, karet duo mingguan dengan karet bulanan?
Maksudnyo, kalo kito jual karet mingguan dapet berapo kilo, kalo jual karet duo mingguan, dapet berapo kilo, dan mak mano kalo kito manen bulanan...
wah makin rame be trit ini
ngapo hargo dak stabil ye