Video Pesona Wisata Kab.Banyuwangi ( jawa timur)

Kabupaten Banyuwangi, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Banyuwangi. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur Pulau Jawa, berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat. Pelabuhan Ketapang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pelabuhan Gilimanuk di Pulau Bali.

di sini saya akan coba bahas tentang Pesona wisata yg ada di Banyuwangi.

meliputi :
-Gunung Ijen
-Plengkung yg dikenal dunia dgn sebutan G-Land
-Alas Purwo
-Agro wisata yg ada di kab.Banyuwangi


Banyuwangi dalam peta



High Resolusions


buat yg mo nambahin monggo

Gunung Ijen

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di daerah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.443 m dan telah empat kali meletus (1796, 1817, 1913, dan 1936). Untuk mendaki ke gunung ini bisa berangkat dari Bondowoso ataupun dari Banyuwangi.

Rute Pendakian

Untuk mencapai gunung Ijen dari Banyuwangi, bisa naik angkot trayek Banyuwangi - Licin - Jambu. Dari Jambu perjalanan dilanjutkan menuju Paltuding dengan ojek atau menumpang mobil pengangkut sayur. Pintu gerbang utama ke Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen terletak di Paltuding, yang juga merupakan Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam). Alternatif rute adalah Bondowoso - Wonosari - Tapen - Sempol - Paltuding. Fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh pengunjung antara lain pondok wisata dan warung yang menjual keperluan pendakian untuk menyaksikan keindahan kawah Ijen.

Dari Paltuding berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 km. Lintasan awal sejauh 1,5 km cukup berat karena menanjak. Sebagian besar jalur dengan kemiringan 25-35 derajad. Selain menanjak struktur tanahnya juga berpasir sehingga menambah semakin berat langkah kaki karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke belakang.

Setelah beritirahat di Pos Bunder (pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran) jalur selanjutnya relatif agak landai. Selain itu wisatawan/pendaki di suguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal.

Puncak Merapi Ijen



Kawah G.Ijen



Selain memiliki view kawah yg indah G.Ijen sepanjang perjalanan menuju puncak anda akan disuguhkan dgn pemandangan sekitar yg sangat cantik dan merupakan salah satu penghasil belerang terbesar di Jawa Timur.













Quote:Original Posted By st.eight
ohhh gt ya mantap gannn wisata alam ya


kurang lebih gtu gan

klo bosen dgn suasana perkotaan bole di coba tuch trekking ke Kawah G.Ijen
Quote:Original Posted By dipper
plengkung/ g- land nya mana bro?


sabar bro akan segera di rilis secepatnya

masih sibuk ma gawean nech
Quote:Original Posted By jaygoodman
kalo mau ke kawah ijen... rute dan waktu pendakian.. infonya donk?
brapa jauh dari penginapan terdekat???


penginapan terdekat(yg biasa di pke tamu) adalah Ijen Resort,tepatnya di dusun Randu Agung Desa Licin Kec.Glagah Kab.Banyuwangi.

Rute Pendakian :
start awal di mulai dari Desa Jambu(khusus yg hobby trekking) menuju Paltuding dgn jarak tempuh kira 17KM(waktu 5 jam jalan kaki).
klo naek mobil kira 1,5- 2 jam nyampe.
dari paltuding menuju puncak(+/-4km) jarak tempuh rata2 1,5-2 jam tpi tergantung fisik orangnya.
Quote:Original Posted By jaygoodman
kalo mau ke ijen resort.... dari banyuwangi kota arah kemana bro?
nginep disono rate nya brapaa?... mahal gak?
sorry nih banyak tanya


klo dri arah kota kmu tuju arah Barat tepatnya arah ke Kec.Glagah.
dri Glagah kmu terus naek ke Pasar licin > setelah pasar ada pertigaan ke kanan arah ke Jambu(arah Ijen),kmu ambil arah yg ke kiri untuk ke Ijen Resortnya.

untuk tarifnya saya nga tau bro
coz blom pernah nginep di sono

nga pa2 bro,rajin bertanya nga sesat di jalan
Quote:Original Posted By ekaâªsurya
klo gw ke banyuwangi penginapan gratis dong yah


so pasti bro..
full board dach...

special for you..

G-Land/Plengkung

Quote:Original Posted By ediablo
wah...manteb
diupdate dong kk





G-Land/Plengkung



Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, memiliki pantai sepanjang 175 kilometer yang berbatasan dengan Selat Bali dan Selat Madura. Di alur pantai tersebut terdapat sekitar 21 obyek wisata bahari yang sering dikunjungi wisatawan. Dari sekian banyak obyek wisata bahari tersebut salah satu diantaranya adalah Pantai Plengkung atau biasa disebut juga sebagai G-Land. Huruf “G” pada kata G-Land berasal dari kata Grajakan, nama sebuah teluk di tempat itu yang terkenal memiliki ombak yang besar. Bagi pemerintah Kabupaten Banyuwangi Pantai Plengkung merupakan salah satu obyek wisata yang masuk dalam “segi tiga berlian” yang dijadikan sebagai andalan sumber pemasukan dana dari sektor pariwisata. Obyek wisata lain yang masuk dalam “segi tiga berlian” Banyuwangi adalah kawah Gunung Ijen yang memiliki pemandangan indah dan unik. Dan, yang terakhir adalah Pantai Sukamade yang terletak di Taman Nasional Meru Betiri (sekitar 100 kilometer barat daya Kota Banyuwangi). Pantai Sukamade merupakan habitat dan penangkaran penyu. Di pantai tersebut terdapat empat jenis penyu, yaitu: penyu blimbing, penyu slengkrah, penyu hijau dan penyu sisik.

Untuk menuju lokasi pantai yang jaraknya sekitar 86 kilometer dari Kota Banyuwangi, dapat dicapai melalui dua rute (menggunakan angkutan umum). Rute pertama, dari Kota Banyuwangi menuju Kalipahit sejauh 59 kilometer (menggunakan bus umum). Setelah itu, dari Kalipahit menuju ke Pasaranyar sejauh 3 kilometer (menggunakan ojek). Selanjutnya, dari Pasaranyar menuju ke Trianggulasi lalu ke Pancur hingga sampai ke Plengkung sejauh 24 kilometer (menggunakan mobil khusus). Sedangkan, rute kedua dari Kota Banyuwangi melalui Benculuk menuju ke Grajakan sejauh 53 kilometer dengan menggunakan bus umum. Selanjutnya, dari Grajakan langsung ke Plengkung melalui laut dengan menggunakan speedboat. Selain dari Banyuwangi, lokasi pantai ini juga dapat dicapai dari Benoa, Bali, menggunakan jetfoil, dengan catatan apabila laut sedang ramah (ombaknya tidak tinggi).

Pantai Plengkung merupakan suatu obyek wisata yang tidak hanya memiliki panorama yang indah, tetapi juga dikenal sebagai pantai yang cocok untuk olahraga selancar air (surfing) karena memiliki ombak yang besar. Konon, bagi sebagian wisatawan mancanegara, ombak di pantai ini, khususnya pada bulan Mei hingga Oktober, dianggap sebagai terbaik kedua setelah arena selancar air di Hawaii. Sebagai catatan, di Pantai Plengkung pernah diadakan lomba selancar air (surfing) tingkat internasional yang dikenal dengan “Banyuwangi G-Land International Team Challenge”. Lomba itu diikuti oleh 12 tim selancar air dari delapan negara dengan jumlah atlet 86 orang. Mereka antara lain berasal dari Australia, Prancis, Inggris, Amerika, Selandia Baru, dan Indonesia yang diwakili oleh atlet selancar dari Bali.

Di sekitar Pantai Plengkung juga terdapat obyek wisata lain yang menarik, terutama bagi mereka yang senang bertualang, yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Taman Nasional Alas Purwo yang “memangku” Pantai Plengkung ini merupakan suatu kawasan ekosistem hutan tropis dataran rendah dengan vegetasi hutan pantai dan mangrove. Selain Plengkung, di kawasan Alas Purwo itu juga terdapat Pantai Trianggulasi dan Pancur. Dari kedua pantai itu juga bisa disaksikan panorama indah terbenamnya Matahari.

Namun sayangnya, obyek wisata di kabupaten yang menyebut dirinya sebagai The Real Tropical Country (Bumi Tropis Senyatanya) itu belum terbenahi secara rapi, terutama pada sarana jalan dan transportasi. Banyak wisatawan yang mengeluh betapa sulitnya mencapai Pantai Plengkung, Kawah Ijen, Pantai Sukamade, dan Taman Nasional Alas Purwo dengan menggunakan kendaraan umum. Selain itu, rambu-rambu petunjuk ke berbagai obyek wisata itu juga sangat minim, sehingga agak sulit bagi wisatawan yang ingin berkunjung.
Quote:Original Posted By Berto_Paperino
kesana ah..........

tapi kapan yah.....


atur jadwalnya bro

Watudodol


Pantai Watudodol



Obyek wisata ini berada di wilayah administrasi Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi, letaknya yang berada di perlintasan jalur yang menghubungkan Banyuwangi dan Situbondo membuat obyek wisata ini sangat mudah diakses baik dari arah Situbondo maupun dari arah Banyuwangi kota. Dari arah Banyuwangi kota ke obyek wisata ini dapat ditempuh dengan jarak 14 kilometer ke arah utara. Atau sekitar kurang lebih 5 kilometer dari pelabuhan ketapang. Pada hari hari libur watu dodol selalu dipadati pengunjung. Karena letaknya berada di tepi jalan poros Banyuwangi – Situbondo, watu dodol biasa dijadikan tempat peristirahatan sejenak setelah menempuh perjalanan jauh.

Selain menikmati indahnya panorama laut, pengunjung dapat pula mendaki bukit yang letaknya hanya bersebrangan jalan, di bukit ini telah disediakan track untuk dilewati oleh pengunjung. Sesampai di atas bukit, pengunjung dapat melihat panorama selat Bali yang lebih luas dan indah.

Untuk masalah makanan dan minuman, di pantai wisata ini telah tersedia warung-warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Selain itu juga terdapat kios-kios souvenir yang menyediakan barang-barang kerajinan berbahan baku dari kerang kerangan dan batu batuan laut.
pake yg bawah
Quote:Original Posted By arie_pe
akhirnya ketemu jg ma kaskuser dr bumi osing
salam kenal gan

jd kangen pingin pulang nih:
Spoiler for Alas Purwo:

Spoiler for 2:

Spoiler for 3:

Spoiler for 4:

Spoiler for alas purwo snake wide angle:

Spoiler for 5:

Spoiler for 6:

Spoiler for G-land gedenya mang g bs:



Kadong demen, isun dkabar2ri postingan wisatane.
: solong
^^
manteb Kang :
sun anteni maning share tambahane

salam kenal soko lare osing

btw posisine riko saiki nang ngendi :
Quote:Original Posted By j4ck_item
^^
manteb Kang :
sun anteni maning share tambahane

salam kenal soko lare osing

btw posisine riko saiki nang ngendi :




iyo, kang. kadong sempat insy Allah pasti isun posting, mane go pablik digu yoo omahe awak dewek ki,..

heng usah : digu ro

sementara isun ono nang luar pulau jowo, nang maluku
tandang ono kono

mangkane kangen arep mulih
kadong omah sun dwek ono nang bwi kota

riko nang ndi?

eh, kang watu ne hang nang tengah dalan iku kadong sempet di-shoot, juwut baen, apik. :


teryata si jack punya tret tersendiri tentang Banyuwangi :

ngomong2 kapan nech aku di ajakin ke Plengkung
Quote:Original Posted By arie_pe


iyo, kang. kadong sempat insy Allah pasti isun posting, mane go pablik digu yoo omahe awak dewek ki,..

heng usah : digu ro

sementara isun ono nang luar pulau jowo, nang maluku
tandang ono kono

mangkane kangen arep mulih
kadong omah sun dwek ono nang bwi kota

riko nang ndi?

eh, kang watu ne hang nang tengah dalan iku kadong sempet di-shoot, juwut baen, apik. :


iyo kang
wes wayahe' Banyuwangi di kenal wong akeh
kan klo orng mo kebali dri jawa transit ke Banyuwangi dulu

adoh eram kang nang Maluku
ison aseli pakis saiki domosili nang Bali megawe pisan nang kene

yo mengko kadung sempat son ngoletaken poto watune

Quote:Original Posted By Bang One


teryata si jack punya tret tersendiri tentang Banyuwangi :

ngomong2 kapan nech aku di ajakin ke Plengkung


mencoba ngangkat tanah klahiran pak

kapan yach

*plengkung
saya ndiri aja blom pernah kesana
Quote:Original Posted By j4ck_item
iyo kang
wes wayahe' Banyuwangi di kenal wong akeh
kan klo orng mo kebali dri jawa transit ke Banyuwangi dulu

adoh eram kang nang Maluku
ison aseli pakis saiki domosili nang Bali megawe pisan nang kene

yo mengko kadung sempat son ngoletaken poto watune


sip kang, isun siap ngedukung
hun ctrl +D

isun tandang gawe pisan,.

lah, pakis ngendi riko?
kadong pakis yo cedek ro karo omah
sayup2 terdengar suara2 yang udah 4 tahun ga saia denger
duh banyuwangi .. bikin kangen ... pengen pulang ..
kawah ijen .. watudodol ..alaspurwo ..baluran ..plengkung ...











nubie mohon bimbingan senior2 sekalian
salam kenal buat senior2 ...


ison lare oseng tapi heng biso boso oseng ..
Quote:Original Posted By plizforgiveme
sayup2 terdengar suara2 yang udah 4 tahun ga saia denger
duh banyuwangi .. bikin kangen ... pengen pulang ..
kawah ijen .. watudodol ..alaspurwo ..baluran ..plengkung ...











nubie mohon bimbingan senior2 sekalian
salam kenal buat senior2 ...


ison lare oseng tapi heng biso boso oseng ..


lare ndi kang?

4 taun nang ndi baen?
salam kenal pisan