KASKUS

Talking Bagi-bagi ilmu ngasah piso disini

Yang pinter ngasah piso bagi-bagi ilmunya dong disini..
Dari caranya, alat/bahan yg dipake buat ngasah, kelebihan kekurangan alat/bahan tsb gimana, sampe finishing dari piso yg selesai diasah...
Ini pengantar dari gw (hasil copas dari treat yang dulu). ini cara yang gw pake... masih cupu tapi kepake

"cara freehand yang paling gampang tuh pake batu asahan trus elo gerakin pisonya secara slicing (nyeset tipis banget) bayangin tukang gorengan lagi motong tempe tipis2. ulangin sisi yang satunya".(kata tomo buat ngasah scandy grind)

kalau gw ngasah pake batu asah alus yang warna telor asin. ga mahal kok plg 4rb. itu batu lu diriin dengan kemiringan 75 s/d 70 drajat, bagusnya bikin dudukan dari kayu apa besi biar ntu batu nggak begerak. nah lu coba deh dengan gerakan slicing mendatar (kaya lu motong bawang), pelan2 aja. ga perlu pake tenaga penuh, ntar bajanya abis. lu coba satu sisi sampai timbul bur (sisa baja di edge pisau). kalau bur sudah keluar baru sisi sebelahnya. bur itu tanda kalau proses ngasah sudah benar. kalau bur ga tercipta gw jamin ga bakal tajem banget.
nb. proses ini sambil diairin ga boleh kering. latihan dulu pake piso yang ga di sayang.

Komplitnya (sama foto2nya nyusul ya)...
Yang penting kalau ngasah gerakannya jangan kaku, lemas mengikuti batu gosoknya.
kalau kaku hasilnya kurang bagus.
Sudut asah +- 30 derajat.
Yang penting kalau ngasah gerakannya jangan kaku, lemas mengikuti batu gosoknya.
kalau kaku hasilnya kurang bagus.
Sudut asah +- 30 derajat.
Quote:Original Posted By setanis

....kalau gw ngasah pake batu asah alus yang warna telor asin. ga mahal kok plg 4rb. itu batu lu diriin dengan kemiringan 75 s/d 70 drajat, bagusnya bikin dudukan dari kayu apa besi biar ntu batu nggak begerak. .......


Batu asah yg warna ijo telor asin itu namanya/merknya apa ya?? beli dimana...?
Soalnya yg dijual kebykan yg 2 sisi biasa, sisi kasar (abu-abu tua) & sisi halus (abu2 muda/orange).
Btw, kl ngasah pake batu asah baeknya gimana?? Pake sisi kasar dulu trus dilanjutin pake sisi halus, ato langsung pake sisi yg halusnya aja??
Hehehe sori kl byk nanya, nubie nih...
nah ada forum cara ngasah piso, deman banget nih gue. soalnya gue orang yang termasuk latah kalo ketemu piso, bawaannya pengen ngasah mulu.....tapi kok jadi tajemnya susah ya paling enggak kan, bikin seneng nyokap n bini, kalo piso dapurnya tajem2.

@setanis: posting dong poto2nya bro.

kalo batu asahan yang 2 sisi (1 sisi warna merah n 1 sisi warna abu-abu) itu bagus gak ? sama kayak bro atiati nanyanya, pake sisi yang mana ngasahnya yang lebih bagus
Quote:Original Posted By setanis
Ini pengantar dari gw (hasil copas dari treat yang dulu). ini cara yang gw pake... masih cupu tapi kepake

"cara freehand yang paling gampang tuh pake batu asahan trus elo gerakin pisonya secara slicing (nyeset tipis banget) bayangin tukang gorengan lagi motong tempe tipis2. ulangin sisi yang satunya".(kata tomo buat ngasah scandy grind)

kalau gw ngasah pake batu asah alus yang warna telor asin. ga mahal kok plg 4rb. itu batu lu diriin dengan kemiringan 75 s/d 70 drajat, bagusnya bikin dudukan dari kayu apa besi biar ntu batu nggak begerak. nah lu coba deh dengan gerakan slicing mendatar (kaya lu motong bawang), pelan2 aja. ga perlu pake tenaga penuh, ntar bajanya abis. lu coba satu sisi sampai timbul bur (sisa baja di edge pisau). kalau bur sudah keluar baru sisi sebelahnya. bur itu tanda kalau proses ngasah sudah benar. kalau bur ga tercipta gw jamin ga bakal tajem banget.
nb. proses ini sambil diairin ga boleh kering. latihan dulu pake piso yang ga di sayang.

Komplitnya (sama foto2nya nyusul ya)...


potony mana bro?
lo masalah batu asah,emang ada brapa macem dan apa aja fungsinya ?
yg bro sebut buat apa,yg laen buat apa?
itu cuma masalah ketajaman ato apa?
batu asah kehijau-hijauan itu banyak kok di toko matrial di tempat gw (di cileungsi). bilang aja batu gunung buat asah. memang mirip batu marmer yang blom jadi. jangan ketuker sama batu hijau compon loh. kalau batu hijau compon buat honing.. itu step terakhir.

kalau batu asah yang dua sisi, gw pake buat reprofiling. sisi yang abu2 yang dipake. kalau sisi yang merah ga pernah gw pake. langsung ke batu gunung.
nb. kalau mau pake batu asah dua sisi harus direndem air dulu ya. sampai gelembung2 yang keluar dari batu ilang semua, baru dipake..

Cara yang gw pake baru gw coba buat baja2 yang empuk. pisau dapur dan pisau baja 420sj.

kalau masalah batu asah air (waterstone) ada macem2nya itu cuman tingkat kekasaran dan kehalusannya aja.
kalau bisa dipakainya bertingkat. dari yang kasar sampai yang halus. agar tajammya maksimal.

ayo yang laen dibagi2 ilmunya. . .
nih foto2nya
ini alat2 yang gw pake. batu asah 2 muka (abu2 dan merah), batu gunung (hijau muda), kaca (buat ngratain batu asah dan buat dudukan amplas kalau butuh grid yang lebih spesifik), batu hijau (yang diatas kaca. buat honing/stroping digosokin ke kulit atau sabuk kulit juga bisa), dudukan batu asah (ada dua, beda derajat doang. 1 75 derajat buat yang pisau kerja halus, 1 lagi 70 derajat buat pisau kerja kasar)

ini posisi batu asah diatas dudukan

ini tehnik yang gw pake. posisi pisau tegak lurus. bergerak kebawah. ulangi terus sampai timbul bur. kira2 40 kali gerakan.

kalau tehnik diatas dirasa susah, tehnik dibawah ini bisa dipakai

kalau ini tehnik buat ngasah ujung pisau (point). pisau agak menunduk. agar bidang tajam (edge) yang diasah bisa kena diasah

nb. tehnik ini awalnya meniru tehnik yang di pakai di sharpmaker spyderco. gw buat karena ga mampu beli sharmaker . sory kalau cupu
semua tehnik ini harus selalu diairin. agar efektif dan debu batu bisa terbuang.

masih susah juga? bawa aja ke husky java knives. pasti tajem . . BANGET . . . . . dijamin sama setanis

nb lagi. ayo siapa yang mau jual sharpmaker murah harga kaskus.. sini gw beli kekekekekek
kalau pake yang motor electric bagaimana , mohon petun nya gan
batu asahan gue biasanya bikin sendiri, soalnya kadang gak yakin ama batu asahan yg beli di toko material, takut masih ada pasir atau benda2 lain yg bisa merusak mata pisau.
gue bikin dari semen campur air doang, dicetak bentuk persegi panjang
ayo ki bagi 2 tehnik lu. gw tunggu2 tuh
gue cuma tau ngasah manual cara jadul, biasa buat ngasah pisu dapur / golok / bendo / parang
Quote:Original Posted By LUCIFER RED
kalau pake yang motor electric bagaimana , mohon petun nya gan


BELT GRINDER maksudnya ?
kalo ngerti dan bisa makenya sih bagus dan cepet
kalo gak paham banget malah yg ada pisonya abis dengan bentuk mata pisau yg aneh
40 kali gerakan ...

pegel juga ya .....
Quote:Original Posted By LUCIFER RED
kalau pake yang motor electric bagaimana , mohon petun nya gan


bagaimana apanya nih? cara makenya? apa bagus enggaknya?
gw blom pernah make nih barang. cuman kalau yang pernah gw liat, bagus2 aja kok. (yang gw liat sebetulnya bukan asahan motor electrik, tapi bench grinder yang dikasih kain dan batu hijau)..
Quote:Original Posted By catros
gue cuma tau ngasah manual cara jadul, biasa buat ngasah pisu dapur / golok / bendo / parang


kaga papa.. kan kita share..
Quote:Original Posted By u01799
40 kali gerakan ...

pegel juga ya .....


emang butuh sabar bro. 40x satu sisi. kalau ditotal2 pake 2 batu kira2 320 x gerakan.. bahkan bisa lebih..
Quote:Original Posted By catros
BELT GRINDER maksudnya ?
kalo ngerti dan bisa makenya sih bagus dan cepet
kalo gak paham banget malah yg ada pisonya abis dengan bentuk mata pisau yg aneh


bukan ki. emang ada asahan electrik. biasanya buat industri. pisau tinggal ditaro aja. sudah ada patokan sudutnya. rpmnya rendah. ga sekenceng belt grinder
ada cara ngasah piso dengan cara extrem nih.....