KASKUS

[Share] Rahasia dahsyatnya Dzikir menahan nafas...

Setelah mengikuti kajian Hizib kemarin ada beberapa pertanyaan menggelitik dalam hati memenai beberapa rahasia, makna dan kedalaman suatu amalan...

Oleh Pa Kyai H Muhtar Adam di bahas salah satunya keutamaan zikir dengan menahan nafas...
Untuk memenuhi rasa penasaran ini mari Para sesepuh kita diskusi dan sharing, mengenai 'zikir menahan nafas ini'....

Saya sering menemui banyak amalan, dan ketika amalan tersebut dibaca diharuskan menahan nafas ... Apa rahasia dibalik tata cara ini ?
Bahkan salah satu amalan yg luarbiasa perrnah saya terima dilakukan dengan zikir menahan nafas cukup lama... satu putaran tasbih.


Saya mulai dengan beberapa kajian menurut ahli tasauf,

Imam Ghazali mengatakan zikir yang dilakukan dengan cara menahan nafas akan mempercepatkan proses penyucian hati (membakar mazhumah).

Zikir yang digabungkan dengan teknik pernafasan yang betul, atau disebut oleh ahli Tasawuf sebagai zikir nafas, akan memberikan kesan yang lebih hebat.

Setiap kita yang hidup mesti mempunyai nafas, melihat, mendengar, merasa dan ini semua termasuk di dalam sifat al hayat. Kita boleh hidup tanpa mata, telinga, tangan dan anggota tubuh yang lain tetapi kita tidak boleh hidup tampa nafas. Kita boleh berjalan, berkata-kata dan melakukan apa saja, ini semua berlaku kerana qudrat dan iradat Allah. Dan nafas berada didalam qudrat dan iradat Allah.

Pa kyai kemarin menjelaskan betapa luarbiasanya jika kita sudah mampu membca amalan dengan menahan nafas, dibeberapa bagian pun dalam Hizib bahr ada bagian yg harus menahan nafas dan perlu dilatih...

Menurut guru saya dulu ketika ditanya kenapa harus menahan nafas membaca amalan ini... ?
jawabnya, ketika amalan dibaca sambil menahan nafas, qolbu kita seketika akan kontak dengan langit dan doa mustajab.... walahualam,

Namun dibeberapa Ajian dan keilmuan memanga dalam merapal ajian pasti ada bagian konsentrasi menahan nafas dan secara imajinasi menyalurkan semua kekuatan keseluruh tubuh...

Silahkan bagi semua yang lebih tau dan ada pegalaman kita share...
dilanjud om.... :
maksutnta TS ini selama berzikir kita nahan nafas yah:
padahal zikir itu bisa di bilang lama mass..

apa nanti kuat klo nahan nafas trus..lum selesai zikirnya malah semaput gimana




kunjungi thread - thread saya


Spoiler for kunjungi thread saya dengan koleksi gambar:
baca dolo gan
mantab tuch...
ikutan nimbrung ya mas.. terima kasih
salam kenal untuk TS nya
mantab kang goku... silahkan dilanjut, sayang aku ga ikutan yah
emang mantaf nih pak guru...:

jangan lupa ajarin aku ya.....lewat japri saja...
Mungkin bisa di perjelas antara Menahan Nafas dengan Menyimpan nafas.
karna setau sy itu beda...
kalo menahan artinya kita tidak bernafas tapi kalo menyimpan artinya kita bernafas tapi tidak ada keluar udara dari hidung..yg di pake bernafas yg kita simpan tadi. udara kita simpan di antara perut dan ulu hati.

Jd waktunya lebih lama. sehingga berzikirnya juga lama..
mohon di koreksi kang kalo salah atau ada sesepuh lain yg ingin menambahi
mas goku selalu penuh kejutan.....

kaya petasan....

kereeeeeeeeeeeennn...
Kulo nuwun...Bahagian Hizb al-Bahar mana yang harus tahan nafas? Bab ayat kusi thok toh? Masykur ála penjabarannya :-}
Quote:Original Posted By dwiyan15
maksutnta TS ini selama berzikir kita nahan nafas yah:
padahal zikir itu bisa di bilang lama mass..
apa nanti kuat klo nahan nafas trus..lum selesai zikirnya malah semaput gimana


Segala hal perlu dilatih

Ada tahapan-tahapannya ...
mulai dari yg ringan hingga yg terberat
bahkan ada menurut P kyai, ada toriqoh sampa 5000 kali zikir
dengan sekali menahan nafas ....

Quote:Original Posted By Wangi77
ikutan nimbrung ya mas.. terima kasih
salam kenal untuk TS nya


Salam kenal Juga :

Kita mulai dengan pembahasan apa itu Nafas (secara medis ) dan secara zikir sendiri,
walaupun ini "kutipan dari" tapi saya rasa sangat bagus, karena selama ini kita mungkin sering praktek TD, menahan nafas dll tapi mungkin banyak yg belum tau apa itu makna didalamnya... pengertianya mirip dengan apa yg pernah saya terima.

Pernafasan yang betul akan memaksimumkan penyerapan oksigen yang amat penting dalam kehidupan dan kesehatan manusia. Kekurangan oksigen menyebabkan seseorang terdedah kepada pelbagai penyakit.

Zikir Nafas juga dapat merawat gangguan halus baik dari sihir atau pun, jin ialah dengan mengeluarkan penyakit dari diri serta memastikan pesakit mempunyai sistem pertahanan yang kuat agar segala iblis atau sihir tidak dapat menembusinya lagi setelah ia sembuh.

Rawatan energi zikir juga akan menumpukan pengumpulan tenaga zikir pada qalbi (jantung) untuk mengeluarkan syaitan dari dalam darah.Apabila tenaga zikir terkumpul di jantung, maka ia akan menghantar tenaga itu keseluruh badan melalui sistem peredaran darah, seterusnya menghancurkan segala tenaga yang rendah (jin dan syaitan) tidak kira di mana ia berada dalam tubuh pesakit.
BAgus Om goku .. saya setuju . mau nambah dikit aja = yang dimaksud menahan nafas bukan sepenuhnya dari awal sampai akhir tahan nafas ( Bisa Pingsan ) . tapi dalam bacaan- bacaan tertentunya saja. (Kunci DoA nya ) .. maaf klu ad salah2. tq
Quote:Original Posted By dwiyan15
maksutnta TS ini selama berzikir kita nahan nafas yah:
padahal zikir itu bisa di bilang lama mass..

apa nanti kuat klo nahan nafas trus..lum selesai zikirnya malah semaput gimana




kunjungi thread - thread saya


Spoiler for kunjungi thread saya dengan koleksi gambar:


Tenang aja, nggak sampai semaput kok !!!


wassalam
Quote:Original Posted By demon666
mas goku selalu penuh kejutan.....
kaya petasan....
kereeeeeeeeeeeennn...


Bisa aja master ini ..he..he :
tambahin ya share nya ...

Quote:Original Posted By mrbigqu
Mungkin bisa di perjelas antara Menahan Nafas dengan Menyimpan nafas.
karna setau sy itu beda...
kalo menahan artinya kita tidak bernafas tapi kalo menyimpan artinya kita bernafas tapi tidak ada keluar udara dari hidung..yg di pake bernafas yg kita simpan tadi. udara kita simpan di antara perut dan ulu hati.

Jd waktunya lebih lama. sehingga berzikirnya juga lama..
mohon di koreksi kang kalo salah atau ada sesepuh lain yg ingin menambahi


Nah silahkan Bro menambahkan ....
kita share aja disini..

Mungkin masalah pengertian saja, yang jelas nanti pada praktenya adalah menarik nafas mulai berzikir dan nafas yg kita simpan kita keluarkan perlaahan-lahan....


Quote:Original Posted By jolang
emang mantaf nih pak guru...:

jangan lupa ajarin aku ya.....lewat japri saja...


La kan pernah diajarin teknik menahan nafas satu putaran tasbih,,waktu di mesjid itu to ... itu kan untuk menarik power yg luar biasa dahsyatnya kalo sudah terlatih...
Quote:Original Posted By demon666
mas goku selalu penuh kejutan.....

kaya petasan....

kereeeeeeeeeeeennn...


kan sama seperti yang ngomong.......
he...he......

kabur ah......................
Om, kalo dzikir sambil tahan nafas itu mulutnya ikut komat-kamit (berdzikir) atau cuma di lafadzkan dalam hati saja...?
Ijin menyimak & mengamalkan mas goku.....
belum pernah nyoba sih...... mau nyoba ah......

Quote:Original Posted By doblangz
mantab kang goku... silahkan dilanjut, sayang aku ga ikutan yah


Yg ngak ikut nyesel banget kayaknya...he..he


Quote:Original Posted By penumpang
BAgus Om goku .. saya setuju . mau nambah dikit aja = yang dimaksud menahan nafas bukan sepenuhnya dari awal sampai akhir tahan nafas ( Bisa Pingsan ) . tapi dalam bacaan- bacaan tertentunya saja. (Kunci DoA nya ) .. maaf klu ad salah2. tq


ya betul dalam beberapa amalan tidak semua menahan nafas ada beberapa bacaan tertentu saja..

contoh seperti dalam amalan braja musti..

menahan nafas cukup pd bacaan "inna batsya robbika lasyadid"
sambil menggenggam tangan...
mungkin disni letak penyaluran kekuatannya mantengnya dengan ilmu ini..
maaf contoh saja

Quote:Original Posted By Suryadi2
Kulo nuwun...Bahagian Hizb al-Bahar mana yang harus tahan nafas? Bab ayat kusi thok toh? Masykur ála penjabarannya :-}


betul pas bacaan ayat qursy saja :
Nubie ijin menyimak ya, mbah sungoku.....