Tips beli mobil bekas

Kondisi Barang : -
Harga : Rp. 0
Lokasi Seller :
Sekedar sharing aja, mudah2an bermanfaat
Berikut ini tips dan triks kalo kita mau beli mobil bekas,...

  1. Tujuan membeli mobil: tentukan jenis mobil yang akan dibeli berdasarkan penggunaannya. Misalkan, bila digunakan untuk menjemput anak sekolah, pilih mobil yang menawarkan ruang lega. Atau untuk keperluan transportasi kerja, pilih yang nyaman dan irit bahan bakar. Gaya hidup Anda juga berperan menentukan jenis mobil yang akan dibeli.

  2. Tentukan fitur-fitur yang harus ada, seperti AC, aneka macam power, CD charger dll. Tulis semua dalam list. Termasuk pula fitur-fitur safety seperti rem ABS, airbag, child door lock, dll.

  3. Hitung berapa besar kemampuan finansial untuk membeli mobil, termasuk uang muka dan pembayaran bulanan bila kredit.


Bila Anda sudah menentukan sejumlah tipe/model dan merek, analisa kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa mendapatkan informasi dari teman yang pernah menggunakan mobil yang diincar. Bisa juga dari situs-situs otomotif dan klub-klub otomotif yang ada. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari masing-masing merek itu termasuk resale value, performa, layanan perbaikan dan harga/ketersediaan komponennya. Dari sana Anda bisa menentukan mobil mana yang benar-benar sesuai.

Jika sudah memutuskan mobil mana yang akan dibeli, inilah rambu-rambunya:

  1. Sebesar apapun keinginan, kepala harus tetap dingin. Tinggalkan penjual bila harga yang ditawarkan terlalu tinggi, meskipun mobil impian Anda sudah menunggu. Kemampuan negoisasi Anda akan terasah dengan berjalannya waktu.

  2. Pastikan Anda tahu harga pasaran mobil yang diincar, dan mulailah menawar dibawah harga itu. Lebih mudah menaikkan tawaran Anda daripada menurunkannya. Informasi harga juga bisa didapat dari situs-situs otomotif.

  3. Harus di ingat, membeli mobil bekas bisa juga membeli problem orang lain. Pastikan Anda mengetahui sejarah mobil ini termasuk perawatannya. Hal ini bisa diketahui dari kartu perawatan mobil. Gali informasi sedetail mungkin termasuk apakah pernah tenggelam, kecelakaan, turun mesin dll. Sebelum memutuskan untuk membelinya, mintalah mekanik ahli untuk memeriksanya.

  4. Test drive itu penting. Usahakan Anda mendapat kesempatan melakukan test drive sejauh mungkin dengan aneka variasi jalan. Bisa juga mencoba ke daerah dimana mobil itu akan sering digunakan.

  5. Cek Fisik Kendaraan
    • Body diusahakan memilih yang masih utuh, artinya blum kropos, nat-nat body masih lurus, nut=lekukan body mobil, kaleng/blum ada dempul yang melekat, dan kalo bisa orisinil cat) kalo menurut saya seh, mending mobil cat nya abis (mbladus) tapi orisinil, dari pada yang masih mengkilap tapi cat ulang+dempul tebal. nah knapa saya bilang dempul tebal kurang baek?? karena dempul bisa merubah nut yg kurang lurus menjadi sempurna. Kita pasti ndak tau apa di balik dempul itu, entah abis penyok, tabrakan dll.
    • Mesin diusahakan nyari mesin yang kerin (belum ada tetesan OLie/olie yg keluar dari perpak) kalo ada yg kuluar brarti kita harus turun mesin ganti packing tuh,,,dan nyari mesin yg halus (dalam artian kondisi ndak rusak) metal jalan, seker harus dicek. Untuk memastikan seh cukup geber mesin mobil dan liat aja dibagian knalpot kluar asap ndak?? Buka tutup mesin dan perhatikan apakah ada pipa yang bocor, belt yang aus, oli yang berceceran. Duduklah di kursi pengemudi, dan periksa apakah seluruh indikator bekerja baik, demikian pula lampu indikator. Periksa juga tanda-tanda kerusakan karena air (lihat tip cegah bencana susulan). Periksa sistem safety, mulai dari seat belt, head restrain, struktur atap, child seat anchor. Demikian pula jarak pandang dan daya pancar lampu utama. Hal itu bisa dilakukan saat test drive. Cobalah untuk mengendarai mobil pada kecepatan 60 – 80 km/jam dan rasakan apakah pergantian gigi bisa lembut, kemudi selalu lurus, ketika direm tetap stabil, dan ketika menikung juga smooth.

    • Kaki-kaki test dulu mobil untuk jalan, untuk belok full stir,,kalo udah bunyi kletek-kletek wahhh bakalan mahal tu benerinnya…

    • Interior nyari yang orisinilnya (jok/dashbord,dek pintu) misal udah di bungkus kulit si ndak papa, asal ga dilepas aslinya. selera juga sih..

    • Odometer sudah berapa kilometer-kah berjalan, tetapi jangan percaya begitu saja, karena odometer dapat diset ulang, nah ini yang seringkali kita tertipu, biasanya untuk melihat hal itu tidakterlalu susah, anda dapat melihat tahun kendaraan, dan dapat diperkirakan kalau kendaran ini sudah lari berapa Km, dan juga, kendaraan ini dulunya berfungsi sebagai apa, mobil angkut barang, antar jemput,dsb. Dari situ anda dapat menyimpulkan kondisi kendaran tersebut.



  6. Sekarang tiba waktunya untuk menyiapkan pembayaran mobil baru Anda. Bila memilih melakukan kredit, yang paling aman adalah menentukan dulu berapa besar kemampuan keuangan untuk membayar angsuran bulanan. Cara yang gampang, angsuran tidak boleh lebih dari 20% penghasilan per bulan setelah dipotong pengeluaran. Perhitungkan juga biaya perawatan, pajak, asuransi dan operasional.

  7. Bayarlah uang muka setidaknya 10% dari harga mobil. Kurang dari itu, penyedia kredit akan meragukan kemampuan finansial Anda. Jadi kalau Anda punya uang cash, lebih baik pakai untuk uang muka. Langkah ini juga akan mengurangi beban utang pokok yang berkaitan dengan angsuran bulanan


ada tambahan lagi ya ...

Lanjutin ya bos,....
TAMBAHAN PERTAMA
nice tip bro,

kalau boleh menambahkan, masalah bpkb & stnk jg perlu d cek, apalagi untuk mobil2 yg tergolong tua, kadang2 pajak mati.. sehingga kalau ingin balik nama agak mahalan krn harus menanggung pajak matinya
Quote:Original Posted By yagovic
Sekedar sharing aja, mudah2an bermanfaat
Berikut ini tips dan triks kalo kita mau beli mobil bekas,...

[

[LIST=1]
[*]Lihat BPKB (Bukti Pajak Kendaraan Bermotor)
Untuk mengetahui mobil sudah berpindah tangan berapa kali. Termasuk juga keaslian warna. Perhatikan lokasi tinggal pemilik pertama. Kalau dekat dengan laut, sebaiknya jangan dibeli. Karena kemungkinan karatnya besar lantaran udaranya mengandung garam.



koreksi....yang gw merahin, itu bukan pajak kali... BPKB : Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor
Temen2 mau nanya neh pendapat anda2 skalian. Gue mo beli SUV seken, pilihannya X-trail or Escape. Kalo dari model g lebih demen Escape tapi kalo liat harga jual kembali mungkin lebih mending x-trail kali y. Trus dari harga juga, g udah ada calon penjual x-trail 2003 dia kasih 157 jt mungkin dinego bisa kurang 2-3 jt. Kalo untuk harga segitu g bisa dapet Escape yg lebih mudaan yaitu 2005 kali ya. Mohon masukannya dari tmen2. Thanks bef

cek yang ini juga

tambahan dikit bos buat bagian body kalo misalnya ada yg mulus(sudah cat ulang) trus naksir n ga mau ngecat body lagi biar temen2 ga ketipu;
1.sebelum lebih jauh ngetes mobil yang paling gampang buka karet balon yg ada di bag bagasi or pintu belakang apakah garisnya sempurna atau engga karena cuma di bagian situ yg ga bisa di akalin n di ganti part nya, artinya apakah mobil tsb pernah di sundul dari belakang apa ngga, trus untuk bagian pintu2 juga, gpp tarik aja karet balonnya biar kita tau apa nih mobil pernah terguling apa ngga karena tukang ketok manapun ga bisa bikin lurus lipatan/pertemuan plat pembentuk body biar bisapun kandungan galvanis akan rusak n keliatan bunting (gelembung udara campur karat karena proses las), n untuk bagian depan perhatiin crossmember pemegang radiator apakah ada bekas ketok/lasnya akan terlihat kok biarpun udah di cat lagi tuh crossmember, trus liatin juga apakah ada bekas ketokan yg ada di inner fender (posisi diatas roda di belakang lampu) .
2. untuk masalah chasis usahakan mobil berhenti di tempat yg datar. liat apakah mobil agak miring atau center, cara yg gampang ukur pakai jari jarak antara ban dengan spakboard baik dari depan atas n belakang semua harus sama kalo ada perbedaan antara ban bagian kanan n kiri gue jamin tuh mobil "lari anjing" bodi miring jalan lurus.
3. untuk mesin misalnya sudah ada kesempatan untuk tes, intip temperatur saat ignition acc n belum di start liat temperatur kalo lo liat temp mesin dingin lo starter n liat knalpot apakan ada keluar air atau ampas oli, kalo ampas oli lo tinggal aja tuh mobil krn bakalan jajan banyak. suara juga diperhatiin, tips penting jgn pernah ngecek suara mesin kalo mesin masih dingin karena metal2 saat dingin belum pada memuai dengan sempurna jadi intinya klo denger suara mesin tungguin sampai tempnya iddle, setelah iddle tarik gas secara bertahap dari rpm 800 (tanpa AC) sampai 3000 konsentrasi dengernya apakah ada suara knocking di daerah busi sampai ke bawah karena kalo sampai ada lumayan tuh minm2 top Overhaul malah bisa full jutaan lagi keluarnya
pegel ah udah segitu dulu semoga bisa membantu
Quote:Original Posted By yudineng
tambahan dikit bos buat bagian body kalo misalnya ada yg mulus(sudah cat ulang) trus naksir n ga mau ngecat body lagi biar temen2 ga ketipu;
1.sebelum lebih jauh ngetes mobil yang paling gampang buka karet balon yg ada di bag bagasi or pintu belakang apakah garisnya sempurna atau engga karena cuma di bagian situ yg ga bisa di akalin n di ganti part nya, artinya apakah mobil tsb pernah di sundul dari belakang apa ngga, trus untuk bagian pintu2 juga, gpp tarik aja karet balonnya biar kita tau apa nih mobil pernah terguling apa ngga karena tukang ketok manapun ga bisa bikin lurus lipatan/pertemuan plat pembentuk body biar bisapun kandungan galvanis akan rusak n keliatan bunting (gelembung udara campur karat karena proses las), n untuk bagian depan perhatiin crossmember pemegang radiator apakah ada bekas ketok/lasnya akan terlihat kok biarpun udah di cat lagi tuh crossmember, trus liatin juga apakah ada bekas ketokan yg ada di inner fender (posisi diatas roda di belakang lampu) .
2. untuk masalah chasis usahakan mobil berhenti di tempat yg datar. liat apakah mobil agak miring atau center, cara yg gampang ukur pakai jari jarak antara ban dengan spakboard baik dari depan atas n belakang semua harus sama kalo ada perbedaan antara ban bagian kanan n kiri gue jamin tuh mobil "lari anjing" bodi miring jalan lurus.
3. untuk mesin misalnya sudah ada kesempatan untuk tes, intip temperatur saat ignition acc n belum di start liat temperatur kalo lo liat temp mesin dingin lo starter n liat knalpot apakan ada keluar air atau ampas oli, kalo ampas oli lo tinggal aja tuh mobil krn bakalan jajan banyak. suara juga diperhatiin, tips penting jgn pernah ngecek suara mesin kalo mesin masih dingin karena metal2 saat dingin belum pada memuai dengan sempurna jadi intinya klo denger suara mesin tungguin sampai tempnya iddle, setelah iddle tarik gas secara bertahap dari rpm 800 (tanpa AC) sampai 3000 konsentrasi dengernya apakah ada suara knocking di daerah busi sampai ke bawah karena kalo sampai ada lumayan tuh minm2 top Overhaul malah bisa full jutaan lagi keluarnya
pegel ah udah segitu dulu semoga bisa membantu


makasih tambahannya,.... :maho:maho
bro2 semua... yg pernah hunt mobil second baik dari pemilik langsung ato lewat showroom.. share2 pengalamannya donk >.< lumayan kan bisa jadi "tips" tambahan jg buat yg awam kayak saya >.<
may you see about some car care. it will help you to take care of your car.
Quote:Original Posted By zupamonkibol
berguna banget neh...kl misalnya mobil yg mo bersangkutan diasuransiin ntar kl pindah tangan gmana?


asuransi nya bisa di refund ( dibatalkan ) or dipindah ke mobil lain...bro... klo refund tergantung dari kalkulasi dari pihak insurance, misal tinggal brp lama lagi sisa waktu kontrak asuransinya.. and ada brp claim selama kontrak asuransi. mereka yang tau hitungannya.

Smile Dari TAM juga kasih tips

Juragan yang pada mau beli mobil bekas ada tips dari TOYOTA
gw lihat iklannya di kompas.com

http://www.toyota-ownerclub.com/usedcar/

Disitu juga ada referensi web mobilbekas, harga, dll
Tambahan juga buat warna mobil, misalnya untuk Hyundai Atoz 2003 warna silver lebih gampang jika dijual kembali, harganya juga bisa lebih bagus.

Update

Perlu diingat bahwa membeli mobil bekas sama saja dengan membeli risiko. Karena, kendaraan yang sudah dianggap bagus, begitu pindah tangan banyak yang rusak. Menjadi lebih jengkel, saat kondisi lalulintas padat mendadak mesin overheat. Supaya tidak kecele, ketika hendak membeli mobil bisa membawa mekanik. Paling tidak ia mengerti kondisi mesin. Lebih bagus juga paham kaki-kaki dan bodi.

Kalau tidak punya kenalan mekanik, 11 petunjuk di bawah ini bisa membantu proses penelitian agar Anda tidak tertipu. Sebelas di antaranya merupakan masalah yang umum muncul di mobil bekas.

Spoiler for TAMBAHAN PERTAMA:

Tambahan kedua

TAMBAHAN BARU : CEK KNALPOT

Perlu diingat bahwa suara mesin yang halus belum tentu menjamin kondisinya tidak bermasalah, karena banyak juga orang yang ternyata salah mengasumsikan hal ini. Jadinya ada rasa kecewa setelah membeli mobil tersebut pun dibeli, karena harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk biaya perbaikannya ke bengkel mobil.

Nah...,untuk menghindari kesalahan dalam menilai kondisi mesin mobil berbahan bakar bensin, ada cara lain yang sangat mudah untuk mengetahui kondisi mesin , yaitu bisa melihat dan menjadikan kondisi ujung knalpot mobil tersebut sebagai indikator kondisi mesin.
Spoiler for CEK KNALPOT:


NGOMONG2 KOQ GAK PRNAH ADA YANG NGASIH IJO2 DARI THREAT INI YA....
TUNJUKKAN KASKUSMU DOOOONG !!!
wah gan nice info

sekedar sharing.. saya bulan desember 08 beli honda jazz vtec sport, bukan yang top grade. harga bisa dibilang murah dan memang pasaran nya. warna putih mutiara, body semua orisinil (terlihat oleh mata awam) cuma velg uda variasi tapi saya masi menganggap wajar.dibelilah mobil tersebut

Begitu beli saya langsung bungkus jok mobil dengan semi kulit full interior habis 2,5 jt
setelah 2 minggu pakai, power window rusak. 3 dari 4 jendela harus diperbaiki, lalu saya perbaiki dan habis Rp. 100.000
setelah 1 bulan pakai, terlihat semprotan air untuk wiper belakang tidak jalan. saya perbaiki lagi dan habis Rp. 150.000
setelah 1 bulan lebih saya membeli buku servis lagi karena yang sebelumnya hilang, habis Rp. 110.000
tidak lama kemudian ac kurang dingin, saya isi freon plus sedikit perbaikan habis Rp. 150.000
Dana yang saya keluarkan diatas,masi saya anggap normal dan tidak menyadari keanehan2

setelah 3 bulan mobil mogok, ternyata aki bukan orisinil lalu saya ganti dengan yang baru habis Rp. 700.000 plus dll
setelah 4 bulan mobil mogok tapi ternyata bisa jalan kembali, tapi saya tidak melakukan pengecekan
setelah 4,5 bulan mobil saya mogok dan sampai2 saya buat thread dengan judul "uda panas ga ada duit mobil mogok lagi"
setelah di cek ternyata mobil tersebut bekas tabrakan parah, sampai2 turun mesin dll, cat bukan orisinil, dan montir Honda resmi bilang klo ini bakal ada lagi masalah2 lagi. begitu syok dan merasa tertipu oleh orang yang menjual mobil tersebut

sekarnag mobil tersebut sudah dikembalikan ke penjual yang waktu itu saya beli, dan total saya sudah rugi 20jt karena si penjual menerima mobil tersebut dengan harga rendah

sekedar info, sebelum membeli pastikan anda membawa orang yang benar2 ahli dan tau seluk beluk tentang kendaraan supaya juragan2 tidak tertipu seperti yang saya alami.
cek ulang semua, mulai dari kap mesin, pintu dan bagasi. cek mesin dan yang paling aman bawa mobil tersebut ke bengkel resmi.

Smile 

nais info gan...

btw mau sedikit nambahin gan...
gapapa kan...hehehe...

khusus buat yang mau beli mobil eropa selain perhatikan kondisi mesin (tentunya)
hal2 dibawah ini juga perlu perhatian lebih waktu kita liat2 mobil eropa 2nd:
1. ornamen body (lis2 chrome, emblem, dll)
ini penting soalnya selain barang pengganti susah didapat pas barangnya ada harganya selangit...(bayangin aja emblem 320i punya BMW 1995 harganya tembus Rp 400rb, atau lis chrome seken mercy tiger sepotong harganya bisa >Rp 700rb, lampu belakang peugeot 505GR Rp 550rb sebelah) pengalaman pribadi nih gan...
2. kelengkapan Interior (lampu interior,kondisi jok, kondisi plafond,doortrim, kelancaran fungsi indikator di panel instrumen)
alasannya sama kaya diatas...barang ga ada di pasaran...kalaupun ada harga selangit...
selain itu keutuhan interior mobil eropa terutama mobil2 klasik/hobi bakal pengaruh gede banget ke harga jual kembali...

mudah2an bermanfaat...
==merged==
nice info gan,
tp jd takut beli mobil bekas niy (bnyk part yg hrs diperhatikan ).

bwt beli yg baru duitnya jg pas2an, confused dah ^^'
Gan..., bagi tips untuk beli mobil matic second donk...
thx

namanya juga mobil seken

Quote:Original Posted By fragholic
wah gan nice info

sekedar sharing.. saya bulan desember 08 beli honda jazz vtec sport, bukan yang top grade. harga bisa dibilang murah dan memang pasaran nya. warna putih mutiara, body semua orisinil (terlihat oleh mata awam) cuma velg uda variasi tapi saya masi menganggap wajar.dibelilah mobil tersebut

Begitu beli saya langsung bungkus jok mobil dengan semi kulit full interior habis 2,5 jt
setelah 2 minggu pakai, power window rusak. 3 dari 4 jendela harus diperbaiki, lalu saya perbaiki dan habis Rp. 100.000
setelah 1 bulan pakai, terlihat semprotan air untuk wiper belakang tidak jalan. saya perbaiki lagi dan habis Rp. 150.000
setelah 1 bulan lebih saya membeli buku servis lagi karena yang sebelumnya hilang, habis Rp. 110.000
tidak lama kemudian ac kurang dingin, saya isi freon plus sedikit perbaikan habis Rp. 150.000
Dana yang saya keluarkan diatas,masi saya anggap normal dan tidak menyadari keanehan2

setelah 3 bulan mobil mogok, ternyata aki bukan orisinil lalu saya ganti dengan yang baru habis Rp. 700.000 plus dll
setelah 4 bulan mobil mogok tapi ternyata bisa jalan kembali, tapi saya tidak melakukan pengecekan
setelah 4,5 bulan mobil saya mogok dan sampai2 saya buat thread dengan judul "uda panas ga ada duit mobil mogok lagi"
setelah di cek ternyata mobil tersebut bekas tabrakan parah, sampai2 turun mesin dll, cat bukan orisinil, dan montir Honda resmi bilang klo ini bakal ada lagi masalah2 lagi. begitu syok dan merasa tertipu oleh orang yang menjual mobil tersebut

sekarnag mobil tersebut sudah dikembalikan ke penjual yang waktu itu saya beli, dan total saya sudah rugi 20jt karena si penjual menerima mobil tersebut dengan harga rendah

sekedar info, sebelum membeli pastikan anda membawa orang yang benar2 ahli dan tau seluk beluk tentang kendaraan supaya juragan2 tidak tertipu seperti yang saya alami.
cek ulang semua, mulai dari kap mesin, pintu dan bagasi. cek mesin dan yang paling aman bawa mobil tersebut ke bengkel resmi.



juragan.. juragan.. namanya juga beli mobil seken, udah pastilah bakal banyak keluar walopun pas beli dah bawa' mekanik segala.
jadi sebelum beli mobil gan.. yakinin dulu diri kita.. sanggup gk kita membiayai perawatan hidupnya.. pasti aja bakal ada yg rusak. baik yg 1, rusak yg laen selalu begitu. kalo kira2 kita gk mau yg kayak gitu.. ya sebaiknya gk usah beli mobil seken. simpen dulu dananya.. udah banyak.. langsung beli yg baru aja...