Thumbs up Bali.. Bali (Tips Penginapan, Tempat2 Wisata, dll)

Tips Tiba di bali Malam hari



Pesawat akan mendarat di Bandara Ngurah Ray Bali pada jam 23.50, Wah gimana ya? apa masih ada penginapan yang buka? terus bagaimana menujuh ke sana? Apakah aman?

Mungkin pertanyaan diatas sering terpikir bagi teman-teman yang akan datang ke Bali. Tetapi saya mempunyai beberapa tips yang dapat menolong teman-teman bila terpaksa mendarat di Bali pada larut malam.
Seiring dengan mulai bangkitnya sektor parawisata di Bali, semakin banyak turis yang datang ke Bali khususnya wisatawan domistik. Hal ini juga didukung oleh maraknya penerbangan swasta lokal yang membuka jalur Jakarta-Bali atau dari kota lainnya di Indonesia. Dari banyaknya penerbangan tersebut, beberapa maskapai menawarkan tarif yang lebih murah untuk penerbangan malam (last flight). Pesawat take off dari Jakarta sekitar pukul 20.30 dan mendarat di Bali pada pukul 23.00 (lama penerbangan 1 1/2 jam, ditambah satu jam karena waktu Bali 1 jam lebih cepat/ WITA).
Masalahnya bila anda tiba di Bali pada jam 23.00, maka akan timbul pertanyaan bagaimana saya bisa mendapatkan penginapan? terus sarana transportasi dari bandara ke penginapan apa, berapa ongkos taxi?, taxi argo atau borongan? apa supir taxi di Bali suka “ngegetok”?, apakah aman? dan banyak lagi.

Saya mempunyai beberapa tips untuk keadaan seperti di atas.
1. Waktu Bali 1 jam lebih cepat dari Jakarta atau WITA, jadi sewaktu di dalam pesawat putarlah jam tangan anda 1 jam kemuka.

2. Bila anda tiba di Terminal Kedatangan Domestik Bandara Ngurah Ray, anda dapat menggunakan taxi resmi bandara dengan membeli tiket taxi di counter resmi yang buka sampai pesawat terakhir malam di sebelah kanan di gerbang keluar kedatangan. Kita hanya membayar tiket taxi ke counter ini dan tidak ke sopir taxi. Tetapi anda dapat memberikan tips ke sopir taxi kemudian. Bila anda tiba di Terminal Kedatangan Internasional tidak ada counter taxi di sana, anda dapat menunggu taxi di pintu kedatangan. Bila tidak ada taxi, biasanya ada taxi “omprengan” (plat hitam) tetapi usahakan tawar ongkos taxi sesuai dengan tujuan anda. Tapi biasanya taxi omprengan ini tidak terlalu menaruh tarif tinggi. Pada Counter Taxi Resmi besar tarif sesuai dengan jauh perjalanan, untuk tujuan Kuta-Legian Rp 50.000, Jimbaran Rp. 65.000, Nusa Dua 55.000, Denpasar Rp. 70.000. Kuta adalah tempat pariwisata paling dekat dengan Bandara dengan jarak hanya 15 menit. Saran saya bila ini adalah kedatangan pertama anda ke Bali sebaiknya anda menuju ke Kuta dahulu dan mencari penginapan di sana.

atau jika anda ingin lebih murah naik BaliTaxi (bluebird) tapi anda harus mencari di pintu keluar bandara (50-75meter dari terminal kedatangan).. tarif u/ tujuan kuta berkisar 25-30rb (argo)

4. Penginapan murah, bersih, dan aman banyak terdapat di Jalan Poppies Lane II Legian Kuta. Dari Bandara anda akan melewati Jalan Kartika Plaza, belok kiri Jalan Pantai Kuta di sisi Pantai Kuta dan Jejeran Hotel Mewah, Hard Rock Cafe, Pizza Hut, McDonnald dan belok kanan masuk ke Jalan Poppies Lane II menuju ke Jalan Legian. Di kanan kirim Poppies Lane II banyak sekali penginapan murah tapi bersih. Anda dapat berhenti di salah satu penginapan dan menanyakan apakah ada kamar kosong. Perlu diperhatikan Jalan Poppies ini hanya satu jalur dan satu arah dan taxi tidak bisa berhenti lama.

5. Saya rekomendasikan penginapan murah di Poppies Lane II: Losmen/Bungalow Cempaka I, Cempaka II, Dua Dara, Artawan, Ronta, dll. Tarif 1 kamar per malam berkisar Rp. 40-175 ribu dengan fasilitas 2 tempat tidur, fan (kipas angin), kamar mandi/WC di dalam, dan “light breakfast” di pagi hari. Saya rasa harganya sangat murah dibandingkan dengan penginapan sejenis di Jakarta atau kota lain.

6. Anda dapat langsung membayar cash ke receptionist uang kamar dan menuliskan nama sesuai KTP pada formulir yang diberikan.

7. Anda dapat bernafas lega karena “at least” anda tidak tidur di emperan malam ini. Besok paginya anda dapat melihat-lihat di sekitar Poppies untuk Penginapan yang lebih baik atau anda dapat menuju tempat lain di Bali sesuai dengan rencana liburan anda.

Fasilitas Lain di Kuta
Menurut saya tempat yang paling favorite untuk “pelabuhan pertama” di Bali adalah Kuta. Selain daerah ini terdapat Pantai Kuta yang terkenal (200 m dari Poppies Lane II), juga mempunyai fasilitas yang lengkap: Penginapan yang murah & bersih, Restorant makanan barat& lokal yang cukup terjangkau, ATM, Internet, Mini Market Circle K 24 jam, Toko pakaian & souvenir yang relatif murah asal nawar, dan banyak bule-bule (di antaranya banyak yang 1/2 bugil) berseleweran.

Keamanan
Soal keamanan, Bali dapat dikatakan relatif aman dibandingkan dengan tempat lain di Indonesia, Jarang terjadi penodongan, pencurian atau “pemalakan”. Mayoritas Masyarakat Bali adalah penganut Agama Hindu yang taat yang takut akan karma buruk. Biasanya bila terjadi kejahatan pelakunya adalah pendatang. Jadi jangan takut untuk datang ke Bali, aman kok!

Bom Bali.. amankah?
Seperti diketahui telah terjadi 2 kali pengemboman di Bali, yaitu di Tahun 2002 dan 2005. Sangat besar dampak peristiwa ini akan kedatangan wisatawan di Bali. Tetapi sekarang Bali mulai bangkit kembali. Untuk soal bom ini saya tidak bisa jamin karena bisa terjadi dimana saya tergantung nasib “apes” di Jakarta aja kita bisa kena bom, lagi makan di A&W Kramat Jati bisa kena bom, lagi lewat di depan JW Marriott bisa kena bom, lewat di Kuningan bisa kena bom, jadi tinggal doa saya agar kita terhindar, amin..

Penginapan Murah di Kuta & Tips Perjalanan..

Penginapan Murah di Kuta & Tips Perjalanan..

Penginapan Murah

Penginapan Murah
Bila gaya perjalanan anda sebagai backpacker/budger traveller, maka penginapan ini sangatlah cocok. Selain memang tujuannya menekan biaya perjalanan serendah-rendahnya juga ada pertimbangan kenapa harus tinggal di hotel mewah nan mahal karena sebagian besar waktu kita ada di luar hotel (jalan-jalan maksudnya)
Tempat terkenal dimana komunitas backpacker menginap adalah di Jalan Poppies Lane I dan II, banyak sekali penginapan murah dengan tarif 40-175 ribu per malam.




Poppies Lane
Poppies Lane terbagi 2 jalan, Poppies Lane I & II, kedua jalan ini menghubungkan Jalan Pantai Kuta dan Legian yang satu arah. Di 2 jalan ini dapat ditemukan banyak sekali penginapan bungalow/losmen yang murah dan terjangkau untuk budget traveller. Juga toko-toko yang menjual baju dan souvenir khas Bali.
1. Cempaka II (Bersih & privasi) : 0361 757750 dengan Kadek
2. Ronta Bungalow (Bersih) Gg. Ronta 0361 754246. 50 m dari monumen Bom Bali I
3. Losman Arthawan ( 0361 752913 ) - Poppies Lane II
4. Dua Dara, Poppies Lane II.
5. Segara Sadhu Inn. 0361) 759909, Jl. Poppies II Gang 1 # 3A
6. Jus Edith Bungalows 0361) 750558, Gang Ronta, Poppies Lane II
7. Gora Beach Inn - Poppies Lane 2, Banjar Pengabetan (0361 - 75257
8. Yunna Cottage - Jl. Pantai Kuta Gg Poppies 2 (0361 - 753015)
9. Tunjung Bali Inn - Poppies Lane 2 (0361 - 762990)
10. Palm Gardens Taman Nyiur - Poppies Lane 2 (0361 - 75219
11. Okie House - Poppies Lane 2 ( 0361- 752081)
12. Mahendra - Poppies 1 Banjar Pengabetan (0361 - 752371)
13. Puri Agung - Poppies 1 (0361 - 750054)
14. Bungalows Taman Ayu - Poppies 1 (0361 - 751855)
15. Komala Indah - Poppies 1 No. 20 (0361 - 751422)
16. Agung Putra Inn, Jl Poppies I Kuta, Phone : +62 361 766708

Penginapan diatas biasanya mempunyai fasilitas 2 tempat tidur, kamar mandi di dalam, kipas angin/ AC dan Light breakfast di pagi hari. Lama penginapan dapat harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mingguan dan bulanan dapat meminta diskon kepada petugas penginapan, discount bisa sampai 20 % untuk 1 bulan. Selain itu di poppies lane ini banyak sekali bule-bule berseliweran (mostly Australian).

Peta Kuta..
Spoiler for petabali:

Penginapan Middle-up
Untuk anda yang membawa keluarga dan anak-anak atau anda yang menginginkan tempat yang agak “mewah’ saya ada daftar hotel menengah ke atas yang dapat dijadikan referensi:
Hotel-hotel dibawah ini biasanya mempunyai fasilitas lengkap: kamar ber-AC, hot shower, kolam renang, breakfast, tempat parkir, dll

Spoiler for Hotel Middle Up:


Rental Kendaraan

Bila anda berlibur berdua sepeda motor adalah pilihan yang tepat untuk menghemat biaya perjalanan anda.
Terdapat penyewaan motor di sepanjang Jalan Legian pas di Monumen Bom Bali I, ke hilir ke Arah Seminyak atau ke hulu ke arah Kartika Plaza, Jalan Raya Kuta, Sampai Jln Pantai Kuta
Sepanjang jalan ini banyak sekali motor yang diparkir untuk disewakan.
Harga berkisar antara 25-30 rb untuk motor supra Fit dan 30-40 ribu untuk motor Vario, Mio dan Kymco dan 60 ribu untuk Tiger.
Tapi saya sangat menyarankan untuk menyewa motor matic karena tidak cape dan jalan2 dibali jg tidak macet tp anda anda berjiwa muda sewa motor Tiger saja biar cepat dan bertenaga sekaligus merasakan petualangan yang tidak ada duanya.

Waktu sewa adalah 1 hari contohnya jika anda menyewa motor jam 12 siang maka harus dikembalikan jam 12 siang besoknya, tetapi kalau kita sewa 2-3 hari bisa lebih murah (bargain ama si abang pasti)
Penyewa hanya meninggalkan KTP sebagai agunan rental. Kita akan dikasih 1 lembar kwitansi bukti pembayaran dan 1 kartu pengganti STNK, Polda Bali mengeluarkan kartu khusus pengganti STNK asli untuk motor sewaan. Bila perjalanan anda tidak terlalu jauh hanya sekitar Kuta,Jimbaran, Sanur bisa pakai motor Matic tetapi bila tujuan kita ke Kintamani, Ubud, Sange, Singaraja Orang Jepang di Iklan Master Card aja sewa motor untuk jalan-jalan di Bali.

Spoiler for motor:


Tapi bila anda berlibur 3-4 orang saya sarankan untuk sewa mobil saja, dengan tarif 100-150rb (Katana/jimny) & 350 rb untuk kijang/Taruna/Panther.

Bila anda membutuhkan sopir bisa tambah Rp. 100-150 ribu jadi anda tidak perlu report karena sopir ini juga bisa sebagai guide. Biasanya kita ditawarkan untuk membayar asuransi 80 ribu tetapi ini tidak jadi keharusan. Tarif di atas fixed dan tidak jauh berbeda dari rental satu ke rental lain. Tapi tidak salah bila harus tanya dulu ke 2-3 rental sebagai bahan perbandingan. Rental mobil dapat ditemukan di konter-konter parawisata di sepanjang jalan legian, pantai kuta dan poppies lane.

Tetapi bila anda tidak mau repot menyewa mobil+driver saya sarankan ikut tur 1 hari Daily Tour saja ke tempat-tempat menarik di Bali dengan tarif antara 200-500 rb/orang dengan minimal 3 tempat/hari + lunch & snack.
Informasi tur harian ini dapat didapat di counter Tourist Information yang banyak terdapat di Jl. Poppies Lane II, Jl Legian & Jl. Pantai Kuta. Untuk semua informasi Tur & Rental mobil juga dapat ditanyakan di hotel dimana anda menginap.

Makanan
Di Jl Poppies Lane, Pantai Kuta, & Legian banyak sekali restoran tetapi kebanyakan menawarkan menu barat (Burger, Spagheti, grill dsb) tapi ada juga restorant yang menawarkan menu Indonesia seperti di Restoran Indonesia dan Restoran Padang di Jalan Ronta.
Mc Donnald ada 3 yaitu di Jalan Legian, Kuta Square samping Matahari, dan Jalan Pantai Kuta pas menghadap ke Pantai Kuta tempat yang pas buat nongkrong.
KFC ada 2 yaitu pertama di Kuta Square di pertemuan Jalan Kartika Plaza & Jalan Pantai Kuta dan di Mall Centro di Kartika Plaza.
Untuk anda yang merindukan makanan Indonesia dapat ditemukan di Jalan Raya Tuban. dari Legian balik ke Kartika Plaza menuju ke Airport Ngurah Ray ( melewati Joger). Di sini ada soto betawi, soto jawa, masakan chiness, yang terkenal adalah Ibu Tinuk (Sop buntut jawa timuran)

Tempat-tempat menarik
Sangat banyak tempat-tempat yang dapat dikunjungi di Bali, satu bulan di Bali pun tidak cukup untuk mengeksplor Pulau Dewata nan cantik ini.
Saya bagi tempat-tempat ini berdasarkan searah jalannya sehingga dapat anda menyusun jadwal per hari Sekitar Kuta

Pantai Kuta
Pantai yang sangat terkenal sampai ada lagunya oleh Andre Hehanusa dan Ebiet G Ade. Tidak lengkap rasanya bila anda datang ke Bali tetapi tidak berkunjung ke pantai ini. Kenapa saya sarankan untuk menjadikan Poppies Lane II sebagai “Base Camp” selain hanya 8 km dari airport, kawasan ini sangat dekat dengan Pantai Kuta sekitar 100 m (hanya 5 menit jika guling2an), jadi bila anda menginap di sini anda hanya bawah pakaian renang dan handuk dari hotel terus berenang ke pantai.
Bagi anda ingin berselancar atau baru mau belajar disinilah tempatnya. Bule-bule dari Eropa aja bela-belain datang ke Pantai Kuta buat surfing.
Untuk anda yang sedang tunangan atau pacaran tempat ini adalah tempat yang sangat romantis untuk “mengikat janji” seiring dengan matahari yang perlahan-lahan terbenam… oh.. so romantic..!
Kadang walau kita berkunjung ketempat lain, jam 4 sore bela-belain cepat-cepat balik ke Kuta agar bisa melihat sunset.



Bali Water Boom
Water boom yang terbagus saya rasa di Indonesia, water boom di Ancol kalah tinggi, bersih, asri, dan aman. Disini ada tempat berenang, berjemur, perosotan (water sliding), atau menantang nyali di perosotan setinggi 30 m. Plus bisa melototi ABG bule dan lokal seksi pake bikini.. jarang-jarang khan.. ada di Jakarta. Tempat ini terletak di Jalan Kartika Plaza sekitar 2 km dari Legian 10 menit dari Poppies.

Legian
Sepanjang jalan ini dipenuhi oleh toko-toko yang menjual souvenir dan bertebaran cafe & restoran yang menyediakan suasana yang meriah di malam hari. Kurang lengkap kiranya bila anda tidak berphoto ria di Monumen Bom Bali I di Jalan ini.

Kuta Square - Kartika Plaza
Kuta Square adalah pusat belanja barang-barang import seperti Quick Silver, Billabong, Okley, Surver Girl dll. Terus ke arah airport di kanan kiri Jalan Kartika Plaza terdapat banyak restorant dan hotel mewah yang terkenal adalah Kuta Centro dan Musro

Kearah Barat Laut

Seminyak
Just 3 km dari Legian ke arah barat laut. Bagi anda yang suka dugem di kawasan ini seiring dengan matahari tenggelam banyak sekali tempat dugem dan cafe yang menawarkan indahnya kehidupan malam.

Spoiler for Tanah Lot:




Tanah Lot
Dari Legian-Seminyak-Kerobokan- terus ke arah utara. Tempat yang jadi icon Bali dimana ada Pura yang dibangun di atas batu karang di tengah laut. Dari Bahasa Bali Tanah Lot berarti Tanah yang menyembul dari air.

Taman Ayun
Pura Taman Ayun terletak di Mengwi Pura ini adalah kompleks istana bekas kerajaan Mengwi yang berusia ratusan tahun.

Ke arah Barat Daya & Selatan

Pantai Jimbaran
Dari Kuta ambil Jalan Raya Tuban ke arah Bandara, pertigaan bandara belok kiri kemudian ketemu pertigaan Jalan Alteri Ngurah Ray, ambil kanan terus sampai ketemu pertigaan pertama belok kanan ke Jalan Uluwatu. Pantai ini sebenarnya terusan Pantai Kuta ke arah selatan hanya dipisahkan oleh Bandara Ngurah Ray. Pantai ini less crowded ketimbang Pantai Kuta, dan anda dapat menghabiskan sore hari disini sambil melihat sunset dan pesawat yang perlahan-lahan landing di Airport Ngurah Ray. Untuk ada yang doyan seafood dapat ditemui disini diberapa restorant di sepanjang pantai ini. Yang sangat terkenal adalah Ayam/Ikan Bakar Jimbaran. Di salah satu restorant ini dimana Bom Bali II terjadi.



Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park
Dari Jimbaran anda telusuri terus Jalan Uluwatu kira 10 km dari Jimbaran akan bertemu suatu kompleks biasanya digunakan untuk konser dimana dibangun patung wisnu dan garuda. Untuk masuk ke kompleks ini dikenai biaya masuk sebesar 10 rb per orang dan 5 rb untuk mobil. Luas kompleks ini lebih dari 200 ha terletak di atas bukit dimana kita dapat melihat pantai Jimbaran, Kuta, dan Tanjung Benoa dari atas bukit. Juga batu-batu cadas yang dipotong menjadi dinding-dinding megah yang pasti bagus untuk dijadikan background photo.

Pantai Dreamland
Sekitar 3 km dari GWK anda terus ke arah selatan. Pantai Dreamland atau New Kuta Beach terletak di kawasan Pecatu Indah Resort yang tengah dalam pembangunan. Dari Jalan Raya Uluwatu anda terus masuk ke kawasan sekitar 4 km akan sampai ke Pantai Dreamland. Kendaran dapat diparkir di tempat parkiran sekitar 200 m dari pantai dan anda meneruskan dengan jalan kaki menuruni tebing yang cukup curam. Mungkin dalam 1 tahun mendatang akan dibuat jalan akses langsung ke pantai. Di pantai ini terdapat bungalow sederhana dan sebuah pantai yang lebih eksotik dan tersembunyi dengan pasir putih dan ombak yang bagus untuk surfing. Biasanya bule-bule pada lebih berani disini dengan berbikini lebih terbuka. Jadi bagi yang baru saja akhir baligh dapat menghabiskan hari disini.

Ulu Watu
Sebuah pura di ujung selatan Bali yang dibangun di atas batu karang yang menghadap Samudera Indonesia. Banyak monyet-monyet jinak yang “berdomisi” di pura ini. Hati-hati kacamata, topi, kerudung yang biasanya menjadi “incaran’ si monyet nakal. Anehnya si monyet akan mengembalikan barang-barang anda ini setelah anda memberikan semacam “tebusan” ke juru kunci pura sejumlah uang (Rp 1000-5000) kemudian si juru kunci memberikan tebusan sebuah pisang yang sudah dimanterai, memang manteranya manjur atau ada konsfirasi antara si monyet dan si empuh, dengan suka rela si monyet akan mengembalikan barang anda.

Ke arah Tenggara

Nusa Dua
Kawasan hotel-hotel mewah tidak banyak dapat kita lakukan disini kecuali anda menginap di hotel. Biasanya setiap hotel mempunyai private beach sendiri.

Tanjung Benoa (Water Sport)
Tidak jauh dari Nusa Dua, anda dapat mencoba nyali untuk ber-water sport seperti Parasailing, banana boats, Jetsky, snorkling, dan diving.

Pantai Sanur
Bila anda ingin menyaksikan sunrise ini adalah tempat yang tepat. Kalau Pantai Kuta menghadap ke barat, Pantai Sanur menghadap ke Timur. Banyak hotel dan bungalow mewah disini, kebanyakan turis adalah orang tua yang bernostalgia, kayaknya tidak cocok buat anak muda

Ke arah Timur Laut

Celuk
Pusat kerajinan Perak dan Emas, biasanya sebelum ke Ubud, wisatawan mampir dulu ke Celuk

Sukowati
Searah ke Ubud, pusat kerajinan Bali. Bila anda yang ingin membeli souvenir dalam jumlah besar untuk dijual kembali dapat membeli di tempat ini.

Ubud
Sekitar 60 km ke arah utara Kuta dimana ada dapat menemukan ketenangan dan nuasa pedesaan Bali yang sebenarnya. Ada dapat mengujungi Museum Antonio Blanco di sini dan banyak lagi seniman lain.

Spoiler for tirta empul:


Tampak Siring & Tirta Empul
Ke arah utara Ubud, Istana Presiden peninggalan Bung Karno Tampak Siring walau kita tidak bisa masuk ke dalamnya kecuali anda adalah tamu Negara. Di sebelah Istana ini ada Pura Tirta Empul dimana ada beberapa pancuran air yang dipercayai mempunyai khasiat menyembuhkan.


Spoiler for goa gajah:


Goa Gajah
Dari Tirta Empul ke arat Utara akan menemukan peninggalan tempat persemedian Agama Budha yg ditemukan tahun 1932 pada jaman belanda..
dibawah ada jg Kepala Budha dgn ukuran sangat besar tetapi blm di renovasi..

Spoiler for Gunung/Danau Batur:

Kintamani, Gunung Batur, Danau Batur, dan Truyan
Dari Goa Gajah terus menuju ke Utara ke arah Singaraja anda akan melewati Kintamani sebuah dataran tinggi dengan pemandangan yang indah Gunung Batur yang masih aktif di sebelah kiri dan Danau Batur di sebelah kanan. Jika anda seorang yang penuh energi dan jiwa petualang dapat tracking mendaki ke Gunung Batur menyaksikan kawah gunung berapa yang masih aktif. Anda dapat turun ke bawah untuk melihat aliran lahar yang telah mendingin dari letusan gunung berapi ini sekitar 50 tahun yang lalu, kemudian anda dapat merasakan dinginnya air Danau Batur. Bila anda cukup waktu dapat menyeberangi danau ini ke suatu tempat yang bernama Truyan. Desa ini seperti di Toraja dimana mayat orang meninggal tidak dikubur melainkan hanya di letakan di atas tanah. Saya belum pernah ke sana namun dilain kesempatan pasti menjadi agenda saya pertama untuk berkunjung ke Truyan.
di Bali penduduknya sangat2 ramah kecuali di daerah sini.. disini byk sekali pedagang2 yg ‘memaksa’ kt u/ membeli..

Saya menyarankan jika anda ingin menikmati pemandangan gunung/Danau batur sebaiknya tiba siang hari ketika ‘Jam makan Siang ’ dan langsung masuk ke rumah2 makan/restoran yg ada disana untuk menghidari ‘paksaan pedagang2’ disana… dan pedagang tsb tidak akan berani u menawarkan sampai kedalam restoran.. biasanya restoran disana ada konsep buffet dimana menyediakan makanan siap saji yang sangat bervariatif dan kita tinggal ambil dan makan sepuasnya.. Biaya u/ makan-minum sepuasnya berkisar 25-55rb tergantung lokasi yg menghadap kearah pemandangan indah..(pengalaman ketika tahun lalu saya berbulan madu dgn istri saya kesini)..

Ke arah Barat laut

Sangeh
Sama dengan Ulu watu, sini juga banyak saudara tua alias monyet yang jinak. Disarankan untuk datang ke Sangeh pagi hari karena lumayan banyak turis, kalau sore agak “seram” karena hutan nya udah mulai gelap dan kita malah yg jadi tontonan para monyet

Bedugul
Danau Beratan & Pura Ulun Danu
Jangan sampai tidak berfoto di depan Pura Ulun Danu dan Danau Bratan, karena pura dan danau ini terlukis di uang Rupiah pecahan 50 ribu. Anda dapat berperahu dan parasailing di danau ini.

Kebun Raya Bedugul
Sebuah kebun raya meski tidak seluas kebun raya Bogor, namun anda dapat menghabiskan waktu dan menghirup udara segar disini. Anda juga dapat mencoba petualangan “out bound” di sini.

Singaraja-Pantai Lovina
Terletak di pesisir utara Pulau Bali. Anda bisa mengunjungi Istana peninggalan Kerajaan Buleleng dan melihat lumba-lumba di Pantai Lovina.


Itenerary
Berikut beberapa jalur yang dibagi berdasarkan kedekatan dan arah yang sama, sehingga liburan teman-teman dapat diatur sepadat mungkin. Namun ini tidak mengikat dapat ditambah dan dikurangi

Hari-1
Kuta-Celuk (Kerajinan perak)-Sukowati-Ubud-Istana Tampak Siring-Pura Tirta Empul-Kintamani-Danau Batur-Gunung-Batur-Truyan (bila sempat)-Kuta

Hari-2
Kuta-Nusa Dua-Tj Benoa (water sport)-Nusa Lembongan (sea walker)-Jimbaran (sunset+dinner)-Kuta

Hari-3
Kuta-Sanur (go early 5 am to see sunset)-Jimbaran-GWK-Dream land-Uluwatu-Kuta (sunset)

Hari-4
Kuta-Taman Ayun (Mengwi)- Sangeh-Bedugul (pura ulun danu & Kebun Raya Bedugul)-Tanah Lot (sunset)-Kuta

Hari-5
Kuta-Kerthagosa (Klungkung)-Pura Besakih (Gunung Agung)-Tulamben (diving)-Kuta

Hari-6
Kuta-Pantai Kuta-Seminyak-Bungee Jumping-Waterboom (Kartika Plaza)-Shoping Toko Erlangga (Denpasar), shoping di Kuta Square-oleh2 Joger, santai di Poppies & Monumen Bom Bali

Hari-7
Kuta-Tabanan-Bedugul-Singaraja (Peninggalan Pusat Kerajaan Buleleng)-Pantai Lovina-Tanah Lot (Sunset)-Kuta

Tips jika anda hanya berlibur 2-3 hari dan mempunyai jiwa petualangan dgn mengendarai sepeda motor

Hari-1
Kuta-Ubud-Istana Tampak Siring-Pura Tirta Empul-Goa Gajah- (makan siang) di Kintamani dgn pemandangan Danau /Gunung-Batur- Pura Kintamani (ga harus) -pantai Lovina- Bedugul (pura ulun danu & Kebun Raya Bedugul)-Tanah Lot (sunset)

Hari-2
Kuta-Sanur (go early 5 am to see sunset+makan pagi) - Kerthagosa (Klungkung)-Pura Besakih – makan siang sambil belanja di daerah Sukowati-Celuk (Kerajinan perak)- GWK-Dream land-Uluwatu-(bisa juga Uluwatu-GWK Dreamland)- Jimbaran (sunset+dinner)

Hari-3
Sekitar Pantai Kuta - Shoping nyari oleh2 Kuta Square atau baju Joger atau Salak Bali, santai di Poppies sambil nunggu chek-out di hotel.. atau dari pagi2 langsung ke denpasar

Catatan:
-Perjalanan dari goa gajah-kintamani anda dapat ‘ngebut’ u/ ngejar makan siang jalanannya sepi dan lurus menanjak. Perjalanan dari singaraja- danau bratan- Tanah Lot jg sama tetapi treknya lurus menurun jd harus hati2..
-Perjalanan hari kedua agak santai terutama jalur GWK-Dreamland-uluwatu-jimbaran.. dan kalo di dreamland sdh jam 4 lbh baik ga usah ke uluwatu langsung aja ke Jimbaran..
-hari ketiga santai2 aja.. alias istirahan kan bsk kembali kerja
- Jgn lupa beli peta.. di gramedia byk peta bali... -30rb

Jadwal Tari Kecak dan Tari Barong
Tari Kecak biasanya dilakukan ketika menjelang matahari terbenam, tidak semua tempat menyelengarakan Tari Kecak.. contohnya Tana Lot hanya menyelengarakan di hari sabtu.. dan khusus hari sabtu biaya untuk masuk ke Tanah Lot dikenakan 50rb perorang..

Ada juga beberapa tempat yang menyelengarakan Tari Kecak setiap hari, seperti Pura Ulu Watu.. tapi saya tidak menyarankan untuk kesana jika anda memakai sepeda motor dikarenakan Jalan menuju kesana sangat gelap.. tp jika anda memakai Mobil ga apa2 kok… Tapi anda bisa menanyakan tempat2 yang lainnya yg menyelengarakan Tari Kecak di pusat2 informasi disekitar anda atau di Hotel

Oleh-oleh
Suvenir dapat dibeli di Poppies Lane I dan II, Legian, banyak sekali barang yang dijual sebagai suvenir semisal kain, baju oblong, ukir-ukiran, tas, dll. Namun bila anda ingin membeli dalam jumlah besar untuk di jual lagi anda dapat pergi ke Sukawati ke arah Barat laut Kuta. Untuk kerajinan emas & perak dapat ditemukan di Celuk searah ke Sukowati-Ubud.
Baju Joger, dapat dibeli di Pabrik Kata-Kata Joger di Jalan Raya Tuban tanpa nomor (Kuta Bali), lp 753059 hotline 752523 +/- 3.499,99 meter sebelah utara International Airport Ngurah Rai (Klu gak percaya ukur sendiri)
Salak Bali, dapat di beli disekitar Baju Joger..

diambil dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi
No pertamax...
Mantab ni infonya
mantap infonya TS..
mantap INFO NYA GAN

btw itu yg itenerary itu berarti

kita stay nya di kuta gitu ya ?
mantep bos inpona lengkap banget
sampe jmpa dsna bos................
Quote:Original Posted By romanciplisan
sampe jmpa dsna bos................


^
mang kapan ente mau kesana..
Klo gw sich rencana awal bulan Oktober...BTW thanks om atas ingfonya..
mantappppppppppppppppppppp banget gan infonya


thanks berat neh...
Nice Info u got here bro. membantu banget buat yg mau liburan di bali : cek kulkas bro
bos.. mo nanya neh.. gmn caranya klo mo ke nusa penida ?? yg gak perlu nginep n gak usah ikutan bounty. ada kendaraan umum gak ?? klo bisa skalian jadwalnya dong.. hehehe.. thanks ya bro..
mau tny neh hotel di denpasar ,,,
ada namanya hotel MADE BALi...
itu bagus ga ya ,,aku ikut tour nanati tgl 29 koq dapetnya hotel di denpsar ya hikz
Wah sip sip banget infonya..
Can't wait sampe desembeeer!!!
ini mas ikman ya? atau sapa? karena isi threadnya mirip ama blogsnya..ty
nice info bro jd pingin kebali niy soalnya blm pernah
bali ooohh bali........

thanks for sharing...complete bener boss