KASKUS

Tentang OLI Mobil

Nyari-nyari kayaknya gak ada yang pernah bahas oli secara keseluruhan.
Apa mobil anak2 kaskus mobil baru semua, jadi ganti oli nya tergantung bengkel resmi aja nih...

Gw terakhir kali pake oli mesin Shell yang 10/40 di mobil Timor DOHC.
Ya gak ada keluhan, tapi gak ada istimewanya juga.

Ada pengalaman lain dengan oli? Dipake di mobil apa?
Pengen coba2 ganti nih.
pake aja mobil super S 10-40. pasti lebi enak (tested)
pernah pake motul tapi lupa yg seri berapa... enak.. tahan lama tarikan enteng
shell biasa aja
castrol magnatec juga sejauh ini biasa aja malah cepet kotornya (at emang mobil gw yg kotor banget dalemnnya yak? :P)
skarang pake elf juga biasa ajah

klo emang pakenya yg 10-40 terus n ganti nya dari 10-40 ke 10-40 lagi mungkin ga terlalu banyak beda rasanya

tapi klo dari 20-50 trus pake 10-40 ato kebalikannya kerasa d bedanya
mobil terasa lebih enteng gitu

klo ganti2 mesti yakin klo oli di dalem mesin udh abis soalnya tiap oli kan kandungannya beda2 tuh.. jadinya klo tiap ganti oli ganti merek sih aslinya ga dianjurin soalnya komposisi nya jadi campur aduk di dalem mesin
gw pake fk rs pulse 10/40 di city gw
tp denger2 fk yang 10/40 ini hasil blend sendiri (lokal?), bukan dari fk nya
yaa walaupun gak ada yang salah juga, tp bikin bingung juga
soalnya nih oli susah nyari nya

mobil super s itu laen ya dari mobil 1?
Quote:Original Posted By alddhie
Nyari-nyari kayaknya gak ada yang pernah bahas oli secara keseluruhan.
Apa mobil anak2 kaskus mobil baru semua, jadi ganti oli nya tergantung bengkel resmi aja nih...

Gw terakhir kali pake oli mesin Shell yang 10/40 di mobil Timor DOHC.
Ya gak ada keluhan, tapi gak ada istimewanya juga.

Ada pengalaman lain dengan oli? Dipake di mobil apa?
Pengen coba2 ganti nih.


mo mantep pake motul 300V 2 liter harganya 550.000,
4 liter jadinya 1.100.000,

kalo nga pake HKS.
Quote:Original Posted By satyr
pake aja mobil super S 10-40. pasti lebi enak (tested)


g juga pake ini oli bro
emank bagus , mesin tambah halus
wah, olinya mahal2 yak..hehehe

klo yang murah n bagus apa yah, mobil gw lancer
fastron gimana? pemakaian standar aja koq..
harganya brapa ya klo blh tau?
Quote:Original Posted By samo
mo mantep pake motul 300V 2 liter harganya 550.000,
4 liter jadinya 1.100.000,

kalo nga pake HKS.


Ntu oli buat racing ya bro?
Bos,
Numpang tanya dongg..
Kalo Taruna sekali ganti oli brp liter ya?
prima xp, kita untung bangsa untung hahah iklan......

pake shell helix juga lumayan lah, buat mobil2 yg gak terlalu canggih ok lah.
Quote:Original Posted By Vi3rzeHn
Ntu oli buat racing ya bro?


yap, gua sendiri belom coba, bisa kantong jebol...
menurut yang udah pake si, enak banget tarikan...
gue pake Fastron 10W-40
Mobil; Ipah G Manual 2006

so far ok,
start mesin pas pagi enteng,
tarikan lebih enteng & lebih halus

wkt msh pake TGMO (Toyota Genuine Oil) rada berat
Quote:Original Posted By samo
yap, gua sendiri belom coba, bisa kantong jebol...
menurut yang udah pake si, enak banget tarikan...


pake yg full synthetic terlalu berlebihan,
krn itu buat street racing / racing,
yg sekali pake balap,
lgs ganti oli lagi

Mobil Super S / Super S Plus,
ud lebih dr cukup

Fastron Synthetic aja, IMHO ud cukup bgt

yg penting,
Oli anda bukan TOP 1 kan ?
Kekentalan (Viskositas)

Kekentalan merupakan salah satu unsur kandungan oli paling rawan karena berkaitan dengan ketebalan oli atau seberapa besar resistensinya untuk mengalir. Kekentalan oli langsung berkaitan dengan sejauh mana oli berfungsi sebagai pelumas sekaligus pelindung benturan antar permukaan logam.

Oli harus mengalir ketika suhu mesin atau temperatur ambient. Mengalir secara cukup agar terjamin pasokannya ke komponen-komponen yang bergerak. Semakin kental oli, maka lapisan yang ditimbulkan menjadi lebih kental. Lapisan halus pada oli kental memberi kemampuan ekstra menyapu atau membersihkan permukaan logam yang terlumasi. Sebaliknya oli yang terlalu tebal akan memberi resitensi berlebih mengalirkan oli pada temperatur rendah sehingga mengganggu jalannya pelumasan ke komponen yang dibutuhkan. Untuk itu, oli harus memiliki kekentalan lebih tepat pada temperatur tertinggi atau temperatur terendah ketika mesin dioperasikan.

Dengan demikian, oli memiliki grade (derajat) tersendiri yang diatur oleh Society of Automotive Engineers (SAE). Bila pada kemasan oli tersebut tertera angka SAE 5W-30 berarti 5W (Winter) menunjukkan pada suhu dingin oli bekerja pada kekentalan 5 dan pada suhu terpanas akan bekerja pada kekentalan 30.

Tetapi yang terbaik adalah mengikuti viskositas sesuai permintaan mesin. Umumnya, mobil sekarang punya kekentalan lebih rendah dari 5W-30 . Karena mesin belakangan lebih sophisticated sehingga kerapatan antar komponen makin tipis dan juga banyak celah-celah kecil yang hanya bisa dilalui oleh oli encer. Tak baik menggunakan oli kental (20W-50) pada mesin seperti ini karena akan mengganggu debit aliran oli pada mesin dan butuh semprotan lebih tinggi.

Untuk mesin lebih tua, clearance bearing lebih besar sehingga mengizinkan pemakaian oli kental untuk menjaga tekanan oli normal dan menyediakan lapisan film cukup untuk bearing.

Sebagai contoh dibawah ini adalah tipe Viskositas dan ambien temperatur dalam derajat Celcius yang biasa digunakan sebagai standar oli di berbagai negara/kawasan.

1. 5W-30 untuk cuaca dingin seperti di Swedia
2. 10W-30 untuk iklim sedang seperti dikawasan Inggris
3. 15W-30 untuk Cuaca panas seperti dikawasan Indonesia

dapet dari wiki indonesia neh
pake motul 6100 SAE 15-50 enak juga.
harga ga gitu mahal-mahal banget
fastron 10w-40... made in indonesia..
(ACI = Aku Cinta Indonesia)
nice inpo~

God bless~
Gw pake oli Motul Tekma 15W-40 untuk Taft GT.
Per liter 50 rb.
Tiap 6rb gw ganti olinya.
Tarikannya enteng bngt, konsumsi BBM jg irit.
Sampe skrg gak ada mslh di mesin, tune up pun gak pernah
Gw pernah pake oli buatan Malaysia, gak usah gw sebutin merknya,
tarikannya jd memble.
Gw pake Shell Super yg Kuning 20w-50

dipakai di Baleno thn 1997

sepertinya 20w-50 paling cocok buat mobil lawas
mobile super S brpaan ya harganya seliter ?
trus kalau mo ganti oli dgn merk lain katanya mesti engine flush ya ?
engine flush itu apaan lagi ?