KASKUS

Kerja/Magang di Jepang

Thread ini berisi info ttg bekerja/magang di Jepang yg diambil dari google serta info-info penting dari thread lama.

Siapa yang bisa bekerja/magang di Jepang?
Spoiler for "my spoiler":


====================================================

PENTING: Visa turis tidak diperbolehkan bekerja di Jepang dan tidak bisa mengubah visa turis ke visa kerja di Jepang.

Visa belajar bisa diubah ke visa kerja setelah lulus pendidikan dan direkrut di Jepang.

Keterangan mengenai Study di Jepang ada di thread ini http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=876221

=====================================================

Pemagangan di Jepang

Penyaluran para pemagang Indonesia selama ini dilaksanakan oleh organisasi/asosiasi yang telah mendapat persetujuan Kementerian Perburuhan Jepang, dimana ijin magang dikeluarkan oleh Kementerian Kehakiman Jepang. Sedangkan organisasi/asosiasi penyalur pemagang tersebut harus mendapatkan rekomendasi dari Japan International Training Cooperation Organization (JITCO) yang unsur-unsurnya terdiri dari Kementerian Perburuhan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kehakiman, Kementerian Konstruksi dan Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI).
 
Organisasi/asosiasi penyalur pemagang Indonesia
a. Association for International Manpower Development of Medium and
Small Enterprises (IMM-Japan)
b. Japan Indonesia Association for Economy Cooperation (JIAEC)
c. Japan Vocational Ability Development Association (JAVADA)

Situs IMM (bidang kerja, jadwal pelatihan, dll.) http://www.imm.or.jp/in/index.html

Untuk IMM, proses seleksinya di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kotamadya/kabupaten setempat.
Silahkan cari di internet alamat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi tersebut masing-masing. Pengiriman pemagangan ke Jepang tiap bulan sekitar 100 orang. Namun perekrutannya sekitar 2 kali setahun (Jakarta, surabaya, yogya, Bandung, medan)

Pendaftaran adalah satu bulan sebelum jadwal seleksi.
JADWAL SELEKSI
lihat sini
Spoiler for "jadwal seleksi":


SYARAT UMUM


PROSES SELEKSI
Spoiler for "my spoiler":


FASILITAS (gaji, dll.)
Spoiler for "my spoiler":



=========================================================

JIAEC menyeleksi pemagang melalui beberapa agen/organisasi penyalur TKI, tetapi tidak disebutkan apa nama organisasinya.
JIAEC punya kantor cabang di JKT.
Spoiler for "my spoiler":


==========================================================

JAVADA adalah Japan Vocational Ability Development Association. Situsnya dalam B. Jepang. Info perekrutan tidak ada. Kemungkinan asosiasi ini hanya memberi pemagangan kepada orang yang sudah terlebih dulu direkrut oleh perusahaan Jepang di Indonesia.

Bila ada info lain atau info di sini salah, silahkan ditambahkan/koreksi.

NB: Mohon jangan PM saya ttg lowongan kerja krn saya hanya merangkum dari internet dan thread lama yg digembok.
Copy paste dari thread lama

Quote:
Originally Posted by awenk2000
hmm,... gw jg pngen kerja di sono,.. sbnernya pake agen gak masalah buat gw,.. tapi emangnya kalo pake agen bakal bisa dapet kerjaan kah? kira2 chance nya gimana yah?... Sampe sejauh apa mereka bisa bantu kita... apa kita perlu stay di sono bbrp lama?

Kayaknya gw butuh step-by-step guide neh,... dari yg pertama2 mesti gw lakuin... jangan sampe gw pake agen just for nothing karna salah kaprah...
kalo boleh tao,.. ada yg bisa menggambarkan modal awal kira2 buat kerja di sono,..?

oya,.. bisa tau agen yang afdol buat masalah ginian,... kalo blajar s2 lagi di sono, gw gak terlalu berminat,.. apakah jadi student itu satu2nya entry buat kerja di sono?

ada yg pernah punya pengalaman yg serupa kayak gini gak ya,.. bagi2 pengalamannya donk biar bisa sampe di sono..

thx bngt,.. i appreciate any reply

====================================

by niceboyjpn
Sdr awenk2000..
Gw nda tau berhubungan dgn agen pemasok kerja, jadi gw nda tau gimana cara kerja mereka. Yang penting : status kamu jelas di Jepang..Tanya secara mendetail sebelum deal ama mereka..

Setau gw, agen itu biasanya cari orang utk pekerja di pabrik...yah istilahnya kerja "kasar" lah, jadi operator mesin, operator produksi..(correct me if I am wrong)..Kalo memang anda diperkerjakan sebagai buruh, siapkah anda? Secara fisik dan mental ?Masalah gaji, sudah pasti kalo dirupiahkan akan keliatan "menggiurkan" (walaupun gaji yang anda terima sebenarnya jauh lebih besar lagi, yang anda terima itu gaji yang telah dipotong oleh agen anda). Jangan lupa, biaya hidup di sini juga besar, anda harus bener2 tau, berapa biaya yang harus anda bayar utk sewa rumah, bayar listrik, air, asuransi kesehatan..dsb..dsb...Terus setelah itu anda kalkulasi, worthed ngga ?

Kalo dari tulisan anda, saya berkesimpulan, anda telah punya gelar paling tidak bachelor degree..apakah tidak sayang jika anda punya gelar bachelor tapi bekerja sebagai buruh kasar?

Study bukan satu2nya jalan buat jalan ke Jepang..tapi kemampuan/capability anda..Beberapa teman saya punya pengalaman kerja di indo/manca negara, mereka bisa juga bekerja di Jepang (rata2 sbg engineer, maaf karena bidang saya adlh engineer saya tidak seberapa tau dengan bidang2 di luar engineer). Anda harus berpikir balik, seandainya anda jadi orang yang mencari tenaga kerja, apa nilai tambah yang anda harapkan jika and meng"hire" foreigner...Foreigner = orang yang mempunyai culture yang berbeda, bahasa yang berbeda. Kalo orang yang anda hire tidak mempunyai nilai tambah, buat apa menghire foreigner...lebih baik menghire local people...bener tidak ?

Kenapa study menjadi pintu masuk yang lebih safe? Karena status anda jelas...anda punya visa tinggal di Jepang..Ingat..orang Indo bukan orang Amerika...Orang Amerika bebas keluar masuk Jepang tanpa visa (selama 3 bulan) hanya dengan menunjukkan passport Amerika. Banyak orang2 dari China daratan, Vietnam, Bangladesh, berkedok "student visa" utk kerja di Jepang, jika ini yang jalan yang anda jalani, anda harus pandai2 memanage waktu dan financial anda..

Sorry, kayaknya jawaban saya mungkin tidak berkenan di hati anda atau tidak menjawab pertanyaan anda...tapi saya akan senang hati menerima komentar anda..

Thanks..

============================
by purrpurr

aduh teman2 yg di indo yg pengen kerja di jepang, bukannya gw gimana gitu,
tapi berpikirlah jernih dan bijaksana.
jepang tuh ga kaya di indo, yg lulusan sma minimal bisa bhs english, kalo ke supermarket minimal bisalah kasirnya layanin dg sedikit bhs english.
tapi di sini mau bos2 gede, manajer2 gede, sama sekali ga bisa bhs english.
Makanya, bahasa jepang SANGATLAH PENTING untuk survive di sini.
Kalo mau kerja di sini, KUASAI dulu BHS JEPANG sebelum ke sini.
Tapi ini bukan suatu jaminan kalo lu tuh pasti bisa dapat kerja di sini.

Terus terang, gw bisa kerja di sini karena koneksi dari bos jepang gw waktu gw kerja di jakarta dulu. kalo ga ada koneksi ini pun, gw rasa gw sekarang udah ada kembali ke jakarta.
jangankan kerjaan full time , kerja part time aja setengah mampus gw carinya walaupun gw udah lumayan fasih bhs jepang pada saat itu, hanya karena gw orang asing mereka tidak bisa terima gw. Gw malah pernah ditanya apakah gw islam apa ga (maaf). Tapi ini realitas. Masih banyak orang jepang yg pemikirannya masih kulot yg tidak bisa nerima orang asing bekerja di tempat dia.

Kalo ga mau kuasai bhs jepang tapi pengen kerja di jepang , cuman ada tiga cara :
1. kerja di kantor yg punya cabang di jepang (ga harus kantor jepang), tapi gw ga yakin lu pasti di transfer ke jepang. Walaupun lu kerja di prushan jepang jg belon tentu di transfer ke jepang... So pointnya, tergantung nasib lu deh.... nah kalo biasa kasus seperti ini dibiayai kantor buat kuasai bhs jepang nantinya di jepang.
2. daftar di agen buruh, tapi ini juga seperti gambling aja. soalnya biasanya buat daftar di agen, lu butuh biaya bbrp juta gitu untuk pendaftaran. tapi bisa2 aja ternyata itu hanya penipuan belaka. Gunakanlah agen yg bisa dipercaya.
3. cari koneksi dari indo yg punya toko/restoran di jepang yg mau memperkerjakan elo di jepang.

================================
by chibichan

sekedar cerita aja buat pertimbangan,didaerah tempatku sini banyak org asing terutama dr India,pakistan,vietnam dan china banyak yg ilegal dan banyak yg nggak beruntung cari kerja kl lihat ya kasihan krn dikeluarga suamiku kebetulan buka usaha perkebunan pas panen aja dipake cuma 2 bulan kl nggak ada kerjaan bersih-bersihin halaman ama taman, dan itupun ditampung utk tinggal dirumah yg udah lama modelnya kebetulan nggak ditempati,kl denger cerita mrk udah nggak dpt kerja 6bln bahkan lebih rata-rata sih nggak bisa bhs jepun bhs inggris aja yg bisa tp susah tuh cari kerja jd buruh tani mau juga kl lihat ya kasihan rt-rt masih muda ,jd nggak gampang cari kerja dijepang sini kebanyakan ilegal yg dipabrik kmrn suamiku cerita ada pemeriksaan utk org asing dr imigrasi di perusahaa tempat suami kerja padahal pagi buruh pabrik yg dr luar negri philipina,ind,china,vietnam kerja tp pas setelah mkn siang udah nggak ada krn mungkin udah pd tahu kl imigrasi mau dtg jd pada kabur.....aku yg suami org jepang aja dpt visa nggak gampang msh 1th diperpanjang tiap th kecuali kl udah tinggal dijepang 4-5th br dpt visa 3th dan 5th itupun syaratnya banyak juga apalagi yg dtg tanpa sponsor apa gampang?

=======================================
by Odette

Saya gak tau cefest. Tetapi soal TKI/trainee/kenshuushei di Jepang biasanya di salurkan oleh IMM. Lihat disini: http://www.imm.or.jp/index.html

Mereka bilang program magang, kenyataannya adalah jadi pekerja di pabrik2.
Ini salah satu cara pabrik Jepang mendapatkan tenaga kerja murah tanpa melanggar hukum (tepatnya memanfaatkan loop hole di sistem hukum Jepang).

Saya beberapa kali ngobrol2 sama temen2 trainee ini. Tipikalnya: kerja di pabrik, tinggal diasrama (gratis), gaji th pertama 80-90 K JPY, tahun kedua-ketiga 90-100 K JPY. Jam kerja sering harus lembur tanpa dibayar.
Perlindungan hukumnya lemah. Baru2 ini ada kasus trainee yang sakit dan perusahaannya nggak mau menanggung biaya berobat dan ingin memulangkannya tanpa bayar gaji terakhir dan pesangon. Akhirnya temen2 PPI dan KBRI turun tangan melobi. Silahkan baca di archive milis ppi-jepang.
Dulu2 pernah denger kasus kecelakaan kerja juga.

Kenapa banyak yang mau? Ya, karena cari kerja di Indonesia lebih susah.

Bagi yang skilled-labor misal yang lulusan universitas sini, alasan kenapa mau kerja disini juga macem2 yak? Tanya aja sama si niceboy tuh..

Temen saya barusan ini mau berhenti kerja dan pulang ke Jkt. Dia kerja udah sekitar 3 th di Tokyo-Yokohama. Lulusan Hitotsubashi. Saya tanya kenapa. Dia bilang kalau gak berniat menetap selamanya disini, rugi. Karena sistem kerja disini umumnya life-time oriented.

Jadi sebagai junior, gajinya pas (cukup iya, kaya nggak), mengikuti jenjang karir yang sangat mapan (artinya lama dan jangan berharap lompatan karir karena kita pinter), ... kalau udah senior nah baru gaji tinggi dan bisa mengharapkan pensiun yang gede.
Dia berhenti, uang kontribusi pensiun yg dia setor selama 3 th kerja cuma dibalikin 13% nya saja

Lain kalau kerja di perusahaan MNC. Temen saya yang lain (orang Jerman) internship di BIG FIVE aja udah dibayar 600 K JPY dan dia belum lulus serta gak bisa ngomong Jepang. Cuma rasanya rada2 rasis tuh recruitmentnya. Dalam arti kalo kamu bukan WN Eropa/USA, kamu ditreat as if Japanese (jadi harus jozuu banget tuh nihongo nya).

Kerja di perusahaan Jepang biasanya gak punya waktu buat socializing ya... selain sama temen2 kantor.. nomikai ! CMIIW niceboy.. ini kisah dari temen2 gw yg jadi kaishain... kl gw sih cuma kerja sama prof jadi TA.. cuma hahahihi aja sambil ngajar dan meriksa tugas. Makan juga ditraktir prof
Hehehehe... kalo yg kerja di MNC sini agak mending, lebih "manusiawi" (kecuali yg big five tadi, kerja sampe pagi, tp itu mah berlaku dimana2).

Ya sudah deh.. kepanjangan nih.. ntar dikira bikin matome pula :P

hope it helps.

salam,
odette
PERINGATAN dari KEDUBES JEPANG di JAKARTA

Spoiler for "my spoiler":
huhuh huh
gw pernah di undang ke jepang buat mamgang tentang ipv6 di SOI
ni webnya [url]www.soi.wide.ad.jp[/url]
selama 3 bulan ..
tp sayangnya bahasa inggris gw ngk lewat .,..
sedih deh gw,....

gmn biar pinter bhs inggris ?

[Ask]Ada yg tau ga syarat2 umum agar bs kerja di jepang?

Guys ada yg tau ga syarat2 umum agar bs kerja di jepang?
Mesti ada gelar S1 kah? Ato ga puny gelar jg gpp? Trs ad min IPK ga?
Mohon pencerahannya

Smile 

yg pasti harus pande bhs japan . .
ane jg kurang tau bnyak bro..di google ga ad emg requirementsnya?
yg pasri bisa bahasa jepang........ liat google ato yahoo aja broo
arigato gozaimazu.. hohohohoho
yg pasri bisa bahasa jepang........ liat google ato yahoo aja broo
arigato gozaimazu.. hohohohoho
syaratnya harus bisa dan mau membungkuk kan badan, gan...
dan jg kudu doyan sama JAV.. titip salam buat maria ozawa ya.. gan
jepang biaya hidup mahal masih mau aja ke sono? mau jadi pemain film? tapi boleh juga nih kalo ada info...

nouryoku shiken tuh

minimal level 2 kali ya. entah gw juga ngga ingat
Tergantung bro mau kerja apa..!!
Kl cm mau jd TKI ya kurasa ga perlu ijasah tinggi..
yang penting buat biaya daftar nya ada,,
kl bahasa biasanya belajarnya pas di pelatihan TKI nya..!!!
Ngobrol ttg kerja / magang di Jepangnya di mari saja ya...
temen ane diiket 'kontrak' selama 3 th oleh calo dr indonesia...
setelah kerja di jepang ternyata setelah tanya sana-sini visa nya gak sesuai dengan kontrak tadi...
apakah kontrak yg dilakukan itu sah apa ndak...?
saya baca di atas untuk SI non tehnik harus ikut BLK ya... BLK yg kayak gimana ya.....

cos ane pernah denger didikan BLK yg bakalan kejepang gak ada bedanya ama IPDN....
kalo s1 sastrajepang kira2 bisa gak ya magang disana?
Quote:Original Posted By 4ngs4u
saya baca di atas untuk SI non tehnik harus ikut BLK ya... BLK yg kayak gimana ya.....

cos ane pernah denger didikan BLK yg bakalan kejepang gak ada bedanya ama IPDN....


kalo yg gw liat sih kayak masuk asrama..( Lembang )
latihan fisik, mental, bahasa dll..sekilas sih kayak anak2 taruna, soalnya kalo lagi lari2 keliling pada di botakin semua.
ada yg gugur/gak lulus juga di BLK..
Quote:Original Posted By Swami_Brengsek
kalo yg gw liat sih kayak masuk asrama..( Lembang )
latihan fisik, mental, bahasa dll..sekilas sih kayak anak2 taruna, soalnya kalo lagi lari2 keliling pada di botakin semua.
ada yg gugur/gak lulus juga di BLK..


iya sich... sayangnya ane bidangnya bahasa inggris gan so mo ikut biar bisa kerja dijepang jadi setengah hati....
Hallo gua mau tanya nih, agak panjang tapi intinya mengenai gaji dan pajak di jepang.

Jadi gua mau coba ngelamar pekerjaan di Jepang dan gua mau tahu berapa gaji yg harus gua minta, mungkin ada yg tahu.
Gua nggak tahu bagaimana sistem gaji di Jepang, apakah ada standard khusus atau semuanya tergantung perusahaan dan lokasi.
Contohnya gaji di perusahaan automotiv biasanya lebih besar, dan gaji di Tokyo mungkin lebih besar dari kalau kita misalnya kerja di daerah pinggiran.

Jadi ini informasi tentang pekerjaanya:
Qualifikasi gua:
- Lulusan Master(S2) di bidang Mechatronik (belom lulus sih, tapi abis gini)
- Pengalaman kerja cuma part-time job selama gua kuliah (meskipun part-time tapi beberapa pengalaman kerja gua ada yg relevan dengan pekerjaan yg gua lamar)

Pekerjaan yg mau gua lamar:
Pekerjaan: Mechanical / Hardware / Software - Engineer
Bidang: Robotik, Automatisation, Image processing dll
Link: https://progres08.jposting.net/pgbos...ml?job_code=52
(Gua nggak masalah kalau link-nya mau disebar-sebarin, siapa tahu ada yg butuh kerjaan juga. Bisa saingan)

Perusahaan
Nama: Bosch
Bidang: Automotiv
Lokasi: 埼玉県東松山 (Saitama Prefecture)

Apakah masuk akal kalau gua minta 5 juta Yen / tahun (gaji pokok, bruto) untuk gaji?
Nilai itu gua ambil dari standard di Jerman (42.000 Euro). Untuk Bosch di Jerman sendiri standard gajinya lebih gede, sekitar 45 ribu - 48 ribu per tahun. Disini tapi pajak yg harus dibayar 40% dari gaji pokok.



2. Pertanyaan kedua gua soal pajak di Jepang
Untuk pekerjaan yg mau gua lamar diatas, kira2 berapa pajak yg gua harus bayar? dan pajak yg gua bayar itu untuk apa aja ?
Setiap perusahaan memang bisa beda2 tapi pada umumnya apa aja yg dijamin dari pajak gua bayar ?
Nggak perlu sampe detail, cukup total keseluruhan pajak berapa persen dari gaji pokok dan untuk apa.
Misalnya untuk:
- Asuransi sosial (untuk orang2 tua, tuna susila, anak2 terlantar dll)
- Asuransi kerja dan kesehatan
- Tunjangan hari tua (untuk yg ini kalau bisa tolong kasih tahu juga ya berapa persen dari gaji pokok)
- dll


Sorry ngerepotin.
Makasih banyak buat semua.
×