KASKUS

Quote:Original Posted By maseddykur

beberapa pemilik hiline pickup yg pernah ane ketemu dibengkel, bilangnya iya gan. timingnya masih mengandalkan timing gear seperti mesin daihatsu delta. kuat, minim perawatan, tapi berisik.

diganti bengkel khusus fuelpump diesel gandibanding ori yg sehat, agak susah jelasinnya. ini feed pumpnya emang dah rusak sejak ane beli ni mobil, ditambah pernah nyedot lumpur campur solar . tapi dibanding rocky temen yg masih ori, tetep enakan obahan sekarang ini. dulu debit solar disetel gede masih aja gak kuat nanjak gigi 3-4, padahal baru turun mesin dan baru ganti kopling set. diajak ngebut? jangan tanya, sama motor matic aja kadang kalah, mesin udah meraung2 tapi lelet, ujung2nya kepanasan mulu.
setelah feed pump dibetulin n ganti kepala pompa, sekarang bisa kejar2an sama L300 muatan kosong deh.... tanjakan pake gigi 4 libas... yah asal gak terlalu curam ya gan..
wah blom pernah pake rotax gan, tapi seharusnya gak bikin boros lah. dia kan intinya membantu pemompaan solar aja

wah amat sangat gelap om berapa f, kmaren gak sempet tanya krn keburu ada kerjaan lain. tau2 dah selesai terpasang dan mobil ngacir+asep cumi2 uhuk...uhukk....

mmm gak tau juga sih om knapa waktu itu berat banget, tapi mgkn krn ventilasi tangki solar kurang dan menyebabkan (agak) vakum, mgkn jd bikin berat yah sempet ganti pake filter set yg (katanya) ori eh jebol dan patah di dalemnya, langsung deh ngisep angin. klo sekarang sih gak berat, dah ganti filter set kode 001 lgsg beli dr dealer.

bangkai yg katanya ori masih om, mo ngambil bleedingnya yaaa.... gratis aja wis.... bengkelnya di pekanbaru om..

trims


whew.. skalian nih mumpung ada delta..
penasaran jg tuh.. partsnya masi gampang gak ya?
Daihatsu Delta.. baik yang 4 ban dan 6 ban?
lagi nyari2 truk harga miringg2 jg buat usaha.. ehehe..

mantepss euy.. jadi pengen modif jg nih.. kalo gak pake elsapek punya.. pake 4JB1.. mesti nabung nih.. gw blom ketemu toko penjual parts bospom yang murah..
*dah kebelet ngasepin mobil2 baru yang ngedim2 diblakang..

hohoho.. juauh bgt om..
iya.. baut bleeder cari yang ORI gak ada yang jual dah.. pake baut biasa gak bisa.. kurang presisi..
Quote:Original Posted By junialdi
Klo efek kayaknya ga ada gan selama semuanya OK2 aja, tapi kao disini daerah ane harga PU jauh lebih mahal dari minibus gan... soalnya yg PU banyak diincer perkebunan ama tambang ketimbang yg minibus...



far i know si
krn hiline PU non T-belt torsinya lebi bandal drpd T-belt
cmiww
oya gan klo hiline PU dicompare ma hardtop diesel, kira" lebi bandal yg mana y ?

*hardtop diesel kan bnyak jga disulap jdi PU *
Quote:Original Posted By calmday_onefive


far i know si
krn hiline PU non T-belt torsinya lebi bandal drpd T-belt
cmiww
oya gan klo hiline PU dicompare ma hardtop diesel, kira" lebi bandal yg mana y ?

*hardtop diesel kan bnyak jga disulap jdi PU *

y sebenrnya bukan dari T-gearnya yng buat torsi nya lebih gede... tpi di injektion pompnya beda.. injektion pomp type inline.... berlimpah di torsi....
karena plujernya ada 4 untuk menembak ke 4 injektor.. sedangkan yng system rotary hanya memiliki 1 plujer untuk di bagi ke 4 injektor...
untuk mesin delta.. dia memang masih menggunakan t-gear.. tpo pompnya sudah sistem rotary... (untuk tahun 90 keatas).. jdi untuk torsi bukan dri t-gearnya.. tpi dari pompnya.....

@mud.terrain: dulu sebenernya sempet ragu pas dibilang mo diganti kepala pompa L300, takut knapa2. tapi setelah tanya dan saran dari suhu mesin diesel alat berat, ternyata itu gpp, malah membantu "ngangkat" tenaga mesin taft. coba kirim PM deh gan, tanya/konsul lebih lanjut. tuh yang posting diatas ane

@bg1439as:
om, sebenernya plujer tuh bagian yg mana sih? klo di pompa tipe rotari, yg kaya tangkai ada kepalanya berbentuk piringan berlobang 4 ya? apa bedanya dgn plunger?

trims
Quote:Original Posted By bg1439as

y sebenrnya bukan dari T-gearnya yng buat torsi nya lebih gede... tpi di injektion pompnya beda.. injektion pomp type inline.... berlimpah di torsi....
karena plujernya ada 4 untuk menembak ke 4 injektor.. sedangkan yng system rotary hanya memiliki 1 plujer untuk di bagi ke 4 injektor...
untuk mesin delta.. dia memang masih menggunakan t-gear.. tpo pompnya sudah sistem rotary... (untuk tahun 90 keatas).. jdi untuk torsi bukan dri t-gearnya.. tpi dari pompnya.....



bro.. sebenernya bagusan rotary apa inline sih.. kok gw ngiri kadang tarikannya mitsubishi engkel/dobel yang lagi kebelet masi kuencengg gitu dari pada panther gw.. hahaha.. emang CC lebih gede, tp kan gw jg kosong, masak kalah ama begituan..

Quote:Original Posted By maseddykur
@mud.terrain: dulu sebenernya sempet ragu pas dibilang mo diganti kepala pompa L300, takut knapa2. tapi setelah tanya dan saran dari suhu mesin diesel alat berat, ternyata itu gpp, malah membantu "ngangkat" tenaga mesin taft. coba kirim PM deh gan, tanya/konsul lebih lanjut. tuh yang posting diatas ane

@bg1439as:
om, sebenernya plujer tuh bagian yg mana sih? klo di pompa tipe rotari, yg kaya tangkai ada kepalanya berbentuk piringan berlobang 4 ya? apa bedanya dgn plunger?

trims


hohoh.. nice info om..
idem nih.. ikut menunggu pencerahan..
antara plunger, rotorhead.. bedanya dimana aja..
soalnya pernah diskusi.. kok ada yang bilang sama, ada yang bilang beda, yang jual parts ditanya jual plunger harganya murah, ada yang jual rotorhead mahal, jadi emang agak rancu.. eheh..
Quote:Original Posted By maseddykur
@mud.terrain: dulu sebenernya sempet ragu pas dibilang mo diganti kepala pompa L300, takut knapa2. tapi setelah tanya dan saran dari suhu mesin diesel alat berat, ternyata itu gpp, malah membantu "ngangkat" tenaga mesin taft. coba kirim PM deh gan, tanya/konsul lebih lanjut. tuh yang posting diatas ane

trims


Potoin dong kayak apa kepala pompa L300,ane mau ngikut
Quote:Original Posted By Mud.Terrain


bro.. sebenernya bagusan rotary apa inline sih.. kok gw ngiri kadang tarikannya mitsubishi engkel/dobel yang lagi kebelet masi kuencengg gitu dari pada panther gw.. hahaha.. emang CC lebih gede, tp kan gw jg kosong, masak kalah ama begituan..



hohoh.. nice info om..
idem nih.. ikut menunggu pencerahan..
antara plunger, rotorhead.. bedanya dimana aja..
soalnya pernah diskusi.. kok ada yang bilang sama, ada yang bilang beda, yang jual parts ditanya jual plunger harganya murah, ada yang jual rotorhead mahal, jadi emang agak rancu.. eheh..


sama pingin tau juga, istilah2 di injector..... sekalian sama kan istilah... haha biasanya antar montir aja beda di sebutnyanya, blm lagi antar daerah... jadi bingung...


klw mesin DL41 yg inline sih, keliat jelas bentuk injectornya beda jauh dgn yg DL42 yg rotary.... yg inline bentuknya memanjang, yg rotary ngotak dgn head aga bulat.

DL41 yg inline injectornya pakai throttle flap a.k.a katup kupu2 di intakemanifoldnya... kaya intakenya boil bensin, ada katupnya dan ada kabel gas kesitu, yg rotary engga.

suara mesinya aja beda jauh, dri luar tampa buka engine bay mestinya uda kedenger beda suaranya.

truk/L300 sih kenceng tarikan awalnya, karna rationya memang rendah bwat ngangkut beban.. coba suruh geberan2 di tol hehehe

cmiiw
Halo agan semua salam kenal, saya berencana meminang taft dipake untuk harian, tapi sebelumnya mohon bimbingannya supaya gak salah pilih nantinya, thanks ya.
Quote:Original Posted By 789cz
Halo agan semua salam kenal, saya berencana meminang taft dipake untuk harian, tapi sebelumnya mohon bimbingannya supaya gak salah pilih nantinya, thanks ya.

yg penting maharnya gan....
harga taft skrg gila dan mulai ga masuk akal. ada harga ada barang deh...
newbie ijin gabung mas bro...
langsung mo curhat nih... seminggu yang lalu saya habis ngandangin GT lansiran 93. lagi seneng-senengnya punya GT, kemarin langsung kena musibah. ada korsleting di bagian socket kunci kontak yang sukses membakar kabel body GT saya.
rasanya bingung dan panik, mana asap langsung menuhin kabin sama mesin. alhamdulillah, dengan dibantu saudara saya akhirnya kabel dari accu langsung dicabut dan tidak membakar bagian lain, dan peristiwa tersebut sukses bikin lemes dengkul saya.
dan mengakhiri curhat saya, ijinkan saya bertanya. dimana saya bisa dapat kabel body GT F70? dan berapa harganya?
kasihan GT saya sekarang kehujanan dihalaman, mau ndorong gak kuat
mohon infonya dari para sesepuh dan master sekalian, oh ya... posisi saya di Bantul Jogja. maturnuwun.
@black.cat
cb cr lgsg ke dealer suku cadang daihatsu ato astra.klopun gak ada,plg gak kan bs inden dulu.klo gak salah sih hampir 2 jt kynya.ato urut kabel ke tukang kabel mobil,minta urutkan ulang.diagramnya lihat di internet kynya masih ada.
Quote:Original Posted By maseddykur

yg penting maharnya gan....
harga taft skrg gila dan mulai ga masuk akal. ada harga ada barang deh...


bagian apa2 aja gan yang penting untuk dicek?
Quote:Original Posted By 789cz


bagian apa2 aja gan yang penting untuk dicek?


bener gan kata agan masedikur..ada harga ada bentuk..yang pasti cek selang pernafasan dibawa mesin ngebul apa gak, terus transmisi berdengung apa gak, terutama gigi 4..masuk 4L terus cek mental ke netral apa gak..itu aja yang utama gan..yang laen pengecekan standart aja, pengisian aki, kondisi aki dll..semoga dapet bagus gan..
@maseddykur :
siap mas... sementara mau coba urut kabel dulu. maturnuwun infonya.
Quote:Original Posted By ollybora


bener gan kata agan masedikur..ada harga ada bentuk..yang pasti cek selang pernafasan dibawa mesin ngebul apa gak, terus transmisi berdengung apa gak, terutama gigi 4..masuk 4L terus cek mental ke netral apa gak..itu aja yang utama gan..yang laen pengecekan standart aja, pengisian aki, kondisi aki dll..semoga dapet bagus gan..

Thanks gan atas masukannya, dan amin semoga dapet yg bagus.
nanya lagi om om sekalian..

ac gts ane ngadat..
switch dah on namun ngak ada angin yang nongol dari lobang dashboard..
kayaknya suplai listrik putus tuh
belum sempet buka kap karena dah malem, baru sempet buka panel box sekring buat liat sekring putus apa ngak, hasilnya ane ngak nemuin tulisan skring buat ac..
mohon analisa kira kira permasalahan dan solusi yang bisa ane lakukan besok...
rencana besok ane bakal DIY aja.. thanks

Merpati saja sampek Betah bertengger di atas nya...

Quote:Original Posted By eccasaekhu
nanya lagi om om sekalian..

ac gts ane ngadat..
switch dah on namun ngak ada angin yang nongol dari lobang dashboard..
kayaknya suplai listrik putus tuh
belum sempet buka kap karena dah malem, baru sempet buka panel box sekring buat liat sekring putus apa ngak, hasilnya ane ngak nemuin tulisan skring buat ac..
mohon analisa kira kira permasalahan dan solusi yang bisa ane lakukan besok...
rencana besok ane bakal DIY aja.. thanks



Mengapa ac mobil mati secara tiba-tiba, yang mungkin pernah atau sedang di temui dengan ac mobil anda.

Beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa ac mobil mati tiba-tiba adalah:

1. Kehabisan freon : Jika kehabisan freon karena terjadi bocor di sistem ac secara otomatis low pressure switch akan bekerja dan memutus arus listrik menuju magnetic clutch,sehingga kompressor berhenti berputar silakan lihat juga posting saya di penyebab ac mobil tidak dingin.
2. Motor Cooling fan mati : Jika motor cooling fan elektrik mati atau tidak berputar sehingga panas kondensor ac tidak dapat di buang,menyebabkan tekanan di kondensor naik atau suhu berlebihan memicu high pressure switch bekerja untuk memutus arus listrik ke magnetic clutch atau sensor temperatur kompressor bekerja dan memutus arus listrik ke magnetic clutch.
3. Silakan lihat artikel Ac mobil bisa di gunakan sebagai Indikator temperatur tinggi mesin
4. Field Coil Magnetic Clutch Putus :sudah jelas jika field coil magnetic clutch putus maka kompressor ac tidak berputar, yang berputar bersama putaran mesin hanya puli kompressor.
5. Sekring ac putus :sekring ac putus biasanya di sebabkan oleh konslet terjadi di dalam spull magnet atau field coil magnetic clutch dengan rumah gulungan atau konslet di antara gulungan sendiri sehingga arus listrik mengalir terlalu besar atau mungkin disebabkan sekering ac longgar silakan lihat di fungsi sekring mobil
6. Kompressor ac macet : kompressor ac macet biasa di sebabkan karena kekurangan oli kompressor atau kompressor sudah aus biasa nya di sertai kompressor bunyi kasar. Terkait kompressor ac mobil yang macet bisa juga di sebabkan oleh bearing puli kompressor rusak.
7. V-belt Putus : v-belt putus membuat puli kompressor ac tidak terhubung dengan putaran mesin dan biasanya juga di sertai beberapa komponen yang terhubung dengan v-belt tersebut juga tidak bekerja di antaranya alternator atau water pump

Sory Gue Copy Paste
Quote:Original Posted By Elsiriz


Mengapa ac mobil mati secara tiba-tiba, yang mungkin pernah atau sedang di temui dengan ac mobil anda.

Beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa ac mobil mati tiba-tiba adalah:

1. Kehabisan freon : Jika kehabisan freon karena terjadi bocor di sistem ac secara otomatis low pressure switch akan bekerja dan memutus arus listrik menuju magnetic clutch,sehingga kompressor berhenti berputar silakan lihat juga posting saya di penyebab ac mobil tidak dingin.
2. Motor Cooling fan mati : Jika motor cooling fan elektrik mati atau tidak berputar sehingga panas kondensor ac tidak dapat di buang,menyebabkan tekanan di kondensor naik atau suhu berlebihan memicu high pressure switch bekerja untuk memutus arus listrik ke magnetic clutch atau sensor temperatur kompressor bekerja dan memutus arus listrik ke magnetic clutch.
3. Silakan lihat artikel Ac mobil bisa di gunakan sebagai Indikator temperatur tinggi mesin
4. Field Coil Magnetic Clutch Putus :sudah jelas jika field coil magnetic clutch putus maka kompressor ac tidak berputar, yang berputar bersama putaran mesin hanya puli kompressor.
5. Sekring ac putus :sekring ac putus biasanya di sebabkan oleh konslet terjadi di dalam spull magnet atau field coil magnetic clutch dengan rumah gulungan atau konslet di antara gulungan sendiri sehingga arus listrik mengalir terlalu besar atau mungkin disebabkan sekering ac longgar silakan lihat di fungsi sekring mobil
6. Kompressor ac macet : kompressor ac macet biasa di sebabkan karena kekurangan oli kompressor atau kompressor sudah aus biasa nya di sertai kompressor bunyi kasar. Terkait kompressor ac mobil yang macet bisa juga di sebabkan oleh bearing puli kompressor rusak.
7. V-belt Putus : v-belt putus membuat puli kompressor ac tidak terhubung dengan putaran mesin dan biasanya juga di sertai beberapa komponen yang terhubung dengan v-belt tersebut juga tidak bekerja di antaranya alternator atau water pump

Sory Gue Copy Paste


ngak tau juga om padahal 3 jam sebelumnya pas dimatin fine fine aja..
pas tadi mo dihidupin.. switch di on kan trus ngak keluar apa apa dari kisi kisi di dashboard..
Quote:Original Posted By ZACH12


Potoin dong kayak apa kepala pompa L300,ane mau ngikut

hihihi iya om klo lagi buka kap mesin ya... skrg lg sibuk wirawiri pindahan rumah...

Quote:Original Posted By 789cz


bagian apa2 aja gan yang penting untuk dicek?

semua sih penting... tp utamakan mesin, persneling+transfer case, kaki2 dan sasis. klo bisa ajak mekanik yg terbiasa menangani diesel dan tes drive langsung gan, biar lebih akurat pendapatnya.

Quote:Original Posted By Elsiriz
Merpati saja sampek Betah bertengger di atas nya...


gamteng banget gan....

Quote:Original Posted By eccasaekhu


ngak tau juga om padahal 3 jam sebelumnya pas dimatin fine fine aja..
pas tadi mo dihidupin.. switch di on kan trus ngak keluar apa apa dari kisi kisi di dashboard..

itu kipas blower mati kynya. cek sekering yang berlabel CIG ato HEATER gan, lihat mana yg putus. klo putus di CIG, kemungkinan ada sirkuit ke radio ato pemantik rokok korslet. klo putus di HEATER, mgkn ada kabel aksesories yg korslet. tp klo gak ada yg putus, kemungkinan kabel kendor/lepas ato motor kipas mati.

trims....