perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Luhut Pede Kereta Cepat Operasi Medio 2023, Isu Biaya Bengkak Kelar



Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan yakin kereta cepat Jakarta-Bandung mulai beroperasi pada pertengahan 2023.

Ia mengungkapkan tes dinamis (dynamic test) akan dilakukan di sela penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia pada pertengahan November mendatang.

"Nanti tanggal 16 (November) ada dynamic test. Dari Bali akan dynamic test dan itu Juni-Juli tahun depan kita sudah comissioning," ujar Luhut seperti dikutip dari Antara, Jumat (28/10).

Luhut mengungkapkan operasional kereta cepat murni lantaran banyak masalah teknis. Awalnya, proyek ini ditargetkan beroperasi pada 2019 lalu.

Ia juga mengklaim masalah pembengkakan biaya (cost over run) telah selesai. Biaya proyek bengkak karena masalah teknis, salah satunya kerusakan tanah.

"Cost over run kita sudah selesaikan. Sebenarnya cost over banyak akibat kerusakan tanah, memang goyang. Ada tiga tunnel saya kira yang terganggu, tapi saya kira sekarang sudah selesai," ujarnya.


Purnawirawan jenderal ini juga mengomentari rencana kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan diperpanjang hingga Surabaya, Jawa Timur.

Lihat Juga :
Ia menilai proyek itu akan mendukung efisiensi transportasi Indonesia karena masyarakat bisa menempuh perjalanan Jakarta hingga Surabaya hanya dalam waktu empat jam lewat darat.

Kendati demikian, ia belum memastikan apakah Indonesia akan kembali menggandeng China untuk menggarap proyek tersebut.

"Ya nanti kita lihat saja, kalau kita sudah nyaman dengan ini (investor kereta cepat Jakarta-Bandung), ngapain ganti-ganti kan. Ganti istri juga kita nggak mau," katanya.

Lihat Juga :
Secara terpisah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut perencanaan kereta cepat Jakarta-Surabaya saat ini sedang disusun. Menurutnya, perencanaan itu tidak mungkin dilakukan tanpa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kita kawal benar kereta cepat ini. Konsep perencanaannya sedang dilaksanakan sama-sama, karena enggak mungkin tanpa PU kita jalani. Jadi, rencana itu Jakarta, Karawang, Bandung, Kertajati, Purwokerto terus Jogja, Solo, Madiun, Surabaya 4 jam," kata Budi dalam Seminar Nasional Sustainable Smart Transportation seperti dikutip Detik pada Kamis kemarin.

link

Isu Biaya Bengkak Kelar gan
s.c.a.
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan s.c.a. memberi reputasi
2
958
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
sudarmadji-oyeAvatar border
sudarmadji-oye
#14
loh gak jadi mangkrak?
biaya besar, sepi dll?

maszeeh lo pikir tol jagorawi dulu ruame? muacet?

gimana mau bicara ttg masa depan dg sekelompok orang yg kalo perang naik kuda dg senjata panah dan minum air kencing onta utk kesehatan?
Diubah oleh sudarmadji-oye 02-11-2022 04:27
valkyr9
accretia8
accretia8 dan valkyr9 memberi reputasi
2
Tutup