diaz420Avatar border
TS
diaz420
Tutorial Belanja Online Versi Ane Biar Gak Dikatain "GBLK!"


Hhhh...sh*t man! Ane sebetulnya gak mau bikin postingan marah-marah kayak gini. I mean...it's not my style. But on the other side, this is the perfect way to educate some IGNORANT FOOL kayak kasus-kasus orang yang marahin kurir usai belanja online dengan metode COD (Cash On Delivery). Sedikit cerita dulu tentang pengalaman Ane dalam berbelanja online, Ane pertama kali nyobain belanja online sekitar tahun 2018 lalu, sekitar 2 tahun sesudah Ane lulus sekolah dan mulai kerja. Karena masih awam, Ane nekat pake metode pembayaran COD di semua transaksi Ane. Sampai satu waktu, ada 1 barang Ane yang datang ke kosan (kebetulan waktu itu Ane kerja di luar kota), cuman waktu itu Ane masih belum pulang kerja plus tetangga kosan Ane lagi pada gak ada di tempat. Alhasil, si kurir pun terus-terusan nelpon Ane, bahkan Dia pun nunggu berjam-jam di depan kosan. Sesampainya di kosan, Ane malah dimarahin sama kurirnya dan Ane pun minta maaf. TAPI, di satu sisi Ane bersyukur banget sama si kurir. Karena Dia, Ane seenggaknya dapet sedikit edukasi mengenai tata cara berbelanja online yang baik dan benar, salah satunya adalah pembayaran via transfer Bank atau lewat minimarket.

Seiring waktu, Ane pun bisa dibilang puas dengan adanya metode belanja online ini. Tapi, dari semua pengalaman Ane belanja online, Ane cuma SATU KALI aja kena tipu pas belanja. Bahkan, satu kejadian tersebut bisa dibilang juga sebagai KESALAHAN PALING FATAL bagi Ane dalam berbelanja online. Satu, si penjual bilang kalo barang yang Ane beli dari Dia/Mereka ini adalah barang yang mesti dipesen dari luar negeri. Walaupun harga yang tercantum di situs online shop nya relatif murah, tapi Ane kena biaya ongkir tambahan selain ongkir dari seller ke Ane (yaitu pajak pengiriman dari luar negeri). Dua, pas Ane komplain, ternyata Ane sudah membuat kesalahan yang sangat-sangat-sangat fatal, yaitu GAK BACA DESKRIPSI DAN ULASAN BARANG. Disitulah si seller ngejelasin semua ketentuan pembeliannya, termasuk tambahan biaya ongkir dan semacamnya. TAPI, untungnya si seller itu baik banget. Walaupun Ane udah buka barangnya, Dia/Mereka (Seller) dengan tangan terbuka menerima barang tersebut dikembalikan.

Nah, di postingan ini, Ane bakalan ngasih beberapa tips yang sekiranya bisa dipraktekkan dalam berbelanja online. BTW, semua tips ini berdasarkan pengalaman pribadi Ane dan alangkah baiknya cara-cara seperti yang Ane lakukan ini bisa mengedukasi Agan & Sista sekalian. So, without wasting any time, let's get into it...

Spoiler for 1. Sesuaikan Transaksi dengan Tempat Tinggal:


Spoiler for 2. Selalu Cek Deskripsi & Ulasan Produk:


Spoiler for 3. Duit:


Spoiler for 4. Jangan Pernah Membesarkan Gengsi & Lifestyle:


Yap, itu tadi sedikit tips dan sharing pengalaman Ane seputar belanja online. Lebih kurangnya, kita diskusikan di kolom komentar. Traktir Ane dengan segelas cendol kalau kalian suka postingan ini, atau timpuk Ane pake bata kalau postingan ini kurang menarik. Thanks for coming and see you on the next post.

-Diaz-

Sumber : Pengalaman Pribadi & Google



Quote:
toinxx08
galigulagalu
sunshii32
sunshii32 dan 40 lainnya memberi reputasi
39
11K
280
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
saint90sAvatar border
saint90s
#20
sebetulnya tujuan marketplace bikin sistem COD itu buat memfasilitasi orang yang nggak familiar sama perbankan, terutama internet banking. intinya buat memperluas pasar.

tapi mungkin ada risiko bisnis yang kurang dimitigasi sama marketplace bahwa buyer yang nggak paham perbankan, berarti berisiko juga nggak paham atau nggak baca aturan main COD. kelompok yang literasinya kurang, istilahnya.

ane setuju sistem COD ini dihapus aja buat kenyamanan semua pihak. sebetulnya untuk solusi buat pelanggan yg ragu sama perbankan, bisa diarahkan buat bayar via minimarket. jadi mereka tetap bisa bayar cash, meskipun lewat minimarket yg 24 jam.
diaz420
jiresh
jiresh dan diaz420 memberi reputasi
2
Tutup