Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dr.acerAvatar border
TS
MOD
dr.acer
Konsultasi dengan dr. Acer - Part 1


Salam jumpa, kami sebagai representatif resmi dari Acer Indonesia akan membuka tempat "khusus" di forum Kaskus ini, untuk para agan/aganwati yang ingin berdiskusi tentang produk Acer yang dimiliki.

Perkenalkan, saya dr. Acer, sebagai perwakilan dari Acer Indonesia yang siap untuk membantu para agan/aganwati bila ingin berdiskusi.
santoso
gdprakoso341
mr.gandreng
mr.gandreng dan 24 lainnya memberi reputasi
21
802.2K
6K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
Keicar_loverAvatar border
Keicar_lover
#5077
Selamat malam Dokter Acer,

Saya pengguna Acer Nitro 5 AN515-52-73Y8 (Processor i7-8750H dengan GPU Nvidia GTX 1060), pemakaian sejak 31 Desember 2018. Ingin curhat selama sekitar satu tahun lebih pemakaian, laptop ini sudah 4 (empat) kali saya masukkan ke service center (ACSC Fatmawati) dengan kasus yang berbeda2. Dengan rincian:

  1. SSD bawaan defect dan akhirnya diganti (awalnya SATA, tapi diganti dengan NVME which is a lot better than the original one. Terima kasih Acer)
  2. Selanjutnya, Batere bawaan lemah sekali. Dari kondisi fully charged hanya mampu digunakan sekitar 1.5 jam, itupun pemakaian biasa saja (office & browsing). Juga mousepad nya terindikasi patah karena setiap diklik, terdengar suara "crack" yg cukup mengganggu (walaupun tidak mengganggu fungsi mousepad itu sendiri). Keduanya diganti dan unit normal kembali.
  3. Operating System bawaannya yang tertanam di SSD bricked dan minta di inject ulang. Cukup lumrah dan perbaikan cepat saja tdk sampai 3 hari.
  4. Ini yang terparah. Pada awalnya, saat maximum charged batere hanya menunjukkan level 80% saja. Dan ketika di plug, indikator lampu batere di sebelah charging port kedip2 warna orange. Awalnya saya hiraukan dikarenakan domisili saya yg cukup jauh dari ACSC terdekat (Saya tinggal di Singkawang dan ACSC terdekat ada di Pontianak), akan tetapi unit malah tidak bisa digunakan bila tdk di charge dan kadang ketika di plug pun, suka mati secara acak.
    Ketika saya pulang dari perantauan, unit saya masukkan kembali di ACSC Fatmawati untuk didiagnosa terlebih dahulu. Selang beberapa hari kemudian, dapat info bahwa Motherboard dan IC Batere + Charger harus diganti. Untungnya masih dicover full oleh warranty.


Dan saat ini masih ada satu masalah yang belum tertangani di unit saya, yaitu Thermal Throttling yang cukup signifikan. Ketika unit digunakan untuk main game terutama game AAA, temperatur bisa mencapai 97 - 98 C ketika dimonitor menggunakan aplikasi ThrottleStop. Imbasnya, karena proteksi PROCHOT nya aktif, maka FPS in-game sering sekali spiking dan stutter. FPS sebenarnya stabil (spt contohnya ketika main AC Odyssey di 1080p Ultra Setting, FPS stabil di 35 - 45 FPS dan bisa tiba2 drop mjd 10 FPS kemudian naik kembali). Untuk mitigasinya, saya sudah coba minta repaste ketika di ACSC Pontianak, namun sayang tdk ada perbedaan temperatur. Temperatur baru stabil ketika saya disable Turbo Boost bawaan Coffee Lake, baru lah anteng di sekitar 80 an C. Dengan konsekuensi performa laptop menurun cukup signifikan (rata2 kehilangan sekitar 10 FPS dibandingkan bila Turbo Boost aktif).

Mohon solusinya Dokter Acer, saya khawatir defect yang sebelum2nya dapat terjadi kembali dikarenakan temperatur prosesor yang kelewat tinggi ini. Apakah ada permasalahan yang sama di user Nitro 5 lainnya? Apakah bisa bila saya minta untuk diganti copper heatsink unit saya, or better, ganti unit sekalian saja. Saat ini Garansi masih berlaku sampai 31 Desember 2020 dan lumayan khawatir penyakit defect spt ini muncul kembali di kemudian hari setelah Garansi saya hangus.

Terima kasih sebelumnya,


Salam
0
Tutup