Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aviation.geekAvatar border
TS
aviation.geek
[LOUNGE] Sekolah Penerbangan/Sekolah Pilot di Indonesia - Part 2
emoticon-Hot NewsKopdar Lounge Penerbangan Kaskus, Sabtu 22 November 2014emoticon-Hot News

Click here for Latest news for all FS (updating...)

Quote:

Quote:


SANKSI BAGI YANG MELANGGAR RULES
========================================================

Quote:


Quote:




Quote:


Berikut ini adalah daftar Flying School (FS) yang terdapat di Indonesia. Terdapat juga beberapa FS dari luar negeri yang memiliki siswa-siswa asal Indonesia

Quote:



Quote:


Nah itu dia pertanyaan perangsang pertama emoticon-Big Grin kita dapat apa dengan join ke FS?
ya mau jadi pilot lah
Tau bos, tapi pilot yang mana dulu?
Lho memangnya pilot ada banyak macamnya ya?
mmm bukan begitu sih, tapi lebih tepatnya, dengan join ke FS, kita dapet lisensi apa nih?
ow yayayaya emoticon-Big Grin jelasin dong gan emoticon-Peace

Jadi, lisensi seorang pilot itu ada macam2nya. FYI, pada umumnya FS akan memberikan dua jenis lisensi ketika kita lulus, yaitu PPL (private pilot licence) dan atau CPL (commercial pilot licence). Lalu apa perbedaan antara keduanya?


Quote:

Quote:


Kalau tujuan kita mau jadi pilot buat hepi2 aja, terbang saat weekend, maka lisensi yang diperlukan hanyalah PPL. tapi kalau tujuan utamanya adalah menjadi pilot profesional dan terbang dengan maskapai, ya harus punya CPL. Ingat, CPL tidak bisa didapatkan tanpa sebelumnya meraih PPL dulu. Ibarat mau masuk SMA, mesti lulus SMP. Selain CPL, FS juga biasanya memberikan lisensi IR (instrumen rating). Ini biasanya satu paket dengan CPL.
Quote:


Penjelasan mengenai lisensi2 pilot TS kutip dari :
http://ilmuterbang.com/blog-mainmenu...-sekolah-pilot
BTW, TS berpesan kepada agan2 semua yang belum tahu, tapi suka sama dunia penerbangan, buat sering2 main ke situs di atas. Dijamin bikin makin pinter emoticon-thumbsup


Quote:

Setelah mengetahui daftar FS yang ada, maka pertanyaan berikutnya bagi para calon siswa ialah bagaimana cara mendaftar (enroll) ke FS? Pada umumnya enrollment tiap sekolah bisa jadi berbeda satu sama lain. Tetapi, terdapat garis besar dimana setiap FS memiliki kesamaan persyaratan untuk calon siswanya. Persyaratan utama itu antara lain : Medical Examination (Medex), English Proficiency, terakhir Psikotest dan atau Aptitude Test. Beberapa FS bahkan menambahkan lagi persyaratan lain seperti tes fisik (misalnya di STPI Curug), Tes NBO (misalnya di BIFA), atau bahkan wawancara (di STPI dan BIFA juga). Hal ini adalah normal mengingat persyaratan enrollment adalah hak prerogatif tiap FS.

Namun sebelum dibahas mengenai 3 persyaratan di atas, pastinya tiap FS memiliki persyaratan umum bagi calon siswa. Persyaratan tersebut antara lain :
1. Berusia minimal 17 atau 18 tahun
2. Lulus SMU atau sederajat
3. Tinggi minimal 165 atau 170 bagi lelaki dan 160 bagi perempuan

Untuk latar belakang usia, walaupun tidak dijelaskan batasan maksimumnya, namun beberapa FS seperti STPI dan BIFA memberikan batasan umur maksimal. Jenis kelamin bebas. Latar belakang jurusan ketika SMU biasanya juga bebas. Selama ini setahu TS hanya STPI Curug saja yang mengharuskan calon siswanya dari jurusan IPA. Untuk tinggi badan akan ditentukan ketika Medex. Sejauh ini tidak dijelaskan mengenai batasan berat badan, namun pada umumnya yang diminta adalah ideal, dan ini juga ditentukan ketika Medex.

Panduan menghitung berat badan yang ideal bisa dilihat disini :

http://old.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=466
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=1021

Panduan singkat menjadi penerbang bisa dilihat disini :
http://ilmuterbang.com/blog-mainmenu...-sekolah-pilot

Untuk Informasi persyaratan umum calon siswa ini silahkan dikonfirmasi kembali dengan FS masing2.

Diubah oleh aviation.geek 19-11-2014 06:22
dellesology
makola
makola dan dellesology memberi reputasi
2
550.6K
4.4K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
vanGiovaniAvatar border
vanGiovani
#4371
Selamat pagi, ane ingin berbagi sedikit pengalaman ane.

Perkenalkan nama ane Giovani, seorang laki-laki lulusan salah satu sekolah Pilot swasta di Indonesia yg memiliki base di Jawa dan Sumatera.
Ane lulus tahun 2017 bulan November kemarin. Ane seorang CPL IR Holder dengan 170an jam terbang tanpa memiliki Frozen ATPL dan rating lainnya. Hanya SEL (Single Engine Land) C172. Ane memulai sekolah Pilot begitu setelah lulus dari SMA, tanpa kuliah. Namun, saat ini ane tidak bekerja di Maskapai, melainkan di balik meja alias pekerja kantor.

Mungkin banyak yg bertanya-tanya kenapa? Akan ane coba ceritakan di bawah.

Ane terlahir dari keluarga yg cukup mampu, sampai akhirnya ekonomi keluarga ane goyang. Ane bertekad untuk masuk Sekolah Pilot saat ini meskipun dengan keadaan ekonomi yang kurang mumpuni. Pada akhirnya, orang tua ane harus menjual rumah ane satu-satunya untuk membiayai Sekolah Pilot tersebut, saat itu biaya pendidikan sebesar 720jt di luar uang hidup ane (Uang jajan dan kost)
Kenapa ane berani menagambil Sekolah Pilot pada saat itu? Karena saat itu untuk masuk maskapai masih tergolong mudah, apa lagi masuk ke maskapai "Singa"

Singkat cerita setelah selesai pendidikan, ane mencoba lamar ke berbagai Maskapai namun hasilnya adalah nihil.
Kenapa bisa? Pertama dari syarat yang tidak ane penuhi dan kedua kurangnya koneksi yang ane miliki.

Ada maskapai yang mengharuskan calonnya memiliki Frozen ATPL, memiliki Type Rating terlebih dahulu, memiliki nilai Bahasa Inggris Penerbangan dengan skor tertentu. Dan semua itu bayar alias keluar modal lagi. Ane sadar dengan kondisi saat ini dan tidak ingin merepotkan kedua orang tua ane.

Bahkan bila agan anak dari seorang Captain, tidak akan menjamin mudah masuk.
Sudah punya Type Rating sendiri? Tidak menjamin juga. Banyak teman ane yang sudah punya Type Rating sendiri dan masih belum bekerja, even itu anak Captain atau keluarga dari Penerbangan.

Sempat ane ingin melamar ke Maskapai Singa karena persyaratannya yang masih bisa ane cukupi. Seperti memiliki ATPL dan skor TOEIC di atas 700, dengan sistem Type Rating akan dibayarkan dan potong gaji. Ane jujur saat itu ingin dibantu lewat jalur belakang oleh seorang ang "Tinggi" di sana. Namun, ane urungkan niat tersebut setalah mengetahui bahwa kontraknya selama 18 Tahun.

Banyak teman ane yang "angkat alis" dengan keputusan ane untuk tidak melanjutkan ke sana. Kenapa? Agan tidak akan tau 18 tahun ke depan akan terjadi apa. Resiko nya terlalu besar menurut ane.

Dan pada akhirnya ane merantau ke Batu untuk bekerja di salah satu tempat wisata selama 1 tahun dan melanjutkan bekerja kantor di Jakarta saat ini.

Ane percaya bila Tuhan memiliki jalanNya sendiri untuk ane agar dapat mengudara kembali.
Tetap semangat dan berjuang untuk kawan-kawan, tetap berjuang dan berdoa. Ane percaya Tuhan memiliki jalan yang terbaik emoticon-thumbsup



Best Regards,
vanGiovani
Diubah oleh vanGiovani 23-08-2019 02:08
MeetArundhati
ivanarsyandi
danu5399
danu5399 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Tutup