Pencak Silat Kuntau Bangkui Dayak Ngaju, Kalimantan Tengah

Quote:Original Posted By Rian26cahyadi
kok gak ada silat asal kalimantan?

Pencak Silat Kuntau Bangkui Dayak Ngaju, Kalimantan Tengah

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui apakah ada pencak silat Dayak ? apa itu Kuntau Bangkui Dayak Ngaju ? Sejak kapan beladiri tersebut muncul ? Bukan hanya Indonesia yang umumnya mungkin tidak mengetahui hal tersebut, dizaman sekarang pun sebagian orang Kalimantan tidak mengetahui apa itu “Kuntau Bangkui”. Mungkin disini saya akan memperkenalkan apa itu Pencak Silat Dayak Ngaju yang bernama Kuntau Bangkui.
Suku Dayak Ngaju Kalimantan Tengah mempunyai pencak silat yang bernama Kuntau Bangkui. Dahulu umumnya Kuntau dan Bangkui terpisah, tetapi sekarang digenerasi penulis kedua silat tersebut sudah digabung menjadi Kuntau Bangkui. Pada zaman dahulu, setiap pemuda suku dayak Ngaju wajib mengusai ilmu beladiri, sebagai bekal untuk pergi berperang atau mengayau. Beladiri tersebut diwariskan secara turun temurun, baik keluarga ataupun belajar dari guru. Tetapi dizaman sekarang banyak dari generasi muda Dayak yang meninggalkan tradisi beladiri ini bahkan sudah tidak mengenal apa itu Kuntau Bangkui, hanya sebagian kecil yang masih mempertahankan tradisi ini, sebagai bekal untuk melindungi diri.
Sejarah Kuntau menurut lisan para orang tua/generasi tua merupakan pencak silat warisan nenek moyang orang Dayak dari zaman dahulu, gerakannya banyak mirip dengan beladiri dari dataran China karena asal usul suku Dayak berasal dari daerah dataran China, lebih tepatnya Yunan. Kuntau sering ditampilkan dalam upacara – upacara tertentu misalnya acara dipesta perkimpoian. Kuntau sendiri terdiri dari berbagai macam bentuk variasi jurus, bunga dan langkah, umumnya setiap guru tempat belajar pasti berbeda gerakan tapi persamaannya dapat dilihat dari langkah jurusnya. Proses belajar kuntau pun pada umumnya relatif lama, sulit dan harus mempunyai ketahanan fisik yang kuat. Proses terakhir dari belajar Kuntau ialah kita berada dalam suatu lingkaran, dan harus bisa menangkis serangan yang menggunakan Mandau, dan setelah tamat guru biasanya akan memberi “Minyak garak” semacam minyak yang jika dioleskan ketangan, gerakan tangan akan menjadi lebih lincah.
Bangkui adalah seni beladiri yang gerakannya diinspirasi dari gerakan hewan bangkui (sejenis monyet yang hidup dibelantara Kalimantan), gerakan bangkui banyak mempunyai gerakan mematikan lawan dengan sekali serangan, untuk itu Bangkui sangat berbahaya jika digunakan secara sembarangan. Bangkui sering digunakkan dengan tangan kosong, meski ada juga Bangkui yang menggunakan toya (tongkat), lebih cenderung menggunakan kelincahan anggota gerak badan (ekstremitas) dan cenderung menyerang musuh dari bawah.
Mungkin untuk sementara hanya ini yang bisa saya jelaskan mengenai Pencak silat Kuntau Bangkui, semoga bermanfaat.



ane cari" ini baru dapet gan soalnya SILAT ii tak terdaftar di IPSI