Quote:Original Posted By kustikus
oke gan mampir2 selalu yah banyak ilmu saling berbagi.


klo saya untuk Ayam umur 1 hari sampe 30 hari pakai pakan starter (pakan untuk anak ayam) yang mengandung protein 21 % - 23 % , banyak kok gan merk nya, kebetulan saya pakai BRAVO 511 kandungan proteinnya 23 %, biar ngejar cepat tumbuh bulu dlu, karena yang saya tahu ayam itu perkembangan nya Bulu dlu baru ke Daging. CMIIW setelah 30 hari pakan bisa dicampur kok dengan dedak dan jagung dengan syarat pencampuran antara pakan pabrik, dedak murni, dan jagung agan bisa kalkulasi dengan hasil minimal protein 18 %. nanti sy share ya bagaimana cara perhitungannya.

Spoiler for Pakan:


kalau pencegahan penyakit ayam kampung bisa agan browsing, karena tiap umur, berbeda resiko penyakitnya. Misal untuk ayam umur 1 - 5 saya beri antibiotik pencernaan, selain untuk memperkuat pencernaan sekaligus mencegah penyakit yang ditimbulkan pencernaan. biasanya penyakit pencernaan Berak darah dan Berak kapur. Selanjutnya bisa di lihat di sini
penyakit ayam

Kalau penetasan kebetulan saya baru di bidang pembesaran gan tapi waktu kuliah pernah ambil 2 sks, nnti saya cari bahannya dlu klo masih ada yah heheh








bagus itu gan, banyak model-model kandang yg bisa diterapkan, asal diatur kepadatannya aja. Beda dengan Ayam Ras yang membutuhkan 1 meter persegi untuk 10 Ekor, Ayam kampung bisa 13 - 15 ekor. CMIIW

Harga ayam kampung itu lebih stabil dibandingkan dengan ayam negeri gan, makanya banyak yang bilang piara ayam kampung sama dengan nabung hehe



Kendala yang biasa dihadapin untuk pemula biasanya apa gan ? rencana september nih, mau bangun kandang dri bambu bekas bongkaran rumah, kandang sepertinya 1x4 meter, kalo perhitungan agan berarti bisa 4x13 = 52 ekor ya ?

desain kandangnya gimana gan ? terus beli alat2 pemanasnya dimana tuh ? pake tenaga apa itu ? listrik ?


saya juga lebih suka ayam kampung ketimbang broiler, lebih manis , lebih seksi wekekek..