Thumbs up 

FAQ :
Quote:BEBERAPA PERTANYAAN MENDASAR TENTANG PLECI

1. Apakah burung pleci itu petarung ? bukan, pleci adalah burung koloni, yg hidupnya bergerombol seperti burung gereja, kita hanya bisa menjadikan burung semi fighter.

2. Apakah kacamata dan ekor menunjukkan jenis kelamin ? tebal dan tipis nya kacamata pleci, ekor berbentuk lancip, papak, huruf V tidak ada hubungan nya dengan jenis kelamin pleci.

3. Kenapa pleci saya masih cuit cuit aja, ngriwik aja ? pastikan jenis kelamin pleci, paling tidak 3 bln rawatan pleci sudah ngriwik, burung mapan minimal 1 th perawatan, tidak ada yg instan dalam merawat burung.

4. Bagaimana caranya biar pleci cepat ngalas, cepat ngeroll, cepat gacor, cepat buka paruh ? dengan perawatan rutin, stabil dan konsisten pasti pleci anda akan cepat jadi sesuai yg di harapkan.

5. Makanan apa yg bisa membuat pleci buka paruh ? tdk ada makanan khusus yg bisa mempercepat buka paruh, burung mapan minimal 1 th perawatan, EF sesuaikan dengan kharakter burung anda, jangan terpengaruh dengan omongan penjual, tepung ini bisa membuat gacor, minyak ini bisa mempercepat buka paruh, blom tentu hal tsb baik untuk burung kita, pada awal nya mungkin bagus, tapi efek nya di kemudian hari kita tidak tahu, terapkan aja hal yg kita percayai sendiri, tidak ada yg instan dalam merawat burung.

6. Bolehkah pleci saya kasih voer saja atau bubur bayi saja ? voer / bubur bayi / susu hanya untuk memudahkan kita , apabila kita tinggal pergi, di alam liar tidak ada yg namanya voer / bubur bayi / susu, dll . Burung pleci adalah pemakan buah, serangga dan nectar, jadi BUAH ADALAH WAJIB ada setiap hari, di samping tambahan EF hewani lainnya.

7. Bagaiman cara melatih mental pleci ? sering bawa jalan jalan pleci anda, cari suasana baru, ketemu dengan pleci lain, sering di latih , bawa ke pasar burung, bawa ke latberan, dll.

8. Kenapa pleci saya di rumah gacor, waktu di perjalanan bunyi aja, tetapi waktu di gantang di lomba burung , pleci saya cuma loncat loncat, didis aja ? pleci adalah burung koloni bukan petarung, biarpun pleci hebat, bunyi gacor, tapi kalau dekat dengan pleci lain pasti akan sama sama diam, hanya pleci yg terlatih akan mau berbunyi jika dekat dengan pleci lain. Untuk itu perlu sering di latih, dan yg perlu diperhatikan adalah, khusus pleci lomba , gantang jejer pleci setiap saat, supaya pleci terbiasa untuk bernyanyi dan akan membentuk sebuah koloni di rumah kita, akhirnya jika ada yg kita pisah atau di bawa ke perlombaan, burung itu akan bernyanyi di lapangan untuk mencari koloni nya.

9. Apakah pleci harus di kerodong ? di alam liar tidak ada kerodong, karena sudah kita pelihara di rumah, maka sebaik nya pleci di kerodong pada malam hari, fungsi kerodong untuk menahan dingin, anti nyamuk, dan yg terpenting anti tikus.

10. Bagaimana tentang pemberian madu ? madu boleh di berikan , tetapi jangan setiap hari, cukup 1x seminggu, boleh di berikan murni dalam cepuk atau oles di pisang.

11. Kenapa pleci saya tidak mau makan buah ? pasti pleci anda beri makanan yg manis, misal bubur bayi / susu / voer yg mengandung bahan manis, atau di kasih madu, sehingga pleci akan memilih yg lebih manis dari buah, dan tidak mau makan buah.

12. Kenapa pleci saya tidak mau makan voer, kroto / UH / UK, dll ? perlu latihan khusus supaya pleci mau makan EF tsb, berikan tiap hari dalam cepuk makan nya, lama lama pleci akan tahu bahwa itu adalah makanan nya, atau boleh di campur dulu dengan pleci lain yg sdh mau makan EF tsb.

13. Pleci saya bunyi ciirrr...ciirr...ciirrr... ? bunyi tsb bisa nada panggil bahaya atau pleci lagi birahi, tidak menandakan pleci itu betina, dll.

14. Bagaimana ciri pleci sudah berumur ? pleci bulu nya sudah kusam ( tapi bukan patokan juga, sudah lama makan voer bisa membuat kusam bulu ), lihata aja kakinya sudah ada sisik tebal atau blom, kukunya panjang atau tidak, dll.

15. Pleci perlu di mandikan atau tidak ? pleci adalah burung yg suka mandi, kasih cepuk besar, kalau mau mandi pasti mandi juga, apalagi kalau lihat taman nya mandi, kalau perlu boleh di semprot dikit.

16. Berapa ekor ideal nya pelihara pleci ? pleci adalah burung koloni, jadi pelihara pleci minim 3 ekor, apalagi kalau buat perlombaan, minim harus pelihara 5 ekor untuk membentuk koloni.

17. Kenapa pleci saya mabung nya tidak cepat selesai ? pleci mabung apalagi kalau nyulam bisa sampai 5 bulan lebih, kalau mau cepat, harus full kerodong, akasih EF hewani yg banyak, dll.

18. Bagaimana perawatan pleci mabung ? full kerodong, full gizi, saat nya pemasteran, tidak mandi semprot ( biar mandi sendiri ) , tidak jemur.

19. Apakah pleci bisa di master suara burung lain ? pleci adalah burung pintar bisa dimaster suara burung lain, boleh dengan burung asli atau dengan mesin, pemasteran harus senantiasa di perdengarkan, ideal nya pemasteran mulai malam sampai pagi hari, dan pagi hari sampai sore.

20. Apakah vitamin perlu di berikan ? vitamin boleh di berikan seminggu sekali, atau saat membutuhkan, mis : saat cuaca buruk, saat burung kelihatan sakit, vitamin bebas beli di kios burung, boleh campur vitamin + madu + air sedikit dalam cepuk kecil.

Itulah berbagai pertanyaan mendasar tentang perawatan burung pleci, semoga bisa membantu para pleman yg lagi galau dalam merawat burung pleci nya.
*sumber dari files PCMI chapter Garut


KOLEKSI