Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

heavenlinggaAvatar border
TS
heavenlingga
DPR Ungkap Perkembangan Rupiah Digital


Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin mengungkapkan perkembangan rupiah digital yang tengah melalui berbagai proses. (Foto: Puteri Komarudin)

Bro, Puteri Komarudin dari Komisi XI DPR RI ngasih update soal rupiah digital yang lagi ngejalani proses gitu. Dan gak cuma Indo, negara lain juga udah mulai nerapin mata uang digital alias Central Bank Digital Currency (CBDC).

Ini dia cerita Puteri pas lagi ikutan Kunjungan Kerja Komisi IX Bersama LPS ke Bank Sentral Spanyol, Selasa (7/5/2024).

“Awal Maret kemarin, Bank Indonesia juga masih dalam tahap memilih teknologi yang akan digunakan buat implementasi rupiah digital dan memfinalisasi proof of concept tahap pertama,” kata Puteri di keterangan resminya, Senin (13/5/2024).

Selain itu, Politisi Fraksi Golkar ini bilang, Bank Indonesia juga masih ngerjain piloting dan simulasi buat ngerjain penerapan rupiah digital secara internal.

Kerja sama antarbank sentral

Nah, buat bisa bikin rupiah digital jadi nyata, Puteri bilang harus ada kerja sama antarbank di berbagai negara buat ngeksplorasi perkembangan mata uang digital. Salah satunya sama Bank Sentral Spanyol.

Bank Sentral Spanyol lagi nyoba uji coba (pilot project) bikin mata uang euro digital. Udah sejak awal tahun ini, Bank Sentral Spanyol lagi simulasi sama Cecabank, Abanca, dan Adhara Blockchain buat liat manfaat dan kelayakan euro digital di sektor perbankan.

“Artinya, kita punya fokus yang sama buat ngecek potensi pengembangan CBDC di negara masing-masing, termasuk Indonesia sama Spanyol,” kata Puteri di keterangan resminya, Senin (13/5/2024).

Buat info, Bank Sentral Spanyol lagi uji coba (pilot project) pengembangan mata uang euro digital. Sejak awal tahun ini, Bank Sentral Spanyol lagi simulasi sama Cecabank, Abanca, dan Adhara Blockchain buat liat manfaat dan kelayakan euro digital di sektor perbankan.

Bank Sentral Spanyol

Politisi Fraksi Golkar ini juga tanya soal hasil uji coba pengembangan euro digital yang lagi dikerjain Bank Sentral Spanyol.

“Setelah 4 bulan, hasil evaluasi dan tantangan Bank Sentral Spanyol apa aja sih terkait percobaan ini. Terus, kapan nih waktu yang pas buat menerapkan CBDC sepenuhnya di Spanyol. Soalnya, Gubernur Bank Sentral Spanyol bilang euro digital belum penting banget bulan November lalu, tapi proyek ini tetep perlu dilanjutkan,” jelas Puteri.

Puteri juga bilang bank sentral harus kaji dan analisis rencana pengembangan mata uang digital dengan hati-hati dan komprehensif.



“Buat itu, kita pengen pertukaran informasi soal hasil pengujian, modeling, dan simulasi. Biar kita bisa tau potensi dampak maupun risiko dari penerbitan CBDC ini buat stabilitas keuangan, moneter, dan perekonomian kita,” kata Alumni Universitas Melbourne itu.




lordshuishui
viniest
viniest dan lordshuishui memberi reputasi
2
207
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan