shinsounAvatar border
TS
shinsoun
Zara Diduga Terpengaruh Buku Penulis Israel, Warganet: Oh Bacanya Beginian, Pantesan



Jakarta, Beritasatu.com - Camillia Laetitia Azzahra, atau dikenal Zara, anak mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas hijabnya. Spekulasi muncul bahwa keputusannya itu karena terpengaruh buku berjudul Sapiens karya penulis asal Israel, Yuval Noah Harari.

Zara mengunggah buku tersebut di akun Instagram pribadinya beberapa waktu lalu sebelum memutuskan melepas hijab. "Sedang belajar mencintai buku nonfiksi," tulis Zara dikutip Beritasatu.com, Senin (15/4/2024).


Unggahan itu menuai respons warganet yang menduuga buku itu memengaruhi Zara melepas hijab. Sejumlah warganet menyebut buku tersebut memberikan banyak informasi yang bertolak belakang dengan agama yang dianut Zara.

"Oh bacanya ginian, pantesan, ditunggu penampilan barumu ya," sindir netizen dengan akun Instagram @spontanuhuyyyy***.


"Ternyata habis baca buku ini, ya. Aku juga dulu pernah terombang-ambing pikirannya setelah baca buku-buku genre ini. Semoga selamat ya," harap pemilik akun Instagram @nickuyy***.

"Hati-hati baca buku itu," saran pemilik akun Instagram @syyar***.

Zara sebelumnya menyebut keputusannya melepas hijab bukan karena kesalahan orang tuanya mendidik anak. "Jangan menyalahkan orang tuaku. Mereka mendidik aku untuk menjadi perempuan yang cerdas, berkarakter, dan juga beragama. Ini semua adalah pilihanku sendiri," tulis Zara melalui Instagram story-nya @camilliazrm, dikutip Sabtu (13/4/2024).

Sapiens merupakan buku laris di dunia. Beberapa tokoh politik dan terkenal di dunia merekomendasikan buku itu untuk mengetahui sejarah manusia. Sapiens telah memenangkan berbagai penghargaan internasional, di antaranya menjadi best seller dalam kategori buku sejarah dunia (non-fiksi), best seller versi majalah New York Times, hingga memenangkan award pada even Wenjin Book Award di Tiongkok 2015.


Buku ini mendapat pujian karena menceritakan perilaku dan pendekatan historis dalam kajian ilmiah. Selain itu, penjelasan tiga revolusi penting yang dianggap membentuk jalannya sejarah dunia. Namun, buku tersebut dikritik karena menganulir keberadaan agama. Bagi Yuval Noah Harari, agama dibangun di atas mitos. Maksud mitos bagi Yuval adalah narasi yang tak memiliki rujukan pada objek materiel yang riil.

Sumber: https://www.beritasatu.com/lifestyle...n-pantesan/amp

mnotorious19150
maroonia
aloha.duarr
aloha.duarr dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan