mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
KKB Bunuh Kepala Kampung di Pegunungan Bintang karena Dianggap Mata-mata Aparat

KKB membunuh Kepala Kampung Modusit karena menganggap korban menjadi mata-mata aparat menumpas kelompoknya di sana.

JAYAPURA, KOMPAS — Kelompok kriminal bersenjata atau KKB membunuh seorang kepala kampung karena dicurigai sebagai mata-mata aparat di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan. Kasus ini semakin memperlihatkan teror KKB ditujukkan kepada semua pihak, termasuk warga asli Papua.

Kepala Satuan Tugas Humas Damai Cartenz Ajun Komisaris Besar Bayu Suseno mengatakan, KKB membunuh Timo Kasipmabin (45), Kepala Kampung Modusit, Distrik Serambakon, pada Senin (8/4/2024) malam.

”Modus pembunuhan itu, KKB mencurigai korban sebagai mata-mata yang membantu aparat keamanan dalam menumpas lima anggota KKB di wilayah tersebut sepanjang tahun 2024” ujar Bayu dalam keterangannya, Selasa (9/4/2024).
Bayu mengungkapkan, pembunuhan terhadap kepala kampung yang juga bertugas sebagai anggota satuan polisi pamong praja tersebut dilakukan oleh KKB pimpinan Ananias Ati Mimin.


Dua anggota KKB di Papua Tengah.

Di sisi lain, dia mengatakan, kepala kampung tersebut bukan mata-mata aparat keamanan. ”Kami tegaskan bahwa korban sama sekali bukan mata-mata aparat. KKB mencari-cari alasan agar bisa membunuh sesuka hati. Saat ini, aparat masih berjaga untuk meningkatkan keamanan di Pegunungan Bintang,” tutur Bayu.

Sementara itu, juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom, mengakui serangan tersebut dari kelompoknya. Dia menyebut, ini sebagai peringatan kepada warga asli Papua yang menjadi mata-mata atau pemberi informasi kepada aparat.

Terus bertambah
Bayu menuturkan, kejadian ini menunjukkan teror KKB bisa ditujukkan kepada semua pihak, termasuk kepada warga asli Papua. Bahkan, terbaru pada Selasa siang, KKB juga menembak dua warga sipil di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

”Korban bernama Pampang mengalami luka tembak pada bagian kepala sebelah kanan dan saat ini dalam kondisi kritis di RSUD Ilaga. Sementara satu warga asli Papua bernama Nortinus mengalami luka akibat rekoset peluru pada pinggang sebelah kiri dan kondisinya stabil setelah mendapatkan perawatan medis di RSUD Ilaga,” ucap Bayu.

Selain itu, pada Senin (8/4/2024), KKB juga menyerang kawasan publik di Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah. Serangan tersebut menyebabkan Nando Duwitau (12) tewas, sedangkan Nopina Duwitau (6) terluka di tangan sebelah kiri.


Satu dari dua anak yang tertembak akibat serangan KKB di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Senin (8/4/2024).

Adapun beberapa hari sebelumnya, Satgas Damai Cartenz juga melaporkan, serangan KKB menyebabkan dua warga sipil tewas di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Modus pembunuhan KKB mencurigai korban sebagai mata-mata yang membantu aparat keamanan dalam menumpas lima anggota KKB di wilayah tersebut sepanjang tahun 2024.

”Teror yang dilakukan oleh KKB kelompok Elkius Kobak dan Yotam Bugiangge yang berada di Yahukimo ini mengakibatkan dua warga sipil meninggal,” ujar Kepala Operasi Damai Cartenz Komisaris Besar Faizal Ramadhani.

Kejadian pertama terjadi pada Sabtu (30/3/2024). Saat itu, teror KKB menewaskan Jhonsep Salempang (23), warga pengantar air galon di Kompleks Bandara Nop Goliat Dekai.

Selanjutnya, pada Kamis (4/4/2024), KKB juga melancarkan aksi teror di Yahukimo. Seorang ASN, Yosep Pulung (55), tewas akibat teror KKB yang dilakukan di depan sekolah dasar di Distrik Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo.

https://www.kompas.id/baca/nusantara...ta-mata-aparat




Kepala Kampung di Pegunungan Bintang Papua Tewas Dibunuh KKB


Ilustrasi Pasukan TNI saat mengejar anggota KKB. (Foto: Puspen TNI)
FAJAR.CO.ID, PAPUA -- Kepala Kampung bernama Timo Kasitmabin di Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, tewas dibunuh oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz, Kombes Faizal Ramadani, membenarkan kejadian tersebut, Selasa (9/4).

Faizal menyatakan bahwa personel gabungan sudah dalam perjalanan menuju lokasi kejadian. Namun, ia belum dapat memberikan kronologi lebih lanjut karena personel masih dalam perjalanan.

Menurut Faizal, korban diduga merupakan seorang intelejen. Dia juga menduga bahwa pelaku pembunuhan berasal dari KKB pimpinan Bintang Timur.

"Kronologi nanti anggota tiba di lokasi dahulu. Yang jelas korban diduga sebagai intelejen," jelasnya, dikutip dari JPNN.

"Ya dugaan kuat dari KKB pimpinan Ananias Ati Mimin, mengingat daerah Serambakon basisnya," bebernya. (*)

https://fajar.co.id/2024/04/09/kepal...s-dibunuh-kkb/


Serangan OPM Tewaskan Satpol PP di Pegunungan Bintang Papua

Serangan KKB tewaskan warga sipil di Pegunungan Bintang, Selasa (9/4/2024). Foto: Dok. Istimewa

Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali melancarkan teror dalam 2 hari berturut-turut. Serangan pertama dilancarkan Senin (8/4), yang mengakibatkan tewasnya seorang Satpol PP, Timotius Kasipmabin, di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

"Almarhum Timotius Kasipmabin merupakan anggota Satpol PP Kab. Pegunungan Bintang, dan merupakan anak Kepala Suku dari Marcel Kasilmabin," kata Kepala Penerangan Kogabwilhan III, Kolonel Nyoman Suriastawa lewat keterangan tertulisnya, Selasa (9/4).
Timotius tewas sekitar pukul 21.00 WIT, di Kampung Mosit, Distrik Serambakon. TNI menduga, pelakunya adalah OPM dari Kodap XXXV Bintang Timur.
Sehari berselang, OPM diduga kembali meneror warga sipil di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. Serangan ini melukai 2 orang warga sipil, yakni Pampang dan Nortinus Tabuni.
"Pampang, pendatang dari Toraja, mengalami luka tembak pada kepala bagian kanan dan saat ini kritis. Sementara Nortinus Tabuni, mengalami luka tembak pada bagian pinggang kiri dan masih sadar. Keduanya masih dalam penanganan medis di RSUD Ilaga," kata Nyoman.

TNI masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku tersebut. Mereka berada di lokasi kejadian, dan mencari petunjuk akurat ke mana kaburnya para pelaku teror itu.
"Aparat penegak hukum masih melaksanakan tindakan penyelidikan di masing-masing TKP guna didapatkan data akurat terkait kedua insiden yang mengganggu stabilitas keamanan di wilayah Papua," ujar Nyoman.
https://kumparan.com/kumparannews/se...ua-22VyNFCAmwh


alasan KKB bunuh sipil = intel
[/b]
kakekane.cell
kakekane.cell memberi reputasi
1
544
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan