Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GemaindAvatar border
TS
Gemaind
Panas! Demo di Kantor Gubernur Jateng, Mahasiswa-Polisi Saling Dorong


Semarang - Aksi unjuk rasa mahasiswa di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) berlangsung panas. Mahasiswa yang memaksa masuk ke halaman kantor gubernur terlibat saling dorong dengan polisi.

Pantauan detikJateng di depan Kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang, Senin (12/2), massa mahasiswa mulai berkumpul sekitar pukul 14.30 WIB. Mereka langsung menerobos kawat berduri dan berorasi di atas mobil tepat di depan pagar kantor gubernur.

Massa mahasiswa terlihat mengenakan jas almamater dari kampus Undip, Unnes, dan UIN Walisongo. Jumlah mahasiswa yang mengikuti aksi unjuk rasa itu diperkirakan mencapai seratusan orang.

Aksi sempat memanas karena mahasiswa memaksa masuk untuk menemui pejabat Pemprov Jateng atau DPRD di kantor tersebut. Aksi saling dorong pun terjadi antara mahasiswa dengan polisi yang mengamankan aksi tersebut.

Aksi saling dorong terjadi beberapa kali. Massa juga sempat membakar ban di depan barikade polisi. Saling sahut antara massa dan kepolisian melalui mobil komando pun terjadi.

Polisi meminta massa tak memprovokasi untuk melakukan kericuhan. Sedangkan pihak mahasiswa tetap meminta agar seluruh massa aksi diizinkan masuk.

"Tolong teman-teman mahasiswa jangan merusak aset negara. Ini namanya provokasi. Kalian mundur satu langkah, kami mundur lima langkah," kata polisi melalui pengeras suara.

Koordinator aksi, Akmal Sajid menyebut ada lima tuntutan dari massa mahasiswa. Pertama, mereka ingin pejabat Pemprov dan DPRD Jateng mendukung pemakzulan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pokoknya pejabat di dalam nanti, tuntutan yang saya bacakan, saya suruh mereka bacakan dan mengirim surat pemakzulan ke Jokowi," kata Akmal.

"Tuntutan ada lima. Pertama, pemakzulan kepada Jokowi. Kedua, hentikan represifitas aparat. Tegakkan supremasi hukum dan kedaulatan rakyat, wujudkan reformasi berkeadilan, dan wujudkan hak asasi mahasiswa," sambung dia.

Komen TS

Ayo.. adik-adik mahasiswa. Teruskan gerakan untuk memakzulkan Jokowi, mumpung dalam masa tenang. Aparat jelas nggak mungkin berani bertindak tegas terhadap kalian semua.

Kami umat Islam siap mendukung gerakan kalian semua. Ayo kaum agamis dan nasionalis bersatu untuk meruntuhkan pemerintahan yang terbukti dzalim terhadap umat Islam. Kalian semua akan tercatat dalam sejarah emas bangsa telah membela umat Islam yang terdzalimi oleh Mukidi selama ini.
Diubah oleh Gemaind 12-02-2024 10:29
news.bpln
pilpres912
pilpres912 dan news.bpln memberi reputasi
2
588
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan