harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Tertimpa Baliho Caleg, Pelajar di Kebumen Meninggal Dunia! Miris Gan!

Sumber Gambar

Seorang pelajar di Kebumen tewas tragis setelah tertimpa baliho caleg. Kejadian tersebut terjadi pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB di jalan nasional antara Karanganyar - Gombong, Desa Sidomulyo, Kecamatan Karanganyar, Kebumen. Korban yang berusia 18 tahun diketahui bernama SA, merupakan warga Desa Kedungwringin, Kecamatan Sempor.

Kecelakaan maut tersebut terjadi saat korban sedang mengendarai sepeda motor dengan kecepatan yang cukup tinggi. Saat melaju, tiba-tiba baliho caleg yang terpasang di pinggir jalan tertiup angin dan terhempas hingga menimpa motor yang dikendarai oleh korban. Akibatnya, korban tidak mampu menyeimbangkan motor dan terjatuh.

Saksi mata yang berada di lokasi kejadian menyebutkan bahwa baliho-baliho caleg yang terpasang di sepanjang jalan tersebut sangat meresahkan karena tidak beraturan dan beresiko bagi para pengendara motor. Keberadaannya sangat mengganggu dan dapat menimbulkan bahaya. Polres Kebumen sedang melakukan penyelidikan terkait insiden ini. Petugas masih mengumpulkan bukti dan meminta keterangan dari sejumlah saksi yang berada di lokasi kejadian.


Sumber Gambar

Kebumen kembali diguncang oleh peristiwa yang menyayat hati. Sebelumnya, seorang pencari kerang yang terseret gelombang laut di Pantai Karangbolong juga ditemukan meninggal dunia setelah dilakukan pencarian selama satu hari. Korban bernama Ahmad Saefulloh (23) asal Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kebumen. Kecelakaan tersebut terjadi karena terhempas gelombang pada hari Rabu.

Kejadian ini menjadi pengingat bagi kita semua akan pentingnya keamanan dan keteraturan baliho-baliho kampanye yang dipasang di pinggir jalan. Para pihak terkait, termasuk caleg dan partai politik, diharapkan dapat lebih memperhatikan tata cara pemasangan baliho agar tidak menimbulkan risiko bagi pengguna jalan, terutama pengendara sepeda motor yang rentan terkena dampaknya.


Kampanye pemilihan umum (Pemilu) memang merupakan momen penting bagi para calon anggota legislatif (caleg) untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat. Salah satu alat yang sering digunakan untuk memperlihatkan eksistensi caleg adalah baliho kampanye. Namun, dalam memasang baliho, terdapat aturan yang harus diperhatikan agar tidak melanggar ketentuan yang berlaku.


Sumber Gambar

Peletakan alat peraga kampanye (APK), termasuk baliho, diatur dalam Pasal 34 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum. Pasal tersebut menjelaskan bahwa APK kampanye meliputi reklame, spanduk, dan/atau umbul-umbul.

Selain itu, Pasal 36 ayat (5) dalam peraturan yang sama menyatakan bahwa pemasangan APK kampanye oleh pelaksana kampanye pemilu harus dilakukan dua hari setelah di-upload. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat keterbatasan waktu dalam memasang baliho kampanye. Dalam praktiknya, aturan ini bertujuan agar caleg dan partai politik dapat memperhatikan lokasi-lokasi yang diperbolehkan untuk pemasangan APK kampanye.

Namun, terdapat fenomena yang dapat mengundang pro-kontra terkait dengan baliho kampanye. Banyak baliho yang tidak mengindahkan unsur etika dan estetika. Baliho, spanduk, atau poster politik seringkali dibiarkan saling menumpuk dan tidak tertata dengan baik. Hal ini dapat memberikan kesan yang kurang baik bagi masyarakat.



Sumber Gambar

Dalam hal ini, tanggung jawab bagi pelaksana kampanye pemilu adalah untuk mematuhi aturan yang berlaku. Fasilitas zona pemasangan alat peraga kampanye harus dimanfaatkan dengan bijak dan bertanggung jawab. Tidak hanya itu, calon anggota legislatif juga perlu memberikan contoh yang baik dengan memastikan pemasangan baliho dilakukan secara tertib dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, penting juga bagi masyarakat untuk selalu waspada dan mengedepankan keselamatan saat berkendara. Kecepatan yang terlalu tinggi dan kurangnya kewaspadaan dapat berakibat fatal. Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman bagi semua pengguna jalan.


Sumber: Link Referensi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
samnkuku419
sayetet
krukov
krukov dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.5K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan