Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ReikoukiAvatar border
TS
Reikouki
7 Survei Terbaru Capres-Cawapres 2024, Siapa Unggul?
Jakarta, CNBC Indonesia - Debat kedua menjelang Pilpres 2024 atau yang pertama bagi para calon wakil presiden (cawapres) telah digelar Jumat (22/12/2023). Debat berlangsung panas seiring dengan adu argumentasi hingga saling serang antarcawapres.

Menurut hasil riset Continuum Indef, penampilan Gibran Rakabuming berhasil mencuri perhatian publik. Kontras dengan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang justru banyak mendapatkan sentimen negatif dari para warganet.

Pasangan Prabowo-Gibran mengantongi sentimen positif sebesar 77,69% dan sentimen negatif 22,31%.

Kemudian pasangan Ganjar-Mahfud mendapatkan sentimen positif 64,03% dan sentimen negatif 35,97%.

Kontras dengan pasangan Anies-Imin yang hanya mendapatkan sentimen positif 4,27%.


"Rendahnya sentimen positif dari Cak Imin, disebabkan karena netizen menilai performanya selama debat kurang, dan bisa jadi menurunkan elektabilitasnya dengan Anies," mengutip hasil riset Continuum Indef, Sabtu (23/12/2023).


Selengkapnya : https://www.cnbcindonesia.com/news/2...4-siapa-unggul

Gibran sentiment positif 77,69, Mahfud 64,03, Cak Imin 4,27 emoticon-Leh Uga

Jomplang banget ya antara Gibran dan Cak Imin Bedanya? Btw, kalau yg pnh belajar pemrograman python pasti paham betapa mudahnya membuat aplikasi untuk melakukan sentiment analysis di media sosial dan akurasinya lumayan mantap, jadi ane percaya sama INDEF emoticon-Malu (S)

Berita Serupa :

Pemenang Debat Versi INDEF: Gibran di X dan Mahfud di Youtube

Jakarta, CNBC Indonesia - Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) baru saja mengeluarkan hasil analisa terkait debat cawapres di Jakarta Convention Centre pada Jumat malam, (22/12/2023).
Hasil survei Continuum Indef diambil dari data sosial media dan media massa. INDEF memastikan data yang mereka gunakan terbebas dari buzzer.

Berdasarkan data yang dihimpun dari media sosial X atau yang dulu dikenal sebagai Twitter, debat cawapres semalam menghasilkan 23.424 pembicaraan oleh 17.125 pengguna.

Sementara berdasarkan profil data Youtube, komentar yang berasal dari kanal KPU dan Kompas sebanyak 61.857 dari 15.392 pengguna.

Di media sosial X, Gibran mendapatkan sentimen positif 77.69%. Diikuti oleh Mahfud dengan 64.03%, dan terakhir Muhaimin dengan hanya 4.27%.

Rendahnya sentimen positif dari Cak Imin disebabkan karena netizen menilai performanya selama debat kurang, dan bisa jadi menurunkan elektabilitasnya dengan Anies.

Dalam perbincangan warganet, Gibran banyak dipuji karena penampilanya dalam debat semalam. Semula Gibran diperkirakan akan kesusahan menghadapi Cawapres lainnya, tapi ternyata penampilannya sangat bagus dan menguasai materi.

Kemudian untuk Mahfud MD, warganet menilai dalam debat Mahfud benar-benar menunjukan pengalaman dan kapabilitasnya sebagai orang yang lama berkecimpung di pemerintah.

Sedangkan, untuk Cak Imin Netizen menilai penampilan Cak Imin kurang optimal. Dari penjelasan yang kurang jelas, hingga sering overtime ketika menyampaikannya.

Di dalam komentar sosial media Youtube, Mahfud tuai pujian setelah dinilai sukses di debat Cawapres. Mahfud mendapatkan sentimen positif tertinggi yaitu 71.4%. Diikuti oleh Gibran dengan 64.5%, dan terakhir Muhaimin dengan 46.7%.

Rendahnya sentimen positif dari Cak Imin ini selaras dengan temuan INDEF di twitter. Netizen menilai performanya selama debat kurang optimal.

Performa Cak Imin selama debat dinilai kurang dan banyak blunder. Netizen juga menilai Cak Imin seperti 'terbantai' selama debat. Ini selaras dengan apa yang INDEF temukan di twitter.

Namun di sisi lain netizen juga menyuarakan harapannya terhadap Cak Imin dan Anies agar dapat menjadi sosok pembawa perubahan bagi Indonesia.

Sedangkan untuk Gibran juga disebut sebagai Cawapres yang Keren dan Cerdas. Namun di sisi lain Gibran juga disorot sebagai sosok yang sombong dan beremosi tinggi saat beradu gagasan dengan calon lainnya. Pernyataan yang ingin menaikkan rasio pajak menjadi 23% juga disorot publik.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/news/2...fud-di-youtube



Diubah oleh Reikouki 24-12-2023 07:38
ushirota
samsol...
samsol... dan ushirota memberi reputasi
2
640
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan