Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Petrus sebut Budiman Sudjatmiko Manipulasi Sejarah Prabowo: 13 Aktivis Diculik Tuanmu
Peter Petrus sebut Budiman Sudjatmiko Manipulasi Sejarah Prabowo: 13 Aktivis Diculik Tuanmu Sekarang

Kompas.tv - 12 Desember 2023, 17:37 WIB



Petrus sebut Budiman Sudjatmiko Manipulasi Sejarah Prabowo: 13 Aktivis Diculik Tuanmu

Budiman Sudjatmiko saat ditemui awak media di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (1/3/2022). Budiman disebut mantan rekannya di PRD, Petrus Hariyanto sudah memanipulasi sebuah sejarah. Ada apa? (Sumber: Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra.)




JAKARTA, KOMPAS.TV- Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) sekaligus mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Rakyat Demokratis Peter (PRD) Petrus Hariyanto sebut Budiman Sudjatmiko sudah memanipulasi Sejarah soal Prabowo Subianto.

Sebab Budiman Sudjatmiko mengatakan calon presiden nomor urut 2 itu bukanlah pelaku kriminal pelanggaran HAM.

“Budiman Sudjatmiko telah memanipulasi sejarah Prabowo. Kalau Budiman membuka dokumen sidang dewan kehormatan perwira dan alasan-alasan yang diusulkan untuk Prabowo Subianto dipecat dari dinas ABRI, karena salah satunya dia melakukan tindak pidana dengan menghilangkan paksa aktivis. Anda telah memanipulasi sejarah Budiman,” ucap Petrus dalam wawancaranya kepada Jurnalis KompasTV, Thifal Solesa Waldi, Selasa (12/12/2023).

Petrus lebih lanjut pun mengingatkan Budiman soal nasib 13 aktivis yang menurutnya diculik oleh Prabowo Subianto.

Dimana 4 dari 13 aktivis adalah kawan seperjuangan Budiman Sudjatmiko dan juga dirinya.



“Saya ingin menyampaikan kepada sahabat saya selama bertahun-tahun di dalam sel penjara. Saya mengingatkan kepada Budiman Sudjatmiko masih ada empat kawanmu yang saat ini belum kembali,” ujar Petrus.

“Masih ada aktivis-aktivis lain yang juga belum kembali total ada 13 aktivis yang diculik oleh tuanmu sekarang ini.”

Lebih lanjut Petrus juga menyoroti pernyataan Budiman Sudjatmiko yang mengatakan apa yang dilakukan Prabowo adalah tugas negara.

“Dirimu menyatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Prabowo Subianto adalah tugas negara, artinya kamu menyatakan Prabowo dalam kasus penculikan tidak melakukan pelanggaran HAM,” kata Petrus.

“Artinya kamu menganulir keputusan negara yang menyatakan kasus penculikan adalah kasus pelanggaran HAM berat masa lalu. Negara juga telah meminta maaf walau ini dilakukan melalui proses yudisial dan tidak menutup kemungkinan adalah dilakukan secara hukum, berarti kamu menganulir keputusan Jokowi yang sekarang menjadi tuanmu juga.”

Sebelumnya Budiman Sudjatmiko menyatakan Prabowo Subianto bukanlah criminal HAM di depan para aktivis dan korban penculikan era 98, Senin (11/12).



“Tidak ada bukti secara hukum yang menyatakan beliau (Prabowo Subianto -red) adalah criminal. Beliau sudah jadi bagian dari demokrasi sejak 25 tahun lalu hingga sekarang,” tegas Budiman.

Bukan hanya itu, Budiman juga menegaskan jika Prabowo Subianto yang kini maju Pilpres 2024 menggandeng Gibran Rakabuming Raka tidak punya masalah secara politik.

Terbukti Prabowo Subianto sudah menjadi calon wakil presiden untuk Megawati Soekarnoputri pada Pilpres tahun 2009.

“Pak Prabowo pernah menjadi cawapres (pendamping) Megawati tahun 2009,” ujar Budiman yang tercatat sebagai aktivis 98.

“Artinya, pihak-pihak yang sekarang ini menjadi kompetitor kita dalam demokrasi juga pernah melakukan rekognisi, pengakuan bahwa tidak ada masalah dengan Prabowo secara politik.”



https://www.kompas.tv/nasional/46842...uanmu-sekarang





Diubah oleh dragonroar 18-12-2023 02:50
gmc.yukon
qavir
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
533
17
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan