auroraborealis.Avatar border
TS
auroraborealis.
QR Code Bisa Dimanfaatin Buat Penipuan, Wajib Waspada GanSis!


Halo, GanSis! Jumpa lagi sama ane di forum Hansip Hoax, nih! Ini kali kedua ane nulis dimari hehe. Buat yang belom kenal ane, salam kenal ye GanSis! 

Semenjak pandemi kemaren, semua transaksi tuh jadi serba cashlessya GanSis. Nah, biasanya selain menggunakan kartu debit atau kartu kredit, ada juga pilihan untuk menggunakan QR Code. Cuma, ternyata QR Code ini bisa dimanfaatkan sama mereka yang gak bertanggung jawab buat melakukan aksi penipuan, lho!

Biasanya nih, GanSis. Saat melakukan aksinya, para pelaku ini bakal bikin sebuah QR Code palsu, dan supaya dipercaya sama para korbannya, mereka bakal dengan sengaja menggunakan atau mencatut nama organisasi resmi, toko dan merk terkenal. Terus, mereka akan dengan sengaja taro QR Code palsu itu ditempel di suatu tempat, atau dibagikan lewat handphone, supaya gampang diakses sama korban-korbannya nanti.



Nah, seringkali korban gak sadar kalo mereka memindai QR Code palsu, dan udah pasti berujung pada kasus penipuan. Masih mending kalo penipuannya cuma soal pembayaran aja, ya. Ada lho oknum yang bikin QR Code yang ketika dipindai, itu bakal mengarah ke sebuah situs yang meminta korbannya buat ngisi data pribadi, atau membuat gadgetkorban terinfeksi malware berbahaya. Kalo sampai kejadian kayak gini, pelaku akan punya akses buat mencuri berbagai data pribadi korbannya, bahkan sampai membobol rekening korban! Duh, serem gak sih?

Terus, gimana caranya supaya kita bisa terhindar dari modus QR Code penipuan kayak gini? Sini, ane kasih tahu caranya, GanSis!

1. Teliti Saat Transaksi dengan QR Code 


Seperti yang udah dijabarkan di atas, emang kita harus selalu waspada kalau menggunakan QR Code. Cara berhati-hatinya gimana? Gampangnya gini, GanSis. Kalo GanSis adalah pihak pembeli, sebelum melakukan transaksi, dan saat memindai QR code, pastikan bahwa semua hal yang berkaitan dengan transaksi sudah sesuai. 

Kemudian, jika alamat situs yang ditampilkan atau namamerchant yang tertera tidak sesuai, misalnya menggunakan .net alih-alih .com, jangan dilanjutkan ya transaksinya! Langsung close atau tutup situsnya, supaya aman!

2. Gunakan Aplikasi Scanner yang Aman

Tips berikutnya adalah, gunakan aplikasi pindai atau scanner yang aman, GanSis. Hanya gunakan aplikasi bawaan dari handphone GanSis, atau unduh aplikasi scanner yang sudah tersedia di Google Play atau App Store, dengan rating yang baik.

Karena, biasanya aplikasi scanner yang aman akan memberikan notifikasi bagi penggunanya, jika situs yang hendak dikunjungi adalah situs berbahaya.



3. Selalu Update Sistem Keamanan Ponsel


Yang gak kalah penting ya, GanSis. Kita wajib buat selalu updatesistem keamanan ponsel kita. Jadi, kalo ada notifikasi update dari ponsel, jangan dianggurin! Soalnya, itu demi keamanan kita semua, lho.

Kenapa wajib update? Karena, sistem keamanan ponsel ini lah yang bakal jadi garda terdepan untuk mendeteksi malware yang masuk ke dalam ponsel kita. Biasanya, ponsel akan memberi tahu apakah aplikasi yang masuk di ponsel kita itu aman atau enggak. Kalo nggak aman, akan ada notifikasi yang langsung dikirim ke ponsel kita.

4. Manfaatkan Sistem QR Code Dinamis


Kalo GanSis belanja atau mau beli sesuatu, coba perhatiin deh. Kalo pihak penjual ngasih QR Code yang keluarnya dari mesin EDC, nah itu namanya QR Code dinamis. Jadi, tiap ada transaksi baru, pihak penjual bakal bikin QR Code baru pake mesin EDC, jadi nilai transaksi tiap customer akan berbeda dan customized

Dari sisi customer pun bakal lebih aman, karena gak perlu lagi masukin nominal secara manual pas lagi transaksi, dan rekening tujuan pun udah pasti sesuai sama pihak penjual. 

Jadi, sekarang semakin paham ya soal gimana caranya menghindari penipuan yang menggunakan QR Code? Butuh informasi lebih lengkap lagi? Boleh dong! Langsung main ke link ini aja ya, GanSis! Di sana ada informasi lengkap seputar penipuan yang menggunakan QR Code, terutama buat GanSis yang merupakan nasabah dari Bank BCA. 

Semoga kita semua selalu terhindar dari segala modus penipuan ya, GanSis! Waspadalah, waspadalah!








azhuramasda
djapodetabex
syafetri
syafetri dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.6K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan