taatpajakhebatAvatar border
TS
taatpajakhebat
Melihat Utang Luar Negeri Indonesia ke China


Jakarta, CNN Indonesia -- China menggelontorkan utang kepada negara-negara berkembang hingga US$1,1 triliun atau Rp17 ribu triliun alias Rp17 kuadriliun (asumsi kurs Rp15.715 per dolar AS) dalam dua dekade terakhir.

Utang tersebut dipakai mengongkosi pembangunan jalan, bandara, membuat kereta sampai pembangkit listrik oleh negara-negara berkembang di Amerika Latin hingga Asia Tenggara. Kucuran utang ini menjadikan China sebagai negara pemberi utang terbesar dunia.


Senin (6/11) lalu, AidData melaporkan ada 165 negara berkembang yang mendapat pinjaman China.

Lalu, 55 persen utang tersebut bakal jatuh tempo, di tengah perekonomian global yang penuh tantangan seperti tingginya suku bunga, melemahnya mata uang lokal, dan melambatnya pertumbuhan global.

Bank Indonesia (BI) mencatat utang ke China mencapai US$21,163 miliar per September 2023. Pada 2022, utang ke China mencapai US$20,225 miliar.

Jumlah itu turun dari 2021 yang mencapai US$20,86 miliar.

Sementara itu, negara yang memiliki utang terbanyak ke China, di antaranya, Pakistan sebesar US$27,4 miliar. Berdasarkan data IMF yang dikutip CNBC pada Februari lalu, 30 persen dari total utang luar negeri Pakistan berasa dari China.

Jumlah tersebut tiga kali lipat dari utang Pakistan kepada IMF dan lebih besar dari utang negara itu ke Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia.

Kemudian Angola sebesar US$22 miliar. Angola berutang kepada China termasuk US$14,5 miliar kepada China Development Bank (CBD) dan hampir US$5 miliar kepada Bank Ekspor-Impor China (EximBank).

Ada juga Ethiopia dengan utang sebesar US$7,4 miliar. Pihak berwenang Ethiopia mengatakan China mengizinkan negaranya untuk menangguhkan pembayaran utang untuk tahun fiskal yang berjalan hingga 7 Juli 2024.

Kemudian Kenya sebesar US$7,4 miliar. Pemerintahan Presiden baru Kenya William Ruto telah merilis dokumen pinjaman sebesar US$3 miliar terkait dengan jalur kereta api China yang kontroversial.

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...nesia-ke-china

China memang hebat

Salut dengan China

Be like China

Kadrun sinophobia pemuja barat BSH pildun ngisroil ke laut aja sono

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
BALI999
tengkorakmonyet
tengkorakmonyet dan BALI999 memberi reputasi
2
167
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan