masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Heboh Fenomena Etika Lalu Lintas Unik Orang Bandung, Jarang Bunyikan Klakson?
Fakta unik warga Bandung jarang bunyikan klakson meski dalam kondisi macet, kok bisa ya?


Sista dan agan, kalian pernah ngeliat ga sih fenomena unik yang jarang terjadi di jalan-jalan Bandung? Nah, ane mau cerita nih tentang fenomena yang satu ini. Katanya, orang-orang Bandung jarang banget pakai klakson saat berkendara. Beneran deh, ane kagum sama sikap mereka yang cuek aja tanpa perlu mengeluarkan bunyi klakson. Kayaknya mereka punya etika lalu lintas yang unik, ya!

Biasanya kan klakson itu digunakan untuk ngasih tanda atau ngingetin pengendara lain. Tapi orang-orang Bandung ini bisa berkendara tanpa bunyi klakson sama sekali, dan berbanding terbalik dengan kota-kota besar lain seperti Jakarta atau bahkan seperti negara India yang sudah khas banget dengan suara klakson. Mungkin karena mereka orang-orang Bandung ini lebih mengutamakan kesabaran dan penghormatan terhadap pengendara lain. Jadi nggak perlu pakai klakson buat nunjukin kesal atau marah.

Ada juga teori lain nih, mungkin karena di Bandung emang suasananya udah lebih adem, jadi pengendara jadi lebih santai dan nggak butuh klakson buat nunjukin keburu-buruan. Ane denger-denger sih, Bandung ini emang kota yang adem ayem dan tenang. Jadi nggak heran kalo pengendara di sini jarang pakai klakson.




Tapi, jangan salah sangka ya sista dan agan, orang-orang Bandung ini bukan berarti nggak ada klakson di mobil mereka, melainkan lebih nyaman untuk tidak membunyikan klakson saat berkendara kecuali di dalam keadaan tertentu saja.

Menurut TS sih ini juga disebabkan dengan karakter dari warga Bandung yang santai dan ramah ya GanSis. Sifat penyabar dan santun dipraktikkan di dalam segala aspek kehidupan sehari-hari termasuk sesederhana tidak ingin menggangu orang lain dengan bunyi klakson.

Viralnya fenomena pun ini membuat para konten kreator dari luar Bandung merasa penasaran GanSis. Tidak sedikit para konten kreator yang datang ke Bandung dan rela ikut berada di kemacetan hanya untuk membuktikan bahwa orang Bandung jarang pencet klakson. Dan benar, salah satu konten kreator Tik Tok dengan akun @arifrfq membuktikan sendiri bahwa di Bandung sangat jarang orang membunyikan klakson meskipun di lampu merah dan dalam keadaan macet.




Mungkin, hal ini bisa jadi contoh baik buat kita semua. Kita bisa belajar dari sikap orang-orang Bandung yang jarang pakai klakson. Kita bisa lebih mengutamakan kesabaran dan penghormatan terhadap pengendara lain. Daripada malah bikin macet dan bising dengan klakson yang berisik, kan?

Membahas tentang klakson TS pribadi adalah salah satu orang yang cukup sering merasa terganggu dengan bunyi klakson di tengah kemacetan, karena sebagaimana kita ketahui bahwa mau sekeras dan sesering apapun kita membunyikan klakson, tidak akan membuat kemacetan terurai atau membuat laju kendaraan lebih cepat, melainkan akan membuat kepala pusing karena polusi suara yang cumiakkan telinga kita dan mengganggu konsentrasi berkendara.

Jadi dengan sedikit fakta tersebut tentu kita bisa mengambil kesimpulan bahwa membunyikan klakson itu boleh, yaitu dengan syarat di kondisi dan keadaan tertentu seperti memberikan kode kepada pengendara lain, atau untuk meminimalisir resiko berkendara GanSis.

Nah, itulah cerita ane tentang fenomena unik orang Bandung yang jarang pakai klakson saat berkendara. Semoga cerita ini bisa jadi inspirasi buat kita semua, ya. Tetap santai dan tenang di jalan raya, sista dan agan! Happy driving!




Penulis:@masnukho©2023
Narasi
KGPT dan ulasan pribadi
Sumber gambar
1,2,3,4
Referensi
disini dan disini
Avnerhero
syaifudinseno
nurhuda008
nurhuda008 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
1.3K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan