Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ebenezer10Avatar border
TS
ebenezer10
Elektabilitas Prabowo-Gibran Melejit di Survei Populi Center, Ini Faktornya
Lembaga Populi Center mengungkap sejumlah faktor yang membuat elektabilitas bacapres dan bacawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melejit di angka 43,1 persen. Populi Center menyebut hasil survei menunjukkan adanya peningkatan dukungan dari milenial ke Prabowo-Gibran.

"Namun, ketika Prabowo-Gibran berpasangan, dukungan dari pemilih berusia 35 tahun meningkat menjadi 54,7 persen. Sedangkan dukungan terhadap pasangan Ganjar-Mahfud turun drastis menjadi 15,3 persen dan Anies-Muhaimin menjadi sebesar 19,1 persen," kata peneliti Populi Center Hartanto Rosojati memaparkan hasil survei di Populi Center, Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (9/11/2023).


Hartanto mengatakan survei menunjukkan dukungan pemilih di Jawa kepada Prabowo Subianto juga meningkat menjadi 31,7 persen. Hartanto menyebut angka itu semakin naik setelah Prabowo berpasangan dengan Gibran.


"Naiknya dukungan pemilih dari Jawa. Dukungan terhadap Prabowo dari pemilih Jawa pada September sebesar 31,7 persen, namun saat berpasangan dengan Gibran, dukungan dari pemilih Jawa sebesar 40 persen," ujarnya.

Tak hanya itu, Hartanto menyebut hasil survei menunjukkan Prabowo mendapat dukungan dari pemilih Protestan, Nahdlatul Ulama, hingga Muhammadiyah. Dia menyebut hasil persentasenya meningkat menjadi 40-50 persen.

"Mendapat dukungan pemilih Protestan. Dukungan pemilih Protestan untuk Prabowo pada September lalu hanya sebesar 29,2 persen, akan tetapi dukungan pemilih Protestan terhadap pasangan Prabowo-Gibran saat ini sebesar 46,3 persen," kata Hartanto.

"Dukungan dari pemilih NU dan Muhammadiyah. Dukungan pemilih yang berafiliasi dengan NU terhadap Prabowo meningkat dari 40,8 persen di bulan September menjadi 45,6 persen. Sementara itu, yang cukup signifikan berasal dari pemilih yang berafiliasi dengan Muhammadiyah, dari 38,9 persen di bulan September menjadi 57,9 persen di bulan November," imbuhnya.

Hartanto menyebut hasil survei Populi Center menunjukkan pemilih Jokowi mendukung Prabowo Gibran. Dukungannya mencapai 38,6 persen.

"Mendapat dukungan dari pemilih Jokowi. Di bulan September, dukungan terhadap Prabowo dari pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin pada 2019 sebesar 32 persen, namun pada survei kali ini dukungan pemilih tersebut terhadap pasangan Prabowo- Gibran sebesar 38,6 persen," ungkapnya.
Baca juga:
Survei Populi Center: Prabowo-Gibran Mungkin Menang 1 Putaran
Survei Populi Center

Seperti diketahui, Populi Center merilis survei terbaru, salah satunya terkait elektabilitas tiga pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024. Survei menunjukkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dibanding pasangan lainnya.

Survei dilakukan pada 29 Oktober hingga 5 November 2023 terhadap 1.200 responden. Survei dilakukan melalui tatap muka dengan aplikasi Populi Center.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling. Margin of error ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut elektabilitas 3 pasangan capres dan cawapres versi survei Populi Center:

-Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 43,1%
-Ganjar Pranowo-Mahfud Md 23%
-Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,3%

Belum memutuskan 10,0%
Menolak menjawab: 1,6%

Baca artikel detiknews, "Elektabilitas Prabowo-Gibran Melejit di Survei Populi Center, Ini Faktornya" selengkapnya https://news.detik.com/pemilu/d-7028...ini-faktornya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
pilotproject715
dragunov762mm
dragunov762mm dan pilotproject715 memberi reputasi
2
453
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan