bakpasAvatar border
TS
bakpas
Jokowi Ungkap 2 Juta Orang RI Berobat ke Luar Negeri, Habiskan Rp 100 T!
Jokowi Ungkap 2 Juta Orang RI Berobat ke Luar Negeri, Habiskan Rp 100 T!


Kondisi terkini Menko Luhut Binsar Pandjaitan setelah hampir sebulan dirawat di Singapura. Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan




Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan data mencengangkan. Menurutnya selama ini orang Indonesia rajin berobat ke luar negeri.

Bahkan, menurut Jokowi, hampir 2 juta orang yang pergi berobat ke luar negeri. Hal ini membuat arus modal keluar negeri dari Indonesia alias capital outflow.

Pasalnya, dari 2 juta orang yang berobat ke luar negeri, diperkirakan ada Rp 100 triliun uang yang ikut ke luar dan malah berputar di luar negeri.

"Seingat saya hampir 2 juta masyarakat kita kalau sakit itu pergi keluar, dan itu bawa uang ke luar, capital outflow. Hampir lebih dari Rp 100 triliun setiap tahun masyarakat kita bawa uang ke luar negeri hanya untuk berobat," ungkap Jokowi saat meresmikan groundbreaking pembangunan rumah sakit Mayapada Hospital Nusantara, disiarkan virtual, Rabu (1/11/2023).

Sejauh ini di ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, Jokowi mengatakan sudah ada dua rumah sakit yang dibangun. Mulai dari Rumah Sakit Abdi Waluyo dan Rumah Sakit Mayapada Hospital Nusantara.

Dia berharap dengan banyaknya fasilitas kesehatan berkualitas di IKN dapat mengurangi masyarakat yang pergi berobat ke luar negeri. Khususnya masyarakat yang berada di sekitar IKN dan kota-kota lain di sekitarnya.

"Dengan berkualitasnya fasilitas kesehatan di IKN, masyarakat di IKN dan kota lainnya di sekitarnya, sekali lagi tak perlu jauh-jauh ke luar negeri," kata Jokowi.

"Dengan berdirinya Mayapada Hospital hal tersebut seharusnya bisa dikurangi sebanyak-banyaknya," pungkasnya.


https://finance.detik.com/berita-eko...iskan-rp-100-t


Quote:


Kalo ngomong kagak dipikir, dia ngomong dunia sedang tidak baik2 saja & cerita leburan ke Ukraina & Russia, dpt apa dr sana cerita, masyarakat Indonesia disuruh mendengar cerita.... dan disuruh mendengar cerita kalo berobat ke rumah sehat, kasian luhut dah sakit sakitan masih ada di nyinyirin....
dragunov762mm
scorpiolama
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
406
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan