ace_01Avatar border
TS
ace_01
Kenapa Fuel Injection Nggak Sekenceng Karburator ya?


Gue sih karburator, lo?



Kalo ngelihat perkembangan otomotif yang ada sekarang, terutama di ranah roda dua tapi di luar teknologi listrik, fuel injection kayaknya udah jadi kewajiban deh?! Terbukti motor-motor yang masih pake bensin, mau motor sport atau matic, kebanyakan sekarang udah pakai fuel injection..

Tapi ya pengalaman gue pake motor nyokap Honda Beat keluaran terbaru, sama motor tetangga gue Honda Beat anjirlah gua lupa sih tahun berapa, pokoknya tuh orang punya Honda Beat yang masih pake karburatorlah.. Ntar gue tunjukin deh foto motor Beat-nya yang kayak gimana..



Punya tetangga gue yang model begini nih, cuman warnanya hitam




Itu feelnya menurut gue enakan Beat tetangga gue sih?! Terutama feelnya kerasa banget di RPM bawah.. Pernah gue pinjem tuh, buat beli ketoprak.. Kalo nembus jalanan macet yang dikit-dikit rem gas rem gas rem gas, itu enak cuy bantingan mesinnya.. Nggak begitu ngeden, tapi smooth ajaa... 

Sedangkan kalo Beat keluaran baru punya nyokap ya, yang pake rangka eSAF itu (WKWKWKKWKWKWK) ya kayak yang gue bilang di curcol curcol gue sebelumnya, berasa ada yang nahan, dan tarikannya nggak plong.. 

Menurut banyak brand fuel injection itu lebih irit bahan bakar.. Ini mungkin unpopular opinion, cuman buat gue, untuk apa irit bensin kalo nggak bisa full speed? Ya nggak sih??

Kan motor buat membawa kita dari satu titik ke titik yang lain, kenapa kalo bisa lebih cepet harus pake yang lebih lambat?

Kalo gue baca-baca soal teknologi fuel injection, sistem ini tuh punya sensor-sensor keren yang bisa ngecek apapun, mulai dari suhu udara sampe berapa kenceng mesin jalan. Dengan data-data itu, Fuel Injection sistemnya bisa mikirin seberapa banyak bensin yang mesti dikirim ke mesin.

Gimana untungnya? Nah, mesin jadi lebih irit bensin, gampang nyala (start), dan lu gak bakal sering-sering mampir bengkel buat servis. Katanya, mesin motor lu jadi lebih juara, dan lu bisa ngegas dengan lebih enak! 🏍💨😎




Beat yang kecepatannya kentang bener wkwkwk




Tapi kok gue nggak ngerasain itu ya?? Tuh motor berasa ketahan aja kalo pake motor fuel injection.. 

Di merk garpu tala sendiri ada yang namanya Blue Core.. Intinya mah mirip2 sih penjelasannya.. 

Kalo gue cuman yamaha freego temen gue yang blue core, itu ya nggak sepelan fuel injection si sayap bebek sih, cuman ya buat gue tetep berasa ketahan aja..

Jauh lebih plong motor pake karburator sih.. Mana seru lagi isi bensin sampe abis banget juga nggak masalah WKWKWKKW, coba fuel injection, bensin sisa 1 bar udah kudu melipir ke pertashop hahahha

Share dong gan pengalamannya lo pake motor fuel injection! Boleh matic, boleh motor sport atau big bike... Apakah ada yang ngerasain keresahan macem gue ini?

tiyoz
fathroni
m5y4ghbsxn226
m5y4ghbsxn226 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.8K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan