c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kenapa Smartphone LG, Sudah Tak Diproduksi Lagi?




Hi sobat kaskus,

Kalau agan mendengar kata LG, apa yang ada di pikiran agan? Pastinya kalau tak AC biasanya Televisi dari semua jenis. Tapi pernahkah berfikir bahwa LG pernah terjun ke dunia smartphone, sebelum pasukan BBK yang sangat luar biasa datang dan mampu memberikan efek kejut hingga dunia pun kini mengakui kualitas smartphone tersebut.

Pasukan dari China ini memang menggila, dari Oppo, Vivo, One Plus, Realme mereka saling bersaing walau satu grup. Sedangkan LG yang harus bersaing dengan Samsung, Sony, Google Pixel dan Apple, harus menelan pil pahit karena terus terang brand besar seperti Nokia dan Blackberry pun harus tumbang.



Sedangkan LG dengan menelurkan ponsel-ponsel dengan kualitas bagus, namun harganya tidak bisa ditekan. Inilah yang menyebabkan divisi smartphone LG harus gigit jari, layaknya Sony yang harus hengkang dari Indonesia karena harganya yang luar biasa, sedangkan konsumennya tentu juga terbatas. Tapi itulah strategi Sony yang ingin segmented pembelinya, mereka tak ingin membuat produk serba nanggung.

Belum lagi Sony dlibas oleh pasukan docomo yang membanjiri Indonesia dengan harga cukup miring. Hal itu juga yang terjadi pada LG, kualitas bagus, harga jual bikin kantong merinding, pembelinya malah milih iPhone karena lebih punya gengsi yang lebih untuk anak-anak muda nongkrong di cafe dan mall.

Setidaknya hal-hal seperti itulah yang membuat LG memutuskan untuk tidak lagi memproduksi smartphone karena persaingan sengit di pasar, penjualan yang menurun, dan tekanan finansial yang signifikan. Maka dari itu LG Electronics tidak akan lagi memproduksi dan menjual ponsel dan perangkat seluler lainnya setelah 31 Juli 2021, setidaknya LG mengumumkan secara resmi penutupan divisi smartphone mereka dan fokus pada bisnis lain, seperti komponen mobil, solusi bisnis, dan teknologi lainnya. Keputusan ini diambil setelah beberapa tahun mengalami kerugian dalam bisnis smartphone mereka.



Seperti halnya Sony, saat ini banyak ponsel LG bisa dimiliki dari buangan Korea Selatan yang akhirnya dijual dengan kondisi second.

Namun kalau LG ingin kembali membuat smartphone, yang harus dipikirkan adalah strategi pasar yang harus mirip dengan Samsung. Dengan menelurkan ponsel-ponsel murah kelas bawah, dengan harga terjangkau, dan juga design yang kekinian. Karena di segmen ini ada pasukan China lainnya yang mengintai diantaranya Infinix, Pova dan Xiaomi.

Bila LG tetap menerapkan strategi yang sama dengan cara lama akan sulit untuk bertahan, bahkan Samsung saja tak perduli nama besar mereka jatuh dengan mengeluarkan produk murah.



Setidaknya ada harga ada rupa, tapi kalau LG lebih memberikan service center yang baik, dengan kualitas ponsel yang bagus, serta promo-promo yang intens. Maka fans base LG tentu akan melirik untuk memakai ponsel ini, apalagi ada program bisa menjadi remote AC dan Televisi, atau bisa digunakan menjadi bagian dari smart home.

LG memang memiliki berbagai produk untuk rumah pintar (smart home) yang mencakup berbagai kategori seperti elektronik konsumen, peralatan rumah tangga, dan perangkat IoT (Internet of Things). Beberapa produk LG untuk rumah pintar termasuk:

LG ThinQ Smart TVs: Televisi pintar LG yang dilengkapi dengan teknologi ThinQ AI untuk mengendalikan perangkat lain di rumah Anda dan memberikan pengalaman menonton yang lebih cerdas.



LG Smart Appliances: LG menawarkan berbagai peralatan rumah tangga pintar seperti lemari es, mesin cuci, oven, dan mesin pencuci piring yang dapat dihubungkan ke jaringan rumah Anda dan dikendalikan melalui aplikasi seluler.

LG Smart Speakers: LG memiliki speaker pintar seperti LG XBOOM AI ThinQ yang dilengkapi dengan asisten suara seperti Google Assistant atau Amazon Alexa.

LG Smart Home Security: LG juga menawarkan perangkat keamanan rumah pintar seperti kamera pengawas, alarm, dan pengunci pintu pintar.



LG Smart Air Conditioners: LG memiliki AC pintar yang dapat diatur dan dioperasikan dari jarak jauh menggunakan smartphone Anda.

LG Smart Lighting: Produk pencahayaan pintar seperti lampu LED yang dapat dihubungkan ke jaringan rumah pintar Anda dan dikendalikan melalui aplikasi.

Semua produk ini dirancang untuk meningkatkan kenyamanan, efisiensi, dan keamanan rumah Anda dengan memanfaatkan teknologi terkini.




referensi : 1, 2, 3
Pic : google





lalilulusan467
hallowwolf94
mancitybest
mancitybest dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.1K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan