Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yogaprasajaAvatar border
TS
yogaprasaja
A STORY OF "ALAS ROBAN" :MYST,GHOST,BLOOD,& THE STRUGGLE BEHIND IT


Hai hai,Selamat malam Gan/Sis.Malam ini Ane mau sedikit mengulik tentang salah satu tempat mistis yang cukup terkenal dari daerah ane,Yaitu "Alas Roban".
Yap Alas Roban,Sebuah Hutan belantara yang terletak di Desa Sentul & Desa Plelen,Kecamatan Gringsing,Kabupaten Batang.


Spoiler for Alas Roban Jalur Lama:


Yang paling terkenal dari Alas Roban yaitu tentang jalurnya yang dikenal angker.
Ada 3 jalur di Alas Roban yang bisa dilewati.Yaitu, Jalan Poncowati atau Jalan Sentul Alas Roban (jalur lama: tanda panah,Gambar dibawah), jalur lingkar selatan, dan jalur utara (Jalan Pantura).
Jalur ini merupakan bagian dari jalur Pantura dan menghubungkan Kota Batang dan Kota Weleri, Kabupaten Kendal.


Spoiler for Peta Jalur Alas Roban:


Jalur ini menghubungkan Kota Batang dan Semarang dan merupakan bagian dari Jalur Pantura. Jalanan yang menanjak berkelok dan kepadatan kendaraan saat arus mudik acap kali menyebabkan kecelakaan di daerah tersebut.
Dari Kendal menuju Pekalongan harus melawati kawasan Alas Roban yang di cap sebagai salah satu Jalur Tengkorak di Jawa Tengah.
Alas artinya Hutan, berarti kawasan ini adalah hutan belantara yang dibelah untuk dibuat jalan raya. Medannya lumayan sulit. Banyak kelokan dan tanjakan curam.
Untuk mengurangi resiko kecelakaan, maka saat ini sudah dibuatkan jalur alternatif di kawasan Alas Roban.Yaitu Jalur alternatif lingkar Utara dan Selatan.
Kendaraan pribadi dan sepeda motor melalui jalur lingkar alternatif utara.
Kendaraan berat biasanya memanfaatkan jalur selatan berupa jalan beton. Walaupun relatif lebih jauh, namun tidak banyak tikungan tajam dan tanjakan curam. Di sepanjang jalur ini pula banyak sopir memarkir kendaraan beratnya untuk beristirahat.


Spoiler for :


Jalan Alas Roban Dibangun Dengan Darah

Jalan Alas Roban sudah ada sejak abad ke 18 dan dibangun oleh para pribumi. Untuk membangun jalan ini memang usahanya luar biasa karena harus membelah gunung, membabati sebagian hutan dan membikin jalannya.
Nah, yang lebih mengerikan lagi jalan ini dibangun oleh para pelaku kerja paksa.


Spoiler for Para pekerja:


Ya, orang-orang pribumi dengan jumlah ribuan dipaksa untuk membuat jalan sepanjang itu. Alhasil, banyak mereka yang mati karena terlalu lelah atau perilaku buruk Belanda. Mayat-mayat para pekerja biasanya dibuang begitu saja di tepi-tepi jalan.
Makanya, kemudian di tempat ini sering muncul suara-suara atau mungkin penampakan ngeri mereka.


KISAH MISTIS ALAS ROBAN

Ada beberapa cerita misteri alas roban yang sempat menghebohkan masyarkat, beberapa cerita misteri dibawah ini banyak yang melaporkan kejadian ke aparat setempat sehingga membuat bulu kuduk kita merinding untuk mendengar misteri alas roban tersebut.


Tersambar Bus
Misteri alas roban yang pertama adalah sebuah laporan terjadi dan menjadi perbincangan hangat bagi masyarakat sekitar tentang misteri Alas Roban adalah kisah seorang bernama Brodigyo yang terjadi pada tahun 1996 dimana pada saat itu jalan alas roban masih sempit dan tanpa penerangan jalan.
Dengan bermodalkan bebek astrea Brodigyo sering melakukan perjalanan Tegal Surabaya. Dalam kondisi gerimis pada saat itu ia memakai jas hujan dan berhenti sejenak, kemudian ia melanjutkan pejalanan hingga sampai di daerah Gringsing yang akan memasuki alas roban, ia ragu akan melewati jalan tersebut karena pada saat itu sudah memasuki jam 12.
Namun karena kondisi yang mengharuskan Brodigyo tetap melanjutkan perjalanan, setelah masuk ke jalan alas roban ia mulai merasakan kejanggalan, terdapat sorot lampu bus yang terus mengikuti motor Brodigyo dan tanpa menyalip, sesekali ia memperlambat jalannya motor tersebut namun anehnya bus tersebut tidak juga mendahului.Kemudian ia panik dan melihat ke arah spion, yang membuat ia kaget adalah ketika melihat ke arah spion ternyata yang ia lihat bukanlah bus pada jaman sekarang, namun sepertibus jaman dahulu dengan model seperti mobil kijang.
Setelah itu ia takut dan mempercepat laju kendaraannya, tiba-tiba bus tersebut melaju dengan kecepatan tinggi seakan menabrak motor Brodigyo, dan anehnya bus tersebut bukannya menabrak namun hilang tanpa jejak.
Brodigyo kemudian takut dan beristirahat di daerah setelah alas roban lalu menceritakan pengalamannya tersebut ke masyarkat sekitar. Cerita misteri alas roban ini masih menjadi perbincangan hangat hingga saat ini.


Mayat di Alas Roban
Kisah misteri alas roban selanjutnya diambil dari seorang warga disekitar alas roban bernama Wagiman ia menceritakan kepada wartawan Tempo.co kejadian apda 35 tahun yang lalu, ketika itu ia ingin mencari kerbaunya yang tiba-tiba meronta di halaman rumah, tiba-tiba ia melihat ada seorang yang ditutup matanya dibawa oleh mobil putih, mobil tersebut berjalan pelan kemudian ia mengikutinya. Rasa aneh pun mencuat.
Setelah keesokan harinya ia mendengar ada banyak penemuan mayat di berbagai tempat di sekitar alas roban. Salah satunya Patimah yang menemukan tubuh dimana masih bergerak, kemudian ia mendekati tubuh tersebut dan masih bisa berkata “tolong saya, saya masih ingin hidup”.
Ternyata beberapa mayat tersebut adalah orang-orang yang dianggap preman pada tahun 1980 yang dibantai pada tragedi petrus dan dibuang disekitar alas roban.


Kisah Penunggu Alas Roban Dan Warung Ghoib

Ada juga kisah kakek-kaekk yang membawa lampu yang kerap kali menampakan diri,Tetapi sebenarnya si "kakek" tersebut hanya inging mengingatkan bahwa ada tikungan di depan.
Sedang cerita warung ghoib sendiri juga cukup santer didengar tepatnya di KM 15 yang di anggap paling angker dan sering terjadi laka lantas.


Itulah sedikit cerita tentang alas roban,Masih banyak kisah lain yang belum TS tuliskan di thread ini(udah malem gan,males ngetik emoticon-Big Grin) Mungkin dari Agan/Sista juga ada yang pernah lewat jalur alas roban juga? boleh lah share di sini.


Sehorror apapun,tapi tetap saja
I Love U Alas Roban I Love U Laskar Alas Roban
BATANG BELONGS TO ME !!


Spoiler for LASKAR ALAS ROBAN:
jenggalasunyi
senggolbacok83
sulkhan1981
sulkhan1981 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
15.5K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan