masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Kahiyang Ayu Putri Jokowi Gagal Lolos Seleksi CPNS? Ternyata Inilah Penyebabnya!


Ane mau cerita nih tentang kasus Putri Jokowi yang gagal lolos seleksi CPNS. Wah, siapa yang nggak kaget dengernya? Padahal kan jadi putri presiden, kayaknya harusnya bisa lolos dengan mudah, kan?

Ternyata, kenyataannya tidak sesederhana itu, agan sista. Menurut informasi yang ane dapet, Putri Jokowi juga tidak lolos seleksi CPNS pada tahun 2017 lalu. Emang, kenapa ya bisa begitu?

Salah satu penyebabnya adalah passing grade seleksi yang diajukan oleh instansi. Presiden Jokowi sendiri juga mengakui bahwa ada kemungkinan penyebabnya karena passing grade yang terlalu tinggi. Ya iyalah, kan makin tinggi tingkat kesulitannya, makin sulit juga buat lolosnya.

Begitupun menurut Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, alasan Kahiyang Ayu putri dari Presiden Jokowi tidak lolos CPNS adalah karena ditetapkannya sistem Computer Assisted Test (CAT), sehingga tidak menjamin putra-putri seorang pejabat bahkan Presiden untuk selalu dapat lolos CPNS. Jika sebelum sistem CAT ini ditetapkan untuk digunakan, Agan Sista pasti seringkali melihat adanya anak-anak atau saudara dari seorang pejabat bisa dengan mudah lolos CPNS dan menjadi ASN.



Selain itu, sepertinya tidak ada keistimewaan yang diberikan kepada putri presiden tersebut, lho. Jadi, jangan langsung nyinyir-nyiyir dulu, ya. Anak presiden saja nggak dapat fasilitas dari jabatan ayahnya. So, semua peserta seleksi harus bersaing secara adil dan transparan.

Tapi tenang aja, sista. Meskipun Putri Jokowi gagal lolos seleksi CPNS, bukan berarti semua usahanya sia-sia. Banyak kok kesempatan lain yang bisa dia kejar untuk meraih kesuksesan. CPNS memang penting, tapi nggak harus jadi satu-satunya ukuran keberhasilan, kan?

Intinya, seleksi CPNS itu memang gak gampang. Tingkat kesulitannya tinggi, tapi itu tidak berarti mustahil buat melewatinya. Yang penting, kita harus tetap berusaha, belajar, dan persiapkan diri sebaik mungkin. Kalau sudah berusaha maksimal, gak ada yang bisa nyalahin kita, kan?




Jadi, bagi sista yang lagi persiapan untuk seleksi CPNS, jangan terlalu ngoyo dan takut gagal seperti kasus Putri Jokowi. Tetap semangat, terus belajar, dan yakinlah bahwa kesempatan itu akan datang pada waktunya.

Semoga artikel ini bisa memberi motivasi buat agan dan sista yang sedang dalam persiapan seleksi CPNS. Ingat, keberhasilan nggak cuma ditentukan oleh lolos atau nggaknya di seleksi ini. Masih banyak kesempatan lain di luar sana yang bisa membuat kita meraih sukses.

Semangat terus, agan dan sista!


Penulis: @masnukho 

Narasi

KGPT dan ulasan pribadi

Sumber gambar 

1,2,3

Referensi


goeltom25338186
yoppieshit
chrysalis99
chrysalis99 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.7K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan