harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Viral Kuliner Es Batu Bakar Khas China, Kok Bisa Gak Meleleh?

Sumber Gambar

Bicara soal makanan, manusia sebenarnya harus bersyukur karena manusia bisa dibilang bisa cocok dengan aneka makanan yang ada. Sehingga kita tidak perlu mencari-cari makanan khusus karena apapun bisa kita makan. Hal ini membuat harapan hidup manusia juga lebih tinggi karena bisa bertahan hidup dengan memakan apapun yang ada di alam.

Fakta ini juga turut memberi anugerah lain kepada manusia di mana kita dengan menggunakan akal bisa membuat banyak hal menarik dari makanan. Ya, kita bisa membuat banyak kuliner dengan cita rasa berbeda-beda. Cita rasa ini bahkan berbeda-beda dari berbagai budaya yang ada di dunia. Membuat banyaknya variasi makanan yang berkembang.

Khususnya di Asia, variasi makanan di benua ini sudah tidak diragukan lagi. Ada banyak kuliner menggugah selera di sini. Apalagi penggunaan banyak rempah yang membuat makanan-makanan di Asia memiliki rasa yang kuat dan berkarakter. Tak heran jika beberapa negara di Asia termasuk Indonesia menjadi tempat untuk berwisata kuliner para turis.


Sumber Gambar

Bahkan, perkembangan makanan di Asia masih berlanjut hingga kini. Di Indonesia sendiri, banyak makanan-makanan baru kekinian yang beragam. Mulai dari makanan yang murni hasil kreasi orang Indonesia atau makanan yang memang terinsipirasi dari makanan luar. Bicara soal makanan yang unik, kalian akan tercengang dengan apa yang ada di China berikut ini.

Bukan hanya India yang memiliki makanan unik, tapi China juga memiliki banyak makanan unik. Salah satunya adalah es bakar. Ya, es hasil dari air yang membeku bisa dijadikan kuliner oleh warga China bahkan disajikan dengan dibakar layaknya daging Barberque. Makanan ini merupakan jajanan kaki lima asal Nanchang, Provinsi Jiangxi.

Dalam video yang beredar, tampak beberapa bongkahan es batu ditaruh di atas bara api yang panas seperti orang sedang membakar ayam. Tidak hanya itu, es batu itu juga ditambahkan bumbu-bumbu yang mirip seperti bumbu barberque. Aneka saus dan sayur-sayuran juga ikut dimasukkan ke dalamnya untuk menambah cita rasa.


Sumber Gambar

Usai dibakar dan dirasa sudah cukup, es batu ini lalu disajikan di atas piring dan siap santap. Mungkin menu jajanan ini terlihat aneh, tapi kabarnya es batu bakar ini laris manis di musim panas seperti ini. Mungkin sensasi dingin dari es membuat segar dan di saat yang bersamaan juga, penikmatnya bisa merasakan cita rasa bumbu yang diberikan di atasnya.

Banyak orang yang penasaran makanan ini jadinya makanan panas atau dingin? Tapi lebih jauh dari pada itu, pertanyaan TS hanya satu. Bagaimana es abtu itu tidak meleleh usai dibakar? Harusnya sebelum memertanyakan makanan macam apa ini, netize harus memertanyakan dulu kenapa es batu tidak meleleh saat dibakar dan masih berbentuk utuh? Ini yang aneh.


Sumber Gambar

Makanan aneh di China bukan hanya kali ini. Karena sebelumnya TS juga pernah membuat thread tentang salah satu makanan unik di China yaitu tumis batu. Ya, batu ditumis dengan aneka bumbu dan dinikmati hanya dengan diemut rasa bumbunya saja. Yang ini saja masih agak membingungkan bagaimana menikmatinya. Tapi setidaknya es batu masih bisa ditelan dan aman dikonsumsi ya.

Tapi ya begitulah, memang di setiap budaya akan ada perbedaannya masing-masing. Adanya makanan es batu bakar ini juga bukan tanpa alasan. Pasti ada sejarah atau kisah di baliknya yang melatarbelakangi ini. Jadi ya wajar saja.

emoticon-2 Jempol

Apakah kalian tertarik memakan es batu bakar ini?

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
rifaye
MemoryExpress
agusn6778
agusn6778 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.5K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan