aerolineasAvatar border
TS
aerolineas
Jokowi: Kalau Pemimpinnya Tak Penakut, 10 Tahun Mendatang Indonesia Jadi Negara Maju
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Pembukaan Mahasabha XIII Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) di Palu, Sulawesi Tengah.
Dalam sambutannya, Jokowi yakin 10 tahun mendatang Indonesia bisa menjadi negara maju jika pemimpinnya tidak penakut.

Jokowi mulanya bicara soal hilirisasi yang digencarkannya digugat oleh Uni Eropa di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Namun dia tidak gentar. Dia meminta para menterinya untuk terus melawan.

"Itu baru satu barang, kita ini punya barang-barang yang lain, komoditas yang lain, nikel, timah, tembaga, bauksit, batubara, semuanya, satu-satu, nggak usah tergesa-gesa, tetapi terus konsisten dan tidak usah kita ini takut gara-gara digugat di WTO misalnya. Nggak, jangan mundur. Pada saat kita stop tahun 2020 kita digugat oleh Uni Eropa, digugat di WTO, tahun lalu kita kalah, kalah, kalah. Tapi saya sampaikan pada menteri 'Pak kita kalah', ya nggak papa kalah tapi jangan mundur. Saya perintahkan banding, kalah banding udah. Yang ada di pikiran saya saat banding kan juga memerlukan waktu, mungkin bisa 3 tahun, mungkin bisa 4 tahun, mungkin bisa 5 tahun, industri kita sudah jadi. Sehingga fondasi kita kuat," kata Jokowi dalam sambutannya di Auditorium Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, melalui kanal YouTube KMHDI, Rabu (30/8/2023).

Menurut Jokowi, jika perlawanan tidak terus dilakukan, maka sampai kapanpun Indonesia tidak akan menjadi negara maju. Karena itu, Jokowi pun meminta agar hilirisasi ini untuk terus konsisten dilakukan meski mendapatkan tantangan berat.

"Masak sejak VOC, 400 tahun yang lalu kita export bahan mentah. Sampai sekarang kita mau terus mengeksport bahan mentah. Untuk saya tidak. Kita sudah digugat oleh WTO, digugat ke WTO oleh Uni Eropa. Kita diberikan peringatan juga oleh IMF. Menteri-menteri tanya ke saya 'Pak ini ada' terus, 'Pak ini ada tekanan' terus. Karena kalau ini konsisten kita lakukan terus-menerus tidak surut perkiraan kita 10 tahun yang akan datang GDP per kapita kita sudah mencapai 10.900 atau 153 juta kemudian 15 tahun yang akan datang akan masuk ke 15.800 US Dollar GDP per kapita kita atau 217 juta dan pada saat Indonesia Emas hitungan kita, kita sudah mencapai 25.000 US Dollar income per kapita kita atau 331 juta. Artinya kita sudah masuk menjadi negara maju," papar dia.

Jokowi mengatakan jika pemimpin selanjutnya tidak ragu-ragu dan tidak penakut, maka dia yakin Indonesia akan menjadi negara maju. Sebab, menurutnya, posisi itu harus diraih Indonesia sendiri.

"Tetapi kalau konsisten, pemimpinnya tidak ragu-ragu, tidak penakut, maju terus, meskipun digugat maju terus. Karena memang tidak akan ada negara manapun yang memberi kita karpet merah kalau kita tidak merebutnya sendiri. Nggak ada. Jangan berharap itu," ungkap Jokowi.

https://news.detik.com/berita/d-6903...egara-maju/amp

Tengkiu mister, ai don rit wat ai sin emoticon-Cool










emoticon-Traveller
agusn6778
aldonistic
viniest
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
13
1.2K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan