ace_01Avatar border
TS
ace_01
Jangan Salah Beli! Nih, Tingkatan Resolusi TV yang Perlu Lo Pahamin


Pilih Resolusi TV yang Sesuai Kebutuhan



Nggak ada pilihan pusing. Kebanyakan pilihan lebih puyeng lagi wkwkwk

Begitulah manusia wkwkwk.. Menurut gue itu sikon yang lo hadepin kalo lagi pengen beli tv. Karena banyak pilihan dan gimmick marketing yang lumayan bikin lieur calon pembeli, milih tv jadi susah-susah gampang..

Apalagi yaaa, sekarang tambah banyak brand tv yang bermunculan. Waktu jaman tv tabung atau tv LED, kayak SHARP, LG, Samsung etc you name it lah.. Cukup mendominasi pasar.



Beda HD dan SD




Sekarang Xiaomi, Changhong, coocoa behh tambah banyak lah brand baru bermunculan. Semua berubah semenjak masuknya internet yang bikin konsep smartTV jadi bermunculan. Harapannya tv nggak cuman sekadar buat nonton informasi atau hiburan tapi juga bakalan useful buat produktivitas juga.

Terlepas dari brand favorit lo semua, nih panduan beberapa resolusi tv yang sering muncul di pasaran. Paling nggak lo jadi nggak gampang kegocek dan bener-bener bijak buat pilih resolusi tv sesuai kebutuhan.

1. High Definition (HD)

Bisa dibilang, ini jadi resolusi paling standarlah di pasaran. Saat ini, banyak monitor dan televisi telah mengadopsi resolusi ini dan dapat menampilkan konten dalam kualitas HD. Istilah untuk monitor atau televisi yang mampu menampilkan video HD ini dikenal sebagai HDTV. Kalo pakai hitungan yang lebih rigid, tv HD bisa nampilin resolusi 1.280 x 720 piksel pada 30 frame per detik (fps). Inget, makin tinggi fps, gambarnya makin smooth.



4K dan 1080p




2. Full HD

Kalo lo pada ketemu tv yang mencamtunkan resolusi ini berarti dia punya kualitas gambar yang sangat bagus, yaitu 1080p. Full HD Video dapat ditampilkan pada layar dengan resolusi 1.920 x 1.080 pixels x 30 fps. Masih 30 fps sih tapi ya kece banget! Monitor atau TV saat ini sudah mulai menggunakan kualitas ini, tapi harganya  masih lumayan pricy sih.

3. Ultra HD

Gampangnya, tingkatan resolusi yang satu ini tuh, 2x lebih baguslah daripada FUll HD. Layar yang bisa nampilin kualitas UHD kudu punya resolusi 3.840 x 2.160 pixels dengan Frame Rate yang lebih tinggi. Ukuran resolusi yang sangat tinggi (sekitar 2 x Full HD TV) sehingga jenis video ini disebut juga Quad HD.



Resolusi 4K yang kece badai buat nonton film dan series favorit




4. 4K

Banyak orang penasaran kenapa sih disebut 4K? "K" dalam 4K adalah singkatan dari Kilo (1000), yang berarti TV yang telah mencapai resolusi horizontal sekitar 4.000 piksel. Intinya,  layar yang digunakan untuk menampilkan video jenis ini punya resolusi diatas 4.000 yaitu 4.096 x 2.160 pixels. Jadi bener-bener jernih dan smooth serasa lihat objek itu di depan mata.

Bahkan sekarang ada resolusi jenis baru yaitu 8K. Tapi masih lumayan jarang dan baru beberapa brand yang punya tv resolusi yang satu ini. Karena harga tv 4K masi cenderung mahal. Tapi kalo buat investasi jangka panjang, punya tv 4K bakalan asik banget sih.

lgeindonesia
dvayya
delia.adel
delia.adel dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan