c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Silikat Pada Rangka eSAF, Tapi Kata Konsumen Itu Karat?




Hi sobat kaskus,


Sepertinya AHM saat ini sedang pusing memikirkan rangka yang digadang-gadang bakalan memangkas biaya produksi, dan memberikan profit lebih ternyata blunder hingga akhirnya terjadi kasus rangka karatan, keropos dan solusinya jualan rangka di harga Rp 1 jutaan.

Ini semua diakibatkan fitur dan teknologi canggih yang disematkan motor pada saat ini harus mengorbankan sisi yang lain, agar harga jual bisa ditekan.



Honda telah klarifikasi dengan mengundang banyak youtuber otomotif, dan hasilnya kita tahu Silikat menjadi soal karena dianggap karat oleh konsumen.

Jadi, silikat itu seperti pasir kuarsa (senyawa eCO2) yang jelas berbeda dengan karat yang dapat menyebabkan korosi. Sementara karat (Fe), adalah lapisan merah atau kekuning-kuningan yang melekat pada besi dan sebagainya, sebagai akibat proses kimia.

Yang jelas itu bagian dari las-lasannya itu, elektroda las itu kadang-kadang mengandung sillikon. Batangnya pengelas itu kemungkinan ada silikon, sebagai penguat dan menjadi bercak seperti karat kalau tidak di lap memakai tisu agak sulit membedakannya.



Namun sayangnya walau sudah mengedukasi tentang silikat, dilapangan kualitas produk rangka dari AHM ternyata ada masa penggantian yang cukup singkat, hanya 10.000 km saja kemungkinan rangka sudah harus di ganti atau di modifikasi agar kendaraan tetap bisa berjalan, karena rentan karat dan korosi hingga keropos.

Karat adalah suatu lapisan korosi yang terbentuk pada logam akibat reaksi dengan oksigen dan kelembaban. Sementara itu, silikat adalah mineral yang terbentuk dari elemen silikon dan oksigen, sering ditemukan dalam batuan dan tanah. Jadi, perbedaan mendasar antara karat dan silikat adalah bahwa karat berkaitan dengan korosi logam, sementara silikat adalah mineral yang terbentuk dari silikon dan oksigen akibat pengelasan.

Jika rangka terkena karat dan dibiarkan tanpa perawatan, karat dapat merusak permukaan logam tersebut. Karat adalah hasil oksidasi logam karena interaksi dengan oksigen dan kelembaban udara. Ini dapat mengurangi kekuatan dan daya tahan logam seiring waktu. Penting untuk membersihkan dan melindungi logam dari karat untuk menjaga integritasnya.



Waktu yang diperlukan untuk karat menyebar tergantung pada beberapa faktor seperti jenis logam, lingkungan tempat logam berada, tingkat kelembaban udara, dan apakah logam tersebut dilindungi atau tidak. Pada beberapa kasus, karat dapat mulai terbentuk dalam beberapa jam atau hari setelah permukaan logam terpapar kelembaban udara. Namun, untuk karat yang lebih dalam atau merusak, biasanya diperlukan waktu yang lebih lama, berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Penting untuk menjaga logam tetap kering dan terlindungi dari kelembaban untuk mencegah penyebaran karat.

Wah, kalau isu ini terus gencar dan konsumen AHM menurun apa nih langkah AHM selanjutnya? Apakah akan Recall?



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star














primawidhie
agusn6778
rassakhiy
rassakhiy dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.8K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan