si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Alami Soft Grounding di Bali, Komandan Kapal USS Howard Dicopot dari Jabatannya
Quote:


Insiden kurang menyenangkan dialami oleh seluruh kru kapal destroyer USS Howard, kapal itu mengalami soft groundingdan nyaris kandas saat hendak sandar di Pelabuhan Benoa. Menurut laporan Navy Times, insiden itu terjadi pada pagi hari 10 Agustus 2023 lalu, sebelum kapal tiba di Bali. Akibat kejadian itu, Komodor Kenji Igawa dicopot dari jabatannya sebagai komandan kapal.

Tidak ada yang terluka dalam kejadian 10 Agustus lalu, kini kapal sudah beroperasi dengan normal memakai kekuataannya sendiri. Sementara itu, pihak US Navy masih menyelidiki penyebab kejadian tersebut. Komodor Kenji Igawa adalah lulusan Akademi Angkatan Laut AS tahun 2004, ia adalah keturunan Amerika-Jepang. Dia menjabat komandan kapal sejak Desember 2022, sebelumnya Igawa menjabat sebagai pejabat eksekutif (perwira pelaksana) pada kapal USS Howard.

USS Howard adalah kapal destroyer yang punya pangkalan di Yokohama, Jepang. Pada 10 Agustus lalu, kapal sedang melakukan kunjungan pelabuhan rutin ke Bali. Pada 17 Agustus lalu, kapal tersebut masih berada di Bali dan beberapa awak kapal ikut menghadiri upacara peringatan Hari Kemerdekaan di Lapangan Puputan Margarana, Denpasar.

Quote:


Istilah soft groundingadalah kondisi saat kapal secara perlahan atau dengan kecepatan rendah menabrak permukaan laut yang dangkal seperti lumpur dan pasir. Selain itu, juga ada istilah hard grounding, yakni ketika kapal menabrak dasar laut dengan keras serta mengakibatkan kerusakan parah.

Meski kapal yang mengalami soft grounding umumnya tidak mengalami kerusakan serius, akan tetapi kapal punya potensi terperangkap. Yang membuat kapal kesulitan untuk kembali ke perairan dalam. Ketika kapal terjebak, maka kapal itu memerlukan bantuan kapal tugboat untuk ditarik keluar dari lokasi tempatnya terperangkap tersebut.

Pensiunan perwira US Navy bernama Bradley Martin mengatakan kepada Navy Times bahwa, ketika mengalami soft grounding, kapal umumnya masih bisa bermanuver memakai kekuatannya sendiri. Sementara ketika mengalami hard grounding, kapal tidak bisa bergerak dengan bebas, sehingga memerlukan bantuan dari kapal lain untuk bermanuver. Saat ini USS Howard dipimpin oleh Kapten Edward Angelinas, ia menjabat sampai pengganti permanen Komodor Kenji Igawa dipilih.



----------------------




Referensi Tulisan: Navy Times
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 29-08-2023 04:26
black.robo
yoseful
geopoliticsgeek
geopoliticsgeek dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.7K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan