Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amekachiAvatar border
TS
amekachi
Seperti Neraka! Kebakaran Hutan di Hawaii 67 Orang Tewas, Penting Budaya Hidup Sehat
Mengerikan Seperti Neraka! Kebakaran Hutan di Hawaii Tewaskan 67 Orang, Pentingnya Budayakan Hidup Sehat Terutama Jangan Bakar Sampah dan Buang Putung Rokok Sembarangan!





Cukup aneh dan menyeramkan tragedi terbaru dari Amerika Serikat kali ini, tepatnya kebakaran hutan yang terjadi di Hawaii terus meluas hingga sulit untuk ditangani dan sampai hari Kamis malam, 12 Agustus 2023 korban dari ganasnya api yang terus merambat mencapai 67 orang, biasanya manusia akan lebih cepat menghindari kebakaran daripada banjir atau tsunami karena ada waktu untuk kita untuk melarikan diri.

Warga Lahaina yang merasakan dampak terbesar kebakaran ini pun sampai menggambarkan kejadiannya seperti kiamat, salah satu saksi mata dan korban bernama Masont Jarvi menceritakan dirinya saat menyempatkan diri dari amukan alam tersebut, nekad menembus kobaran api dengan motor demi ia dan anjingnya selamat.


Quote:





Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah melibatkan masyarakat setempat yang tinggal di sekitar hutan. Masyarakat yang memiliki kearifan lokal dan tinggal dekat dengan sumber api dapat berperan dalam pencegahan kebakaran hutan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengedukasi mereka mengenai bahaya kebakaran hutan dan bagaimana cara mencegahnya. Selain itu, lembaga formal yang selama ini telah melakukan upaya pencegahan juga perlu bekerja sama dengan masyarakat dalam hal ini.

Di Kalimantan Tengah, terdapat contoh sukses dari penerapan strategi ini. Tiga etnis sub suku Dayak Kapuas, Dayak Dusun, dan Dayak Ngaju yang tinggal di sekitar hutan Mawas telah berhasil melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Mereka menggabungkan kearifan lokal mereka dengan pengetahuan modern tentang pencegahan kebakaran hutan. Melalui upaya ini, mereka berhasil menjaga hutan Mawas tetap aman dari kebakaran.


Quote:





Semoga cepat teratasi kebakaran hutan di wilayah Amerika Serikat tersebut dan korban jiwa pun tidak bertambah banyak, menjadi pembelajaran untuk kita bahwa negara yang hebat dan super power seperti Amerika saja kurang mampu menangani bencana alam jika sudah terjadi apalagi negara sekelas Indonesia.

Mungkin bisanya hanya sekedar meminimalisir korban jiwa, tapi apakah kita atau pemerintah Indonesia punya kemampuan meminimalisir korban jika terjadi bencana alam?

Perlunya budaya untuk hidup sehat dan membuat lingkungan yang sehat serta nyaman untuk kita ya gansist, bencana alam memang sangat sukar dihindari tapi meminimalisir kemungkinan yang terjadi itu sangat bisa sekali, yang pertama dan yang termudah mungkin adalah jangan buang sampah atau putung rokok sembarang.

'Narasi dan Opini Sendiri'


Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2

3
kasihudinsekali
anangherman
ahlimiliterahli
ahlimiliterahli dan 22 lainnya memberi reputasi
23
1.9K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan