CrouchingTigerAvatar border
TS
CrouchingTiger
Penipuan Meresahkan Lewat Whatsapp Makin Merajalela! Waspada, GanSis!


Halo, GanSis! Apa kabar? Setelah sempet melipir ke forum-forum lain di KASKUS raya ini, ane balik lagi ke forum Hansip Hoax, nih. Jadi, sesuai judulnya. Ane mau bahas soal penipuan lewat aplikasi whatsapp. Kejadian ini ane alami langsung beberapa waktu lalu. Jadi, sekalian aja ane bahas, ye.


Jadi, hari Minggu kemarin, nyokap ane tiba-tiba chat ane, kirim screenshot gitu, GanSis. Doi bilang, doi dapet whatsapp dari nomor gak dikenal, ngakunya sih dari kurir paket. Nyokap ane bilang doi gak pesen apapun, tapi kok ada yang chat begitu.



(sumber: dokpri)

Untungnya, nih. Untung banget nyokap langsung tanya ke ane dan gak bertindak sendiri. Saat dapet kabar itu, ane langsung suruh nyokap buat blokir kontaknya terus hapus chatnya. 


Setelah ane cari tahu, emang selain modus tukang paket, banyak banget modus lain yang beredar di masyarakat, ya. Dikutip dari CNN Indonesia, ada yang nyebar undangan nikah, surat tilang, bahkan ada yang ngaku dari MyTelkomsel juga! Semua modus ini ngasih file berbentuk APK.


Ada juga yang nyebar file dalam bentuk APK, tapi diubah menjadi seolah pdf. Dikutip dari CNN Indonesia, keduanya tetep ada bedanya ya, GanSis. Kalo pdf yang asli, huruf ‘p’ nya tertulis dengan huruf kecil, bukan huruf besar seperti ‘Pdf’.



(Contoh pdf palsu - sumber: twitter TXT dari Online Shop)



(contoh pdf asli - sumber: dokpri)


Apa sih efeknya kalo file kiriman penipu itu didownload sama GanSis? Wah, efeknya parah banget, GanSis. Dikutip dari detikfinance, setelah apk itu didownload, mereka akan minta korbannya buat kasih izin apknya buat mengakses hp GanSis. Kalo udah di-allow, atau dikasih izin, udah deh. Pihak penipu bebas buat mengakses data pribadi GanSis cuma lewat hp, termasuk buat nguras rekening korbannya.


Jadi, belajar dari sini, kita kudu banget sadar dan berhati-hati ya, GanSis. Jangan pernah kepo juga! Karena kebanyakan, korban yang kena itu adalah mereka yang pengen tahu apa sih isi file yang dikirim pelaku. Pokoknya jangan kepo dan kalo udah jelas gak kenal, langsung delete dan blokir nomornya, ya!


Tetap waspada dan hati-hati selalu, GanSis!  

 


6666661234
sulutinfotech
kombat2000
kombat2000 dan 18 lainnya memberi reputasi
17
2.8K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan