c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Indonesia Krisis Identitas? Itu Salah Besar Gan




Hi sobat kaskus,

Banyak orang mengatakan bahwa Indonesia krisis identitas, dimana banyak budaya import yang masuk ke tanah air dan membudaya di generasi saat ini.

Masuknya budaya-budaya asing seakan mengikis identitas bangsa ini, Identitas bangsa sendiri mengacu pada kesadaran bersama dari individu-individu dalam suatu negara atau wilayah tentang identitas bersama mereka sebagai bagian dari satu kelompok yang lebih besar.



Identitas bangsa mencakup elemen-elemen seperti bahasa, budaya, sejarah, agama, tradisi, dan nilai-nilai yang dianggap bersama sebagai ciri khas suatu bangsa. Identitas bangsa memainkan peran penting dalam membentuk identitas individu dan memperkuat rasa kebangsaan serta solidaritas di antara warga negara.

Ciri khas bangsa negeri ini banyak orang yang beranggapan sudah mulai luntur, dengan banyaknya ciri khas negara impor yang masuk.

Apakah benar seperti itu?

Sayang sekali pernyataan ini salah besar, karena Indonesia terdiri dari berbagai macam jenis budaya, agama, tradisi dan bahasa, itu terjadi tak lepas dari kolonial yang menjadi catatan sejarah dimasa lampau. Yang akhirnya membuat beberapa wilayah yang awalnya dikuasai raja-raja menjadi bersatu dan memerdekakan diri dengan nama Indonesia.



Jadi Indonesia memiliki identitas budaya yang beraneka ragam, tidak bisa disamaratakan dengan budaya nordik, atau budaya yunani, bahkan Jepang dan China sekalipun.

Bahkan dari Indonesia bagian barat hingga ke timur akan ada perbedaan budaya yang cukup besar, maka tak heran forklore yang berkembang juga berbeda.

Ketika itu semua terjadi, maka tidak ada satu kepastian ciri khas dari identitas bangsa Indonesia itu sendiri. Bahkan budaya-budaya yang ada juga terasimiliasi dengan budaya para pedagang seperti dari India, Arab, China hingga Eropa.



Nah, karena identitas bangsa impor lebih mudah dan simple untuk di adopsi, maka yang terjadi seakan saat ini makin menjamur budaya asing dibandingkan budaya Indonesia itu sendiri.

Setidaknya itu pemikiran subjektif, karena di tiap wilayah masing-masing di seluruh kepulauan Indonesia, budaya yang sudah menjadi tradisi tak pernah hilang ditelan zaman.



Contoh simple pulau Bali, banyaknya wisatawan namun tak pernah membuat Bali kehilangan jati dirinya dengan identitas budaya yang menang khas disana.

Tapi, apa tanggapan @replykgpt


Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star











bang.toyip
willz.smith
6666661234
6666661234 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.7K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan