iskrimAvatar border
TS
iskrim
Gara-Gara Chat Diselingi Emoji Jempol Orang Ini Masuk Penjara, Kok Bisa Ya?


Kirim pesan atau perpesanan tentu kalimatnya akan lebih hidup bila diselingi dengan selingan emoji-emoji dari berbagai ekspresi dalam bentuk gambar atau animasi. Salah satu bentuk emoji yang cukup populer adalah yang bergambar Jempol.

Secara umum kita pasti sudah tahu maksud emoji ini menggantikan kalimat dukungan atau bentuk apresiasi ke lawan bicara. Mudahnya mengirim emoji tentu akan mempersingkat kalimat yang kadang sulit untuk diungkapkan dalam bentuk teks.

Namun mulai saat ini sebaiknya kamu berhati-hati atau lebih baik tidak menggunakan emoji Jempol sama sekali karena kalau salah diartikan urusannya bakal ruwet, masuk kepengadilan dan berujung dipenjara! Hah, kok bisa?

Sebuah kasus yang cukup unik terjadi di negeri Canada, gara-gara hal sepele yang disalah artikan oleh si penerima membuatnya berang dan kecewa berat pasalnya emoji Jempol yang dia terima dari teman bisnisnya dianggap sebuah persetujuan resmi yang mengikat suatu kontrak bisnis.

Sebut saja A adalah seorang petani dan B adalah pembeli, suatu ketika seperti biasa terjadi proses tawar-menawar dilakukan via chat, namun kemudian kemudahan dalam berkomunikasi ini disalah artikan kalimatnya oleh si B.



Mickleborough atau si B ini mengirimkan surat kontrak termasuk tercantum juga harga yang dia inginkan kepada Chris Achter si petani A, tujuan B jelas untuk memastikan harga yang dia ajukan disetujui oleh si A yakni untuk pembelian 86 ton rami (tanaman berbentuk rumpun) dengan harga yang sudah dia cantumkan, kemudian secara singkat A pun membalas pesan si B dengan emoji bergambar Jempol.

Disinilah miss komunikasi mulai terjadi si B menganggap A setuju dengan harga yang dia inginkan, padahal si A membalas dengan emoji Jempol itu menurutnya adalah penggambaran telah menerima pesan itu dengan baik, bukan artinya sudah menyetujui isi yang ada dalam surat kontrak si B tersebut.

Si B pun kecewa dan merasa dipermainkan oleh si A, si A yang awalnya senang akan ada yang mau membeli hasil panennya jadi terkejut dan terkaget karena tiba-tiba si B mengajaknya untuk berurusan dengan jalur hukum, menuntut keadilan, merasa dipermainkan katanya.



Beruntung akhirnya mereka bisa diajak untuk bicara baik-baik dan mau berdamai. Hakim Timothy Keene yang menangani kasus ini berpesan kepada kita untuk lebih berhati-hati menggunakan emoji bergambar Jempol yang 'ambigu' ini terutama yang berkaitan dengan hal yang sensitif agar dimasa depan tidak terjadi kasus yang sama, salah pengertian. Ada-ada saja, ya.










Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: Tkp | img : gugel 



Diubah oleh iskrim 11-07-2023 10:17
ufo60
sulutinfotech
pakdejoss
pakdejoss dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.2K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan