Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chaisaja2007Avatar border
TS
chaisaja2007
Musim Liburan, Waktu Marak Penipuan, Hati-Hati, Gan!


Momen berlibur bersama keluarga selalu jadi hal yang palin ditunggu. Apalagi di waktu-waktu libur sekolah kayak sekarang, GanSis. Pasti udah banyak juga nih GanSis yang siapin tiket transportasi, penginapan, sampai wahana seru yang bisa dikunjungi bersama.

Tapi, hati hati GanSis. Musim libur kayak gini, seringkali juga djadiin kesempatan sama orang ngga bertanggungjawab buat melakukan penipuan. Peneliti Kaspersky mengklaim, mengamati penipu yang mengambil keuntungan dari pengguna yang tidak waspada dengan menawarkan tiket pesawat, pemesanan hotel, dan paket liburan murah.

Bahkan, saking niatnya banyak loh penipu yang membuat website palsu dengan meniru semirip mungkin web official jasa transportasi atau agregrator tiket ternama untuk menjebak korban.

Nah, rasa bahagia yang menggebu-gebu untuk liburan ini yang dimanfaatkan oleh para penipu itu. Bahkan mereka sering bermain lewat perasaan, dengan menghasut calon korbannya lewat iming-iming “siapa cepat dia dapat”. Sehingga, banyak korban yang lengah dan akhirnya kejebak dan mengalami phishing.

Para penipu bahkan ada juga yang tampilin detail penerbangan nyata dengan melakukan permintaan pencarian ke agregator yang sah dan menyajikan informasi buat dikirim lagi ke calon korbannya biar lebih meyakinkan. Setelah korban percaya, bukannya tiket yang dikirim, para penipu malah berusaha buat mencuri uang dan mengeksploitasi informasi pribadi buat tujuan berbahaya. Ini bisa aja termasuk menjual detail informasi perbankan dan mengidentifikasi informasi di situs gelap.

Oleh karena itu, sebelum berpergian ada baiknya selalu waspada dan cek berkali-kali website yang kalian percaya, ya. Ngga ada salahnya kok antisipasi daripada kalau sudah kena HOAX malah buat frustasi.

Sumber
Diubah oleh chaisaja2007 10-07-2023 12:39
MemoryExpress
bukan.bomat
zharki
zharki dan 12 lainnya memberi reputasi
13
1.8K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan