iskrimAvatar border
TS
iskrim
SIM Berlaku Seumur Hidup, Yes Or No, Gan?


Masih hangat tersiar kabar berita dari wakil suara rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) membahas dan mempertanyakan tentang perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) menuai pro dan kontra. Namun kali ini banyak sekali suara rakyat mendukung penghapusan perpanjangan SIM, kok bisa?

SIM sebagai salah satu syarat orang bisa berkendara itu menurut sekilas berita yang saya baca untuk mendapatkannya semakin rumit. Ada dua inti tahapan siapapun yang ingin mendapatkan SIM yaitu harus lulus tes teori dan praktek. Nah, yang lagi disorot media adalah ujian praktek yang seolah semakin tidak masuk akal karena banyak rintangan yang semakin tidak masuk diakal sqlah satunya peserta ujian tidak boleh gagal melewati jalur yang membentuk angka delapan.

Banyak peserta 'gagal' melewati rintangan sehingga saking rumitnya ujian praktik tersebut orang menyebutnya bukan ujian praktek mendqpatkan SIM tapi ujian menjadi 'anggota sirkus' karena ujian yang harus dijalani terlalu 'njilmet' yang realitanya tidak dilakukan sehari-hari dijalan raya.



Isunya karena saking banyaknya peserta yang gagal baik gagal ujian di teori atau praktek maka terjadilah sogok menyogok agar peserta bisa segera mendapatkan SIM di hari itu juga. Mengapa peserta ada yang melakukannya, itu karena waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan SIM bisa setengah hari kerja, antrian yang panjang, kurang nyaman, jarak yang jauh dan biaya yang tidak murah lagi karena ada tambahan ini dan itu.

Itu baru sebagian kecil masalah yang dihadapi peserta membuat SIM tapi perputaran uang disana sangatlah besar sehingga dipertanyakan DPR khususnya oleh Anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman dikemanakan saja uang itu, masuk kantong pribadi atau masuk ke kas negara dan menurut DPR proses daftar ulang memperpanjang SIM dinilai tidak efektif dan menyarankan SIM berlaku seumur hidup seperti KTP saja.

Nah, sekarang kalau saya lihat dari kedua sisi bisa disimpulkan beberapa poin diantaranya (kurang dan lebihnya silahkan ditambahkan di kolom komentar);

Tujuan Memperpanjang SIM

• Membuktikan masyarakat taat pajak
• Pemilik SIM masih memenuhi syarat dari segi skiill dan kelayakan berkendara
• Uang yang masuk digunakan untuk pembangunan jalan dan fasilitas umum
• Mengurangi pengemudi 'gelap' tanpa SIM

Tujuan Dihapuskan Perpanjangan SIM

• Lewat perpanjangan tahunan STNK pemilik SIM sebenarnya sudah ikut membayar pajak
• Efesiensi birokrasi pengurusan SIM
• Memberantas pungli
• Menghemat waktu dan tenaga
• Meringankan biaya pengendara yang kurang mampu

Jadi kalau ditanya SIM Berlaku Seumur Hidup itu sebaiknya Yes Or No, Gan? Dan apakah ini hanya akan sekedar jadi wacana, atau pansos? Kita lihat saja nanti






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 



laeliaa
mimimaw
ufo60
ufo60 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.8K
160
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan