Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muhammadrezq877Avatar border
TS
muhammadrezq877
Rekomendasi Text Editor untuk Pemrograman
Rekomendasi Text Editor untuk Pemrograman - Untuk Anda yang banyak bekerja dengan coding seperti web developer pastinya sudah tidak asing dengan tools text editor. Ini adalah tools wajib yang perlu dimiliki programmer untuk membantu memudahkan membaca bahasa pemrograman dan juga mengedit code.

Ada banyak jenis text editor yang bisa digunakan untuk membantu programmer mengembangkan project pembuatan website maupun aplikasi. Setiap text editor memiliki kelebihan dan jenisnya tersendiri.

Mari kita bahas bersama tools text editor yang banyak digunakan oleh Programmer untuk membantu proses coding. Mari kita bahas bersama. 


Rekomendasi Text Editor untuk Pemrograman
Ada beberapa jenis text editor  yang bisa digunakan untuk membantu kamu dalam pembuatan proyek aplikasi maupun website.

1. Notepad++

Notepad++


Jika banyak diantara kita yang mengenal Notepad pada OS Windows, maka ada juga text editor Notepad++ yang digunakan untuk mengolah kode bahasa pemrograman dengan fitur yang lebih lengkap dibandingkan Notepad biasa.

Text editor ini bisa digunakan secara gratis dan mendukung banyak bahasa pemrograman. Seperti Assembly, C++, HTML, Javascript, Python, PHP, Shell. SQL, Ruby, CSS dan XML. Spesifikasi PC atau perangkat untuk menginstall text editor ini juga tidak perlu tinggi, minimal ram 2 GB sudah bisa berjalan dengan baik di perangkat kamu.


2. Visual Studio Code


Visual Studio


Selain Notepad++, Microsoft juga menghadirkan text editor yang cukup usefull dengan banyak fitur lengkap untuk programmer, yaitu Visual Code Studio. Merupakan text editor yang masih tergolong baru, namun memiliki kualitas handal dan tidak kalah lengkap dengan text editor lainya.

Kelebihan yang disukai dalam VSCode ini adalah performanya yang cenderung maksimal bahkan hampir tidak ada lag dalam pengoperasian tools ini. Selain ringan dan performanya maksimal, VSCode ini juga banyak dipilih karena bisa digunakan dengan gratis.


3. Sublime Text
Jika teks editor sebelumnya hanya terfokus pada penggunaannya yang gratis dan performanya. Maka sekarang ada teks editor yang memiliki tampilan menarik atau bahkan bisa dikatakan mewah dan tidak biasa. Dalam sublime text ini kamu bisa memilih tema yang sesuai dengan selera, disediakan beberapa pilihan tema yang bisa kamu gunakan.

Sublime ini bisa digunakan untuk sistem operasi Mac, Linux maupun Windows namun akan lebih maksimal jika digunakan pada sistem operasi Linux. Selain menghadirkan versi gratis yang bisa digunakan dengan bebas, Sublime ini juga hadir dalam versi berbayar yang sudah berlisensi resmi.


Baca selengkapnya di: Rekomendasi Text Editor untuk Pemrograman
selalu777
ami23164
darkness4g
darkness4g dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.2K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan