budionosiregarAvatar border
TS
budionosiregar
Ganjar Pranowo: Pemimpin Harus Siap Kepalanya Diinjak Rakyat
Jakarta, CNN Indonesia -- Bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo mengatakan salah satu ciri pemimpin yang baik adalah tunduk pada kehendak rakyat.

"Kalau jadi pemimpin ya siap diinjak kepalanya oleh rakyat, karena tuannya adalah rakyat," ucap Ganjar di Bali dalam akun resmi Twitternya, Sabtu (17/6).

Menurutnya pemimpin memang harus siap diinjak seperti bumi. Dia mengatakan bumi selalu menjadi pijakan dan sumber kehidupan dan menyiratkan kesabaran.

Pemimpin, kata Ganjar, juga perlu seperti unsur matahari yang memberikan energi. Pemimpin harus memberikan energi kepada masyarakat agar terus semangat.

"Kalau tidak teguh seperti matahari yang menyindari, enggak bisa memberikan energi, pasti semua (rakyat) sudah loyo," ucap Ganjar, seperti dikutip Detik.

Unsur lain yang menurutnya perlu dimiliki pemimpin adalah langit. Dia mengatakan sifat-sifat langit yakni mampu menaungi dan melindungi.

Pemimipin, kata Ganjar, harus seperti langit yang bisa melindungi rakyat yang dipimpinnya.

Sifat-sifat angin pun perlu dimiliki oleh pemimpin. Ganjar menyebut angin memiliki sifat bisa berada di mana saja, dengan siapa saja dan pengaruhnya bisa dirasakan dimanapun dan oleh siapapun.

Tak ketinggalan, Ganjar menyinggung sifat-sifat api. Dia mengatakan pemimpin perlu seperti api yang berani bersikap adil.

"Sifat api mampu bersikap adil dan berani tanpa pandang bulu," kata dia.

Ganjar mengatakan pemimpin juga perlu seperti samudera atau tempat di mana semua bermuara. Artinya, menerima semua kritik yang ditujukan kepadanya dan selalu sabar.

Menurut Ganjar, semua unsur kehidupan beserta sifat-sifatnya itu ada di dalam diri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kalau saya contohkan Bu Mega tadi, tidak pernah tergoda dan prinsipnya kuat. Digoda kiri kanan, tidak pernah. Maju terus, maju terus. Itu pelajaran yang luar biasa dari tingkat kesamuderaan kita," kata Ganjar.


https://www.cnnindonesia.com/nasiona...iinjak-rakyat.

Cita cita saya: Kapal Laut emoticon-Cool
bukan.bomat
viniest
cangkemmu.nyet
cangkemmu.nyet dan 5 lainnya memberi reputasi
4
2.4K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan