Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lumbatechAvatar border
TS
lumbatech
Mengapa Produk Sistem Keamanan asal Tiongkok Dilarang di Amerika Serikat?

Saat ini, sistem keamanan buatan Tiongkok menjadi perhatian utama karena dilarang untuk digunakan di Amerika Serikat. Hal ini terjadi di tengah persaingan bisnis internasional utamanya dalam bidang teknologi. Beberapa perusahaan seperti Hikvision dan Dahua, terkena dampaknya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Apa alasan di balik larangan Amerika Serikat untuk mengimpor dan menggunakan produk sistem keamanan dari Tiongkok? Artikel ini akan menjelaskan secara mendalam.

Sebagai permulaan, marilah membahas tentang apa itu sistem keamanan asal Tiongkok. Sistem keamanan adalah sebuah sistem yang terdiri dari berbagai macam perangkat yang dirancang untuk memonitor dan menjaga keamanan suatu tempat, seperti contoh gedung, area terbuka, dan lain sebagainya. Terdapat banyak produk-produk sistem keamanan asal Tiongkok seperti kamera pengawas, detektor, dan sistem access control (kontrol akses).

Secara global, Tiongkok adalah produsen terbesar produk sistem keamanan, menguasai pangsa pasar sekitar 40% di tahun 2020. Beberapa perusahaan Tiongkok seperti Hikvision, Dahua telah mendapatkan kontrak besar di seluruh dunia serta mendominasi penjualan retail di berbagai negara. Ini disebabkan karena produk sistem keamanan Tiongkok dikenal karena kualitasnya yang baik dengan harga yang lebih miring dibandingkan dengan produk sejenis dari negara lain.

Namun, Amerika Serikat memiliki kekhawatiran terhadap produk sistem keamanan Tiongkok. Mereka khawatir bahwa produk tersebut dapat digunakan untuk melakukan spionase yang mengancam keamanan nasional. Perusahaan-perusahaan Tiongkok diduga memiliki koneksi dengan pemerintah Tiongkok, sehingga Amerika Serikat percaya bahwa produk sistem keamanan Tiongkok dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi rahasia dan membocorkannya ke pemerintah Tiongkok.

Menanggapi kekhawatiran tersebut, Amerika Serikat mengeluarkan undang-undang National Defense Authorization Act for Fiscal Year 2019 (NDAA) yang mengatur pelarangan penggunaan produk sistem keamanan asal Tiongkok oleh pemerintah Amerika Serikat dan kontraktor pertahanan. Pada tahun 2019, pemerintah AS melarang impor produk sistem keamanan dari beberapa perusahaan Tiongkok, termasuk Hikvision dan Dahua.

Kemudian pelarangan ini tidak hanya berlaku bagi pemerintah Amerika Serikat dan kontraktor pertahanan saja, tetapi juga sektor swasta. Perusahaan-perusahaan Amerika Serikat yang diketahui menggunakan produk sistem keamanan Tiongkok dapat dikenakan sanksi dan dilarang mengikuti tender pemerintah Amerika Serikat.

Berdasarkan tindakan yang diambil oleh Amerika Serikat tersebut, dapatkah produk sistem keamanan asal Tiongkok dianggap aman? Pada hakikatnya, produk-produk sistem keamanan asal Tiongkok telah lulus uji sertifikasi dan memenuhi standar keamanan internasional seperti ISO. Meskipun begitu, masih banyak pihak yang meragukan keamanan produk sistem keamanan Tiongkok karena adanya kekhawatiran tentang akses ke data dan informasi rahasia oleh pemerintah Tiongkok.

Sejumlah negara seperti Australia dan Jepang juga telah membatasi penggunaan produk sistem keamanan asal Tiongkok karena adanya kekhawatiran tentang keamanan dan privasi data.

Pelarangan produk sistem keamanan Tiongkok oleh AS berdampak signifikan bagi perusahaan-perusahaan Tiongkok. Sejumlah perusahaan Tiongkok seperti Hikvision harus rela kehilangan pasar di Amerika Serikat dan celah pasar yang ditinggalkan perusahaan asal Tiongkok dapat diisi oleh perusahaan sistem keamanan dari negara selain Tiongkok.

Pelarangan produk sistem keamanan asal Tiongkok oleh AS menggarisbawahi pentingnya keamanan siber dan privasi data dalam lingkup kepentingan nasional sebuah negara serta dunia bisnis dan teknologi saat ini. Sejumlah negara mulai memperketat regulasi terkait keamanan siber dan privasi data untuk menghindari potensi penyalahgunaan produk sistem keamanan yang tidak aman.

Berkaca dari peristiwa tersebut, sangat penting bagi konsumen untuk melakukan evaluasi yang cermat dalam memilih produk sistem keamanan yang aman dan dapat dipercaya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih produk sistem keamanan:

1. pastikan bahwa produk memenuhi standar keamanan internasional yang telah ditetapkan;

2. cari tahu reputasi perusahaan pembuat produk sistem keamanan dan pastikan mereka memiliki catatan yang baik dalam memproduksi produk keamanan yang andal;

3. pilih produk yang transparan dalam bisnis dan memberikan informasi yang jelas tentang keamanan produk mereka

4. cari produk yang telah diuji dan diakui oleh lembaga independen terkait keamanan siber dan privasi data.

Dengan memperhatikan hal-hal ini, konsumen dapat memilih produk sistem keamanan yang aman dan dapat diandalkan. Adanya pemilihan yang cermat ini dapat membantu untuk mengurangi risiko terjadinya kejadian yang tidak diinginkan di masa depan.

Kesimpulan

Pelarangan impor produk sistem keamanan Tiongkok oleh Amerika Serikat menunjukkan kekhawatiran serius tentang keamanan dan privasi data. Selain Amerika Serikat, negara-negara seperti Jepang dan Australia mulai membatasi penggunaan produk sistem keamanan asal Tiongkok.

Penggunaan produk sistem keamanan dari negara lain harus dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan regulasi terkait keamanan siber dan privasi data. Pengguna harus memilih produk sistem keamanan yang telah teruji dan memenuhi standar keamanan internasional.

Negara-negara lain juga dapat mengambil beberapa langkah dalam menghadapi keamanan produk sistem keamanan asal Tiongkok, seperti memperketat regulasi terkait keamanan siber dan privasi data, serta meningkatkan kerjasama internasional dalam memperkuat standar keamanan produk sistem keamanan.

Konsumen juga harus melakukan evaluasi yang cermat dalam memilih produk sistem keamanan yang aman dan terpercaya dengan memperhatikan standar keamanan internasional, reputasi perusahaan, transparansi bisnis, dan sertifikasi keamanan independen.

Jika Sahabat Lumba memerlukan informasi mengenai produk sistem keamanan terpercaya terbaik atau memerlukan saran tentang produk sistem keamanan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia, silahkan menghubungi nomor WhatsApp Lumbatech di 0811880901 atau 0811881901 untuk berkonsultasi lebih lanjut dan mendapatkan informasi tentang produk sistem keamanan terpercaya terbaik. Kami siap membantu dan memberikan solusi terbaik untuk keamanan Sahabat Lumba.
bang.toyip
vale79791
bukhorigan
bukhorigan dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.1K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan