masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Kontroversi Makan Sushi Pakai Tangan, Bagaimana dengan Kebiasaan Masyarakat Jepang?
Heboh kontroversi larangan makan sushi pakai tangan, apakah di Jepang juga dilarang?


Publik di media sosial tengah dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang dibagikan oleh warganet terkait ditegurnya pengunjung sebuah rumah makan oleh seorang karyawan karena ketahuan makan sushi dengan menggunakan tangan secara langsung.

Di dalam video yang beredar di media tersebut seorang karyawan diketahui menegur pengunjung rumah makan yang sedang makan sushi menggunakan tangan, dan juga memperingatkan bahwa makan sushi di tempat itu harus menggunakan sumpit.

Video tersebut viral di media sosial Twitter dan Instagram serta menjadi perdebatan di tengah netizen karena tidak sedikit dari warganet yang pro dan kontra terhadap larangan makan sushi menggunakan tangan.

Lantas apakah benar bahwa makan sushi harus menggunakan sumpit?
Berikut ini sekilas fakta tentang budaya Jepang terkait cara makan sushi yang benar sesuai dengan kebiasaan masyarakat dari daerah asal sushi.




Membahas tentang sushi, makanan khas Jepang ini merupakan makanan yang cukup terkenal bahkan sampai diperjualbelikan di luar negara asalnya termasuk di Indonesia.

Sushi merupakan makanan yang terbuat dari nasi yang dibentuk bersama dengan lauk seperti makanan laut, sayuran, maupun juga daging. Makanan ini bisa dikatakan makanan yang memiliki sejarah cukup panjang bagi masyarakat Jepang, bahkan telah ada sejak sebelum zaman Edo, dan terus dikonsumsi sampai saat ini dengan berbagai macam modifikasi menu.

Diketahui menu sushi juga menjadi menu makanan Jepang yang dikenal sampai di Mancanegara, bahkan juga dijual di restoran-restoran termasuk di negara Indonesia.

Terkait kontroversi larangan makan sushi menggunakan tangan karena tidak sesuai dengan budaya Jepang. Benarkah di Jepang makan sushi wajib menggunakan sumpit?

Usut punya usut dari berbagai sumber, fakta mencengangkan ada pada cara makan sushi masyarakat Jepang.

Jika di Indonesia mendebatkan cara makan sushi dan heboh larangan makan sushi menggunakan tangan, ternyata di Jepang masyarakat biasa makan sushi menggunakan tangan.

Bahkan menurut penjelasan dari salah satu mantan member JKT48 yaitu Haruka Nakagawa, dia mengungkapkan bahwa ada beberapa restoran Jepang yang chef nya melarang dan menganjurkan pengunjungnya untuk makan sushi dengan menggunakan tangan karena itu cara terbaik dalam menikmati sushi dan menghargai juru masak atau chef nya.




Melihat dari kebiasaan masyarakat Jepang dalam mengkonsumsi makanan khasnya dengan tanpa mendebatkan cara makan yaitu menggunakan tangan atau sumpit, tentu sudah sewajarnya kita juga tidak mendebatkan hal sepele sampai viral di media sosial GanSis.

Dapat dikatakan kontroversi makan sushi menggunakan tangan atau sumpit ini hampir sama dengan makan bubur ayam tim diaduk atau tidak diaduk, yaitu sama-sama dimakan hanya berbeda cara dan selera saja.

Bagaimana, apakah Agan Sista termasuk tim makan sushi pakai tangan, atau memilih pakai sumpit?




Penulis:@masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
madjoeki
sedikitkurus
mamaproduktif
mamaproduktif dan 21 lainnya memberi reputasi
22
4.5K
228
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan