Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DheaafifahAvatar border
TS
Dheaafifah
Bolu Gulung Batik | Resep Membuat Kue Cantik dan Lezat
Halo agan sista,kali ini saya akan membahas tentang resep bolu gulung batik yang lagi hits banget di Indonesia. Bolu gulung batik tidak hanya enak, tapi juga cantik dan unik dengan motif seperti batik yang dihasilkan dari proses pembuatan yang cukup rumit. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat bolu gulung batik sendiri di rumah, yuk ikuti resep berikut ini.
Bolu Gulung Batik | Resep Membuat Kue Cantik dan Lezat
gambar
Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk membuat bolu gulung batik ini, kita memerlukan 6 butir telur, 150 gram gula pasir, 1/2 sendok teh emulsifier atau SP, 100 gram tepung terigu protein sedang, 25 gram susu bubuk, 50 gram margarin yang telah dilelehkan, pewarna makanan hijau, kuning, dan merah secukupnya, pasta pandan dan pasta coklat secukupnya, serta cetakan bolu gulung.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Setelah itu, tambahkan emulsifier atau SP, kemudian kocok lagi hingga tercampur rata. Selanjutnya, masukkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak, aduk rata dengan spatula. Tambahkan margarin yang telah dilelehkan, aduk kembali hingga rata.

Bagi adonan menjadi beberapa bagian, kemudian tambahkan pewarna makanan hijau, kuning, dan merah masing-masing pada masing-masing bagian adonan. Jangan lupa untuk mencampurkan pasta pandan dan pasta coklat secukupnya pada adonan hijau dan merah agar warnanya lebih natural.

Setelah adonan siap, tuangkan adonan hijau ke dalam cetakan bolu gulung, panggang di dalam oven suhu 180 derajat Celsius selama 10-15 menit atau hingga matang. Setelah matang, keluarkan bolu gulung hijau dari cetakan dan letakkan di atas kain bersih. Oleskan pasta pandan pada bagian atas bolu gulung hijau dengan menggunakan kuas, lalu gulung dan rapatkan. Lakukan langkah yang sama untuk bolu gulung kuning dan merah.

Setelah semua bolu gulung siap, potong-potong sesuai selera dan sajikan. Bolu gulung batik siap untuk dinikmati.

Meskipun proses pembuatannya cukup rumit, namun hasil akhir dari bolu gulung batik ini sangatlah cantik dan tentu saja enak. Bolu gulung batik ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai camilan atau sebagai hantaran dalam acara-acara tertentu.

Namun, perlu diingat bahwa dalam proses pembuatan bolu gulung batik ini, kita memerlukan keahlian dan kesabaran dalam menghasilkan motif batik yang sempurna. Jadi, jika masih pemula dalam membuat bolu gulung batik, ada baiknya untuk mencoba beberapa kali dan berlatih agar hasilnya semakin memuaskan.

sumber
AgusLie007
rubah007
betiatina
betiatina dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.3K
40
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan