amekachiAvatar border
TS
amekachi
Hari ini 37 Tahun yang Lalu Reaktor Nuklir Chernobyl Meledak, Renungan untuk Kita!
Hari ini 37 Tahun yang Lalu Reaktor Nuklir Chernobyl Meledak, Renungan untuk Kita Betapa Mengerikannya Senjata Terlarang Itu dan Semoga Nagasaki adalah Bom Nuklir Terakhir yang Ditujukan untuk Sipil!


Berbagai media di dunia sekarang lagi banyak membicarakan tentang kemungkinan Rusia karena kewalahan menghadapi Ukraina akhirnya berbuat nekad dengan meluncurkan rudal nuklirnya, padahal wacana itu saya tahu sudah ada sekitar bulan Desember 2022 namun sampai sekarang masih hangat dibicarakan.

Kalau masyarakat dunia sangat ketakutan Rusia berbuat kejam membom atom Ukraina seperti halnya dulu Amerika lakukan terhadap kota Hiroshima dan Nagasaki ya wajar saja Gansist, sebab nuklir memang sangat mengerikan dan kita nggak perlu membayangkan ngerinya dijatuhi nuklir walau cuma kecelakaan pada reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir pun sangat menakutkan!

Sebut saja beberapa diantaranya di Chernobyl Ukraina 28 tewas seketika dan 300 ribu penduduk mengungsi, Windscale Fire Inggris 1957 (pemerintah Inggris tak jelas merinci akibat kebocoran ini), Three Mile Island 1979 reaktor Amerika meleleh, Kyshtym Rusia 1957 (ditutupi oleh pemerintah Uni Soviet namun setidaknya 8 ribu kematian akibat dari dampak langsung atau tidak langsung tragedi tersebut)




Sumber Gambar
Chernobyl, Ukraina

26 April 1986


PLTN meledak hingga membuat partikel radioaktifnya tersebar bahkan sampai ke Eropa Barat dan yang lebih mengerikannya lagi radioaktif Chernobyl itu 400 kali lipat lebih banyak daripada bom atom Hiroshima, bisa dibayangkan betapa ketakutannya orang eropa di zaman itu Gansist?

Kisah tragis ini bermula di salah satu reaktor (reaktor 4) yang belum begitu sempurna dibanding reaktor lain, yang ini sering mati mendadak dan jikalau terjadi seperti itu agar mesinnya tidak rusak maka membutuhkan air, namun pendinginannya tak pernah memuaskan gegara 3 generator cadangan pemompa air pendingin tidak maksimal.

Hingga 26 April 1986 tragedi naas pun terjadi saat Kepala Teknisi Nicholai Fomin terlalu percaya diri untuk meneruskan proyek reaktor yang sebenarnya sangat riskan ini karena banyak sebab selain sudah 4 tahun proyek ini mangkrak juga akan berakibat pada jenjang karir mereka.

Salah satu penanggung jawab reaktor chernobyl selain Fomin yaitu Anatoly Stepanovich Dyatlov pun mencak mencak ketika 2 bawahannya yaitu Teknisi Senior Leonid Toptunov dan Aleksander Akimov menolak meneruskan tes reaktor tersebut, Dyatlov mengancam akan memecat keduanya jika berani membangkang perintahnya.

Tes dimulai, neraka Chernobyl pun dimulai, panas berlebih seperti terjadi di tes sebelumnya pun muncul, mesin semakin panas akibat kurangnya tenaga listrik guna memompa air kedalam reaktor hingga suhu naik menjadi 3000% celcius akhirnya atap reaktor 4 seberat seribu ton itu pun meledak tak kuat menahannya dan saking mengerikan kesaksian dari tragedi ini adalah bukan cuma asap hitam yang keluar sebagaimana umumnya biasa terjadi pada ledakan tapi cahaya biru pun ikut terpancar keudara pada ledakan dahsyat tersebut.




Ini efek dari kebocoran reaktor nuklir, bagaimana jika bom nuklir yang meledak tentu lebih merusak lagi dan semoga tidak sampai terjadi lagi seperti menimpa kota Hiroshima dan Nagasaki yang sampai sekarang pelakunya pun tak mau mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Chernobyl sebuah peringatan 600 ribu orang terpapar radiasi, ratusan ribu orang mengungsi meninggalkan tempat tinggalnya, 31 tewas rentan waktu 3 bulan dan hampir semua petugas serta teknisi pengerjaan proyek ini tewas kecuali Fominemoticon-Turut Berduka


"narasi dan opini sendiri"



Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2

3
scorpiolama
bocilkadrun
AgusLie007
AgusLie007 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
3.1K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan