amekachiAvatar border
TS
amekachi
Dilema Mudik Rencana Keluar Biaya Jutaan jadi Puluhan Juta, TS pun Mengalaminya!
Dilema Mudik yang Rencana Keluar Biaya cuma Jutaan Malah jadi Puluhan Juta Hanya untuk Ongkos Transportasi saja, TS pun Mengalaminya Dulu!



Beberapa tahun belakangan mungkin dari kita banyak yang nggak mudik karena alasan PPKM gegara virus Covid 19 mewabah di Indonesia sampai sampai untuk mencegah terjadinya virus tersebut makin meluas mereka melarang warga Indonesia yang biasanya pulang kampung setahun sekali pun tak bisa menjalankannya.

Banyak yang kesal dan kecewa namun banyak juga yang menjadikan ini sebagai pelajaran dan anugerah, larangan itu tergantung kita menyikapi kalau kita menyadari larangan tersebut bermanfaat untuk kita ya pastinya kita tidak berat melaksanakannya tapi kalau kita merasa mudik adalah hak kita yang tak bisa diganggu gugat tentu perasaan kita terhadap larangan itu akan berbeda lagi.


Ya pemerintah pun melarang mudik tahun lalu bukan berarti ingin memberatkan kita semua dong tapi untuk kemaslahatan kita bersama!


Untuk tahun ini sepertinya telah dilonggarkan ya gansist, kita dibebaskan lagi untuk mudik pulang kampung menemui saudara, orang tua dan siapapun yang kita cintai disana, tentu ini adalah momen yang sangat menggembirakan buat kita semua.

Namun di tahun 2023 kali ini keluarga saya tidak mudik karena berbagai hal diantaranya ada beberapa orang yang masih terkena efek virus Corona semacam diberhentikan dari perusahaan sampai yang pekerjaan barunya belum terlalu mapan, hingga terpaksa tidak jadi mudik mungkin sudah direncanakan nabung buat mudik tahun depan.




Sebenarnya dari pengalaman tidak mudik saya tahun lalu itu ada beberapa manfaat yang sangat berarti seperti pengeluaran disini nggak sebanyak ketika pulang kampung, jika mudik kita sepertinya berhenti total mencari penghasilan tapi kalau tetap disini bisa nyambi jualan yang menghasilkan seperti jualan makanan untuk berbuka buat warga masyarakat sekitar atau yang lainnya.

Tentang berarti kita tidak bersilaturrahim dengan saudara dan orang tua kita dikampung juga nggak bisa dianggap begitu karena semakin modernnya zaman toh kita semakin mudah pula berkomunikasi dengan mereka tanpa harus bertatap muka secara langsung, walau suasananya berbeda tapi tak apalah mubgkin itu juga sudah menggugurkan kewajiban kita untuk bersilaturrahim!

Tulisan tidak untuk memprovokasi atau mengajak orang lain untuk jangan mudik atau yang lainnya, hanya sekedar keresahan hati saya hampir tiap kali mudik biasanya selalu merasa duitnya terkuras habisemoticon-Embarrassment

Mudik adalah tradisi yang baik namun lebih baik lagi jika kita mempersiapkan rencana ini sudah dari jauh jauh hari, sebab bukan satu atau dua pemberitaan tentang kemalangan pemudik lho Gansist, ada yang cuma perkiraan biaya transportasi beberapa juta tapi malah uang yang habis sampai puluhan juta, kan ngenes tuh?

Ya semua sama saja sih, setiap kegiatan yang tak diplaining dengan matang biasanya berbuah kegagalan!


Selamat deh buat Agan dan Sista kaskuser yah sekarang lagi mudik di kampung halaman, saya dirumah ajaemoticon-Cool


selamat sampai ditujuan,hati hati di jalan yah gan, dan biasanya saya kalau mudik pun begitu nggak melulu dilaksanakan sebelum lebaran tapi malah sesudah hari raya idul fitri, biar nggak terlalu macet sih alasannyaemoticon-Embarrassment


"narasi dan opini sendiri"



Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan: Pengalaman Pribadi

Sumber Gambar: 1 2
ahlimiliterahli
69banditos
rinandya
rinandya dan 25 lainnya memberi reputasi
26
6.3K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan